RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP .........................
Mata Pelajaran : PAI dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Salat berjama’ah
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan ( 9 JPL )
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD |
Indikator |
1 . 8 .
Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam |
1.8.1. Menunjukkan ketekunan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam 1.8.2. Menunjukkan kekhusukan
dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam |
2.8. Menunjukkan perilaku
demokratis sebagai
implementasi pelaksanaan salat
berjemaah |
2.8.1. Menunjukkan sikap
kebersamaan sebagai implementasi pelasanaan salat berjamaah. 2.8.2.
Menunjukkan sikap menghargai pendapat teman sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah 2.8.3. Menunjukkan ketaatan kepada pemimpin
sebagai implementasi pelaksanaan salat
berjamaah |
3.8. Memahami ketentuan salat berjemaah |
3.8.1. Menjelskan pengertian shalat wajib
berjam’ah 3.8.2. Menyebutkan hukum shalat berjamaah 3.8.3. Menunjukkan dalil naqli salat
berjamaah 3.8.4. Menjelaskan ketentuan salat
berjamaah 3.8.5. Menyebutkan syarat imam 3.8.6. Menyebutkan halangan salat berjamaah 3.8.7. Menyebutkan keutamaan salat
berjamaah 3.8.8. Menyebutkan tata cara salat wajib
Berjamaah |
4.8. Mempraktikkan salat berjamaah |
4.8.1. Mendemontrasikan tata cara salat
Berjamaah 4.8.2. Melaksanakan salat berjamaah sebagai
implementasi pemahaman rukun Islam |
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menunjukkan
ketekunan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman
rukun Islam
2.
Menunjukkan kekhusukan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam...
3.
Menunjukkan sikap kebersamaan sebagai
implementasi pelasanaan salat berjamaah.
4.
Menunjukkan
sikap menghargai pendapat teman
sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah
5.
Menunjukkan
ketaatan kepada pemimpin sebagi
implementasi pelaksanaan salat berjamaah
6.
Menjelskan
pengertian shalat wajib berjam’ah
7.
Menyebutkan hukum shalat berjamaah
8.
Menunjukkan
dalil naqli salat berjamaah
9.
Menjelaskan
ketentuan salat berjamaah
Pertemuan
kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menunjukkan
ketekunan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman
rukun Islam
2.
Menunjukkan kekhusukan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam...
3.
Menunjukkan sikap kebersamaan sebagai
implementasi pelasanaan salat berjamaah.
4.
Menunjukkan
sikap menghargai pendapat teman
sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah
5.
Menunjukkan
ketaatan kepada pemimpin sebagi
implementasi pelaksanaan salat berjamaah
6.
Menyebutkan syarat imam
7.
Menyebutkan
halangan salat berjamaah
8.
Menyebutkan keutamaan salat berjamaah
9.
Menyebutkan
tata cara salat wajib berjamaah.
Pertemuan
ketiga
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menunjukkan
ketekunan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman
rukun Islam
2.
Menunjukkan kekhusukan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam...
3.
Menunjukkan sikap kebersamaan sebagai
implementasi pelasanaan salat berjamaah.
4.
Menunjukkan
sikap menghargai pendapat teman
sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah
5.
Menunjukkan
ketaatan kepada pemimpin sebagi
implementasi pelaksanaan salat berjamaah
6.
Mendemontrasikan
tata cara salat berjamaah
7.
Melaksanakan
salat berjamaah sebagai implementasi
pemahaman rukun Islam
Fokus
penguatan karakter:
1.
Ketaatan
2.
Kedisiplinan
3.
Kebersamaan
4.
Demokratis
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi
pembelajaran reguler
a.
Pengertian
salat wajib berjamaah
b.
Dalil naqli
salat berjamaah (terlamp
c.
Ketentuan
salat berjamaah
d.
Syarat
menjadi imam
e.
Halangan
salat berjamaah
f.
Keutamaan
salat berjamaah
g.
Tata cara
salat berjamaah
h.
Praktek
salat berjamaah
2.
Materi
pembelajaran pengayaan
1.
Makmum
muwafiq
2.
Makmum
masbuk
3.
Manfaat
salat berjamaah dari segi sosial
3.
Materi
pembelajaran remedial
a.
Pengertian
salat wajib berjamaah
b.
Dalil naqli
salat berjamaah (terlamp
c.
Ketentuan
salat berjamaah
d.
Syarat
menjadi imam
e.
Halangan
salat berjamaah
f.
Keutamaan
salat berjamaah
g.
Tata cara
salat berjamaah
h.
Praktek
salat berjamaah
E. Metode Pembelajaran
Pembelajaran dengan Metode Eklektik (saintifik, demontrasi)
F. Media dan
Bahan
1.
Media
a.
Gambar: Gambar salat berjamaah
b.
Modelling
2.
Bahan
a.
Kertas gambar salat berjamaah (ukuran
43 Cm x 33 Cm)
G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa: Muhammad
Ahsan, dkk, 2016, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.--. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan,. viii, 224 hlm: 46-54
2.
Buku Guru: Muhammad Ahsan, dkk, 2016,
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.--. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan,. viii, 224 hlm: 34-45
H. Langkah-langkah Pembelajaran
3. Pertemuan Pertama ( 3 JPL )
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan kelas Membuka pembelajaran
dengan dengan salam dan mengajak berdoa dilanjutkan dengan membaca Al qur’an,
untuk mengkondisikan suasanan belajar yang menyenangkan;
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu tentang “ Thaharah”
dengan cara bertanya jawab;
3)
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan
belajar yang akan dicapai
yaitu, memiliki sikap, pengetahuan, dan keteramilan terkait
dengan salat wajib berjamah sebagai implementasi rukun Islam.
4)
Peserta didik menuliskan hal-hal yang telah atau ingin diketahui terkait
dengan materi salat wajib berjamah sebagai implementasi rukun Islam.
5)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan yaitu, mengamati gambar salat berjamaah
dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata yang terkait
dengan salat wajib berjamaah.
6)
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
digunakan, baik penilaian aspek sikap, pengetahuan
dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan dan tes tertulis.
b.
Kegiatan
Inti (90
menit)
Mengamati |
1)
Peserta didik
bersama-sama mengamati gambar tentang salat berjamaah yang telah dibagikan
oleh guru dalam kelompok masing-masing. 2)
Peserta didik mencermati buku teks dan menyimak uraian singkat dari guru
tentang berbagai hal terkait salat wajib
berjamaah. |
Menanya |
1) Peserta didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan
salat berjamaah 2)
Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau
menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi
pembelajaran. 3) Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi
kepada setiap kelompok untuk didiskusikan. |
Mengumpulkan informasi |
1)
Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat
oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII dan buku-buku referensi lain
yang mengkaji masalah salat wajib berjamaah; 2)
Peserta
didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang
didapat oleh kelompoknya masing-masing. |
Mengasosiasi |
1)
Peserta didik merumuskan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya
masing-masing; 2)
Peserta didik menuliskan jawaban
atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio. |
Mengomunikasikan |
1)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada
anggota kelompok lain, untuk dikritisi dan ditanggapi. 2)
Peserta
didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding
kelas. |
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir
simpulan mengenai shalat wajib berjamaah.
2)
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengamati gambar dan tek tentang salat wajib berjamaah, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan
informasi dengan cara diskusi kelompok,
menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara mempresentasikan kepada kelompok lain.
3)
Guru guru
memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran
dengan cara memberi penguatan atau penegasan
tentang salat wajib berjamaah.
4)
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu mencatat kegiatan salat wajib berjamaah yang
diikuti dilingkungan rumah ( RT )
masing-masing.
5)
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu syarat menjadi imam, halangan salat wajib berjamaah dan keutamaan salat
wajib berjamaah.
4. Pertemuan Kedua: 3 JPL
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1) Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan kelas Membuka
pembelajaran dengan dengan salam dan mengajak
berdoa dilanjutkan dengan membaca Al qur’an, untuk mengkondisikan suasanan
belajar yang menyenangkan;
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu tentang “ Pengertian
salat berjamaah, hukum slat berjamaah, dalil salat berjamaah, ketentuan salat
berjamaah” dengan cara bertanya
jawab;
3)
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan belajar yang akan dicapai yaitu, memiliki sikap,
pengetahuan, dan keteramilan terkait dengan salat wajib berjamah sebagai
implementasi rukun Islam.
4)
Peserta didik menuliskan hal-hal yang telah atau ingin diketahui terkait
dengan materi salat wajib berjamah sebagai implementasi rukun Islam.
5)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan yaitu, mengamati gambar salat berjamaah
dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata yang terkait
dengan salat wajib berjamaah.
6)
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
digunakan, baik penilaian aspek sikap, pengetahuan
dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan dan
tes tertulis.
a. Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati |
1)
Peserta
didik mencermati buku teks dan menyimak uraian singkat dari guru tentang
berbagai hal terkait salat wajib
berjamaah. |
Menanya |
1)
Peserta
didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan salat
berjamaah ( syarat menjadi imam, halangan, keutamaan dan tata
cara salat wajib berjamaah. 2)
Peserta
didik difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan
tersebut yang sesuai dengan materi pembelajaran. 3)
Pertanyaan-pertanyaan
yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan. |
Mengumpulkan informasi |
1)
Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat
oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII dan buku-buku referensi lain
yang mengkaji masalah salat wajib berjamaah; 2)
Peserta
didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang
didapat oleh kelompoknya masing-masing. |
Mengasosiasi |
1)
Peserta didik merumuskan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya
masing-masing; 2) Peserta
didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada
kertas plano atau kertas folio. |
Mengomunikasikan |
1)
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya kepada
anggota kelompok lain, untuk dikritisi dan ditanggapi. 2)
Peserta didik
menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding
kelas.
|
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai shalat wajib berjamaah.
2)
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengamati teks tentang syarat menjadi imam, halangan, keutamaan dan tata carasalat berjamaah), merumuskan pertanyaan, mengumpulkan
informasi dengan cara diskusi kelompok,
menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara mempresentasikan kepada kelompok lain.
3)
Guru guru
memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran
dengan cara memberi penguatan atau penegasan
tentang pembehasan tersebut.
4)
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu melakukan wawan cara /bertanya kepada nara
seumber tentang keutamaan salat wajib berjamaah dilingkungan
rumah ( RT ) masing-masing.
5)
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu demontrasi tata cara dan praktik salat wajib berjamaah.
5. Pertemuan Ketiga: 3
JPL
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1) Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan kelas Membuka
pembelajaran dengan dengan salam dan mengajak
berdoa dilanjutkan dengan membaca Al qur’an, untuk mengkondisikan suasanan
belajar yang menyenangkan;
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu tentang “ syarat
menjadi imam, halangan salat berjamaah, keutamaan dan tata cara salat berjamaah” dengan cara bertanya jawab;
3)
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan belajar yang akan dicapai yaitu, memiliki sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
terkait dengan salat wajib berjamah sebagai implementasi rukun Islam.
4)
Peserta didik menuliskan hal-hal yang telah atau ingin diketahui terkait
dengan materi tata cara dan praktik salat wajib berjamah sebagai implementasi
rukun Islam.
5)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan yaitu, mengamati gambar salat berjamaah
dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata yang terkait
dengan salat wajib berjamaah.
6)
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
digunakan, baik penilaian aspek sikap, pengetahuan
dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan, tes tertulis dan
praktik.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1)
Guru
membimbing peserta didik dalam kelompok masing-masing
untuk mendemontrasikan tata cara salat berjamaah.
2)
Guru menunjuk salah
satu kelompok,
melaksanakan demontrasi tata cara salat berjamaah, peserta didik yang lain
mengamati dan mencermati.
3)
Peserta didik
melakukan praktik salat berjamaah, mensimulasikan shaf makmum, menjadi makmum
muwafiq dan makmum masbuk.
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
bersama-sama peserta didik membuat butir-butir
simpulan terkait demontrasi tata cara salat berjamaah dan
praktik
salat berjamaah.
2)
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
3)
Guru melakukan
penilaian dengan teknik tes dan non tes.
4)
Guru memberitahukan
pembelajaran remedi, yaitu bagi siswa yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran.
5)
Guru
memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu materi makmum muwafiq dan
makmum masbuk bagi siswa yang tuntas dalam pembelajaran.
6)
Guru
memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu salat jum’at
I. Penilaian
1.
Sikap
spiritual
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi
|
Lembar Observasi |
Lampiran 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung. |
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning) |
2 |
Penilaian
diri |
Lembar penilaian diri |
Lampiran 2
|
Saat
pembelajaran usai. |
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning) |
2.
Sikap sosial
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Lampiran 3 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian
pembelajaran (assessment for and of
learning) |
2 |
Penilaian antarteman |
Lembar penilaian antarteman |
Lampiran 4
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian sebagai pembelajaran
(assessment as learning) |
3.
Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
|
Lisan |
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka |
Lampiran 5 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) |
|
Penugasan |
Tugas tertulis |
Lampiran 6
|
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai
pembelajaran (assessment as learning) |
|
Tertulis |
Soal-soal esei |
Lampiran 7
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessment of learning) |
4.
Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
|
prakatik |
Soal keterampilan praktik |
Lampiran 8 |
Saat pembelajaran berlangsung
dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning) |
|
Portofolio |
Sampel produk terbaik dari
tugas atau proyek |
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian untuk pembelajaran dan
sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
5.
Pembelajaran Remedial
Format
kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 9)
6. Pembelajaran Pengayaan
Format
kegiatan pengayaan (lampiran 10)
Demak,
............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP. ............................... NIP.
.............................
Instrumen Penilaian
Lampiran
1. Lembar Observasi Penilaian Spiritual
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
VII A
Semester :
Gasal
Tahun Pelajaran :
..............
Periode Pengamatan :
Tanggal ...............
Indikator sikap :
1. Membiasakan Sholat berjamaah dhuhur di sekolah
2. Khusyuk ketika sholat berjamaah
3. Senang bekerjasama dalam kelompok
No.
|
NamaPeserta
Didik |
Skor
Indikator Sikap Spiritual (1 – 4) |
Jumlah Perolehan Skor |
Skor Akhir |
Tuntas/
Tidak Tuntas |
||
Indikator
1 |
Indikator
2 |
Indikator
3 |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
|
11. |
|
|
|
|
|
|
|
12. |
|
|
|
|
|
|
|
13. |
|
|
|
|
|
|
|
14. |
|
|
|
|
|
|
|
15. |
|
|
|
|
|
|
|
16. |
|
|
|
|
|
|
|
17. |
|
|
|
|
|
|
|
18. |
|
|
|
|
|
|
|
19. |
|
|
|
|
|
|
|
20. |
|
|
|
|
|
|
|
21. |
|
|
|
|
|
|
|
22. |
|
|
|
|
|
|
|
23. |
|
|
|
|
|
|
|
24. |
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2. Lembar Penilaian Diri (Penilaian Spiritual)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama :
...
Kelas :
...
Semester :
...
No. |
Pernyataan |
Alternatif Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1. |
Saya
selalu mengikuti sholat dhuhur berjamaah di sekolah |
|
|
2. |
Saya
Khusuk mengikuti sholat berjamaah |
|
|
3. |
Saya
menghargai jika ada teman yang berbeda pendapat |
|
|
4. |
Saya
dapat menerima kekurangan orang lain |
|
|
5. |
Dapat
bekerjasama dengan orang lain |
|
|
|
Jumlah Skor Perolehan |
|
|
Pedoman
penilaian:
·
Jika
jawaban YA diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK diberi skor 1.
·
Skor
tertinggi adalah 2 (ya) X 5 (pernyataan) = 10
·
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
atau
Lampiran 3. Jurnal Penilaian Sikap
Sosial
JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah :
SMP ........................
Kelas/Semester :
VII A / 1
Tahun Pelajaran :
......................
Guru :
No |
Waktu |
Nama
siswa |
Catatan
perilaku |
Butir
sikap |
Tanda
Tangan Siswa |
Tindak
Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4. Penilaian Antar Teman (Sikap Sosial )
PENILAIAN ANTAR TEMAN (SIKAP SOSIAL)
Nama :
................
Kelas/Semester : VII A / 1
Tahun Pelajaran : ........................
Indikator sikap : Menunjukkan
perilaku demokratis sebagai
implementasi pelaksanaan salat
berjemaah
NO |
Pernyataan |
1 |
2 |
3 |
4 |
Skor |
1 |
Teman
saya selalu mengikuti sholat dhuhur berjamaah di sekolah |
|
|
|
|
|
2 |
Teman
saya khusuk mengikuti sholat berjamaah |
|
|
|
|
|
3 |
Teman
saya menghargai jika ada teman yang berbeda dengan pendapatnya |
|
|
|
|
|
4 |
Teman
saya dapat menerima kekurangan orang lain |
|
|
|
|
|
5 |
Teman
saya dapat bekerjasama dengan orang lain |
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR |
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
Tidak pernah
2.
Kadang kadang
3.
Sering
4.
Selalu
PEDOMAN SKOR / PENILAIAN
SKOR MAKSIMAL : 20
NILAI =
Lampiran 5. Instrumen Tes Lisan
INSTRUMEN TES LISAN
Nama Sekolah :
SMP ........................
Kelas/Semester :
VII A / 1
Tahun Pelajaran :
..........................
KD |
Indikator |
Soal |
Kunci |
3.8. Memahami ketentuan salat berjemaah
|
3.8.1.Menjelaskan
pengertian shalat wajib berjam’ah |
1. Tahukah
kamu apakah salat berjamaah itu? |
1.
salat
berjamaah
adalah salat yang dikerjakan
oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang
lainnya menjadi makmum. |
3.8.2.
Menyebutkan hukum shalat berjamaah |
2.
Apa hukum shalat berjamaah? |
2.
Hukumnya sunnah muakaddah, yaitu dilipatkan 27 derajat |
|
3.8.3.
Menunjukkan dalil naqli salat berjamaah |
3.
Dalil naqli sholat berjamaah itu ada dimana? |
3.
Hadis Rosululloh : “Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw.
bersabda, “dibandingkan salat
sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”(H.R. Bukhari dan Muslim) |
|
3.8.4.
Menjelaskan ketentuan salat berjamaah |
4.
Apa syarat sah Sholat berjamaah? |
4.
Yaitu ada imam, ada makmum, salat imam dan salat makmum sesuai,
dikerjakan dalam satu majelis |
|
3.8.5.
Menyebutkan syarat imam |
5.
Sebutkan syarat menjadi imam |
5.
Mengetahui
syarat dan rukun , serta perkara yang membatalkan, Fasih dalam membaca ayat-ayat al-Qur'an, Paling luas wawasan agamanya
dibandingkan yang lain, Berakal
sehat,Ballig,Berdiri pada posisi paling depan,Seorang laki-laki (perempuan
juga boleh jadi imam kalau makmumya perempuan semua), dan Tidak sedang bermakmum kepada
orang lain. |
|
3.8.6.
Menyebutkan halangan salat berjamaah |
6. Sebutkan halangan sholat berjamaah! |
6.
Hujan
yang mengakibatkan susah menuju ke tempat salat berjamaah, Angin kencang yang sangat membahayakan, Sakit yang mengakibatkan susah berjalan
menuju ke tempat salat
berjamaah,Sangat
ingin buang air besar atau buang air kecil |
Lampiran 6. Instrumen Penugasan /
Tugas tertulis
INSTRUMEN PENUGASAN
Nama Sekolah :
SMP .........................
Kelas/Semester :
VIII A / 1
Tahun Pelajaran :
..........................
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
Keterangan |
1 |
3.8. Memahami ketentuan salat berjemaah
|
3.8.2.
Menyebutkan hukum shalat berjamaah |
1. Carilah sumber referensi yang menjelaskan tentang hukum sholat berjamaah! |
|
3.8.3.
Menunjukkan dalil naqli salat berjamaah |
2.
Tunjukkan dan salinlah dalil
naqli sholat berjamaah! |
|
||
3.8.4.
Menjelaskan ketentuan salat berjamaah |
3.
Jelaskan ketentuan tentang
masbuk dalam sholat berjamaah |
|
Lampiran 7. Instrumen tes tertulis
Nama Sekolah :
SMP ........................
Kelas/Semester :
VIII A / 1
Tahun Pelajaran :
......................
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
Keterangan |
1 |
3.8. Memahami ketentuan salat berjemaah
|
3.8.1.Menjelaskan
pengertian shalat wajib berjam’ah |
1.Tahukah
kamu apakah salat berjamaah itu? |
1. salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih
secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang
lainnya menjadi makmum. |
3.8.2.
Menyebutkan hukum shalat berjamaah |
2.Apa hukum shalat berjamaah? |
2.
Hukumnya
sunnah muakaddah, yaitu dilipatkan 27 derajat |
||
3.8.3.
Menunjukkan dalil naqli salat berjamaah |
3.
Dalil naqli sholat berjamaah itu ada dimana? |
3.
Hadis Rosululloh : “Dari
Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda, “dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh
derajat.”(H.R. Bukhari dan Muslim) |
||
3.8.4.
Menjelaskan ketentuan salat berjamaah |
4.
Apa syarat sah Sholat berjamaah? |
4.
Yaitu
ada imam, ada makmum, salat imam dan salat makmum sesuai, dikerjakan dalam
satu majelis |
||
3.8.5.
Menyebutkan syarat imam
|
5.
Sebutkan syarat menjadi imam |
5.
Mengetahui syarat
dan rukun , serta perkara yang membatalkan, Fasih dalam membaca ayat-ayat al-Qur'an,
Paling luas wawasan agamanya dibandingkan yang lain, Berakal sehat,Ballig,Berdiri
pada posisi paling depan,Seorang laki-laki (perempuan juga boleh jadi imam
kalau makmumya perempuan semua), dan Tidak sedang bermakmum kepada orang
lain. |
||
3.8.6.
Menyebutkan halangan salat berjamaah |
6.
Sebutkan
halangan sholat berjamaah! |
6.
Hujan yang mengakibatkan susah
menuju ke tempat salat berjamaah, Angin kencang yang sangat membahayakan, Sakit yang mengakibatkan susah berjalan
menuju ke tempat salat berjamaah,Sangat ingin buang air besar
atau buang air kecil |
||
3.8.1.Menjelaskan
pengertian shalat wajib berjam’ah |
7.
Tahukah kamu apakah salat berjamaah
itu? |
7.
salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan
oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka
menjadi imam, sedangkan yang lainnya menjadi makmum. |
Lampiran 8. Instrumen penilaian
keterampilan Unjuk Kerja
No. |
Nama peserta didik |
Aspek yang |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak |
||||
1 |
2 |
3 |
T |
TT |
R |
P |
|||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas
mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM R : Remedial
P :
Pengayaan
Aspek dan
rubrik penilaian
1) Kejelasan
dan kedalaman informasi
a)
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna,
skor 30.
b)
Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang
sempurna, skor 20.
c)
Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor
10.
2) Penghayatan
yang diperankan.
a) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 30.
b) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.
c) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 10.
3) Kerja sama
a) Jika kelompok tersebut dapat bekerja sama dengan sangat baik, skor 40.
b) Jika kelompok tersebut dapat bekerja sama dengan baik, skor 30.
c) Jika kelompok tersebut kerja samanya kurang baik, skor 20.
d) Jika kelompok tersebut kerja samanya tidak baik, skor 10.
Format penilaian praktik salat berjamaah.
Nama Peserta Didik : _______________________________ Kelas: _____
No. |
Aspek yang dinilai |
Nilai |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Kebersihan
Pakaian. |
|
|
|
|
2. |
Gerakan/Kaifiat
Salat |
|
|
|
|
3. |
Bacaan. |
|
|
|
|
|
a.
kelancaran. |
|
|
|
|
|
b.
kebenaran. |
|
|
|
|
|
c.
keserasian antara bacaan dan
gerakan. |
|
|
|
|
4. |
Tertib. |
|
|
|
|
Jumlah |
|
||||
Skor maksimal |
|
||||
Keterangan |
Nilai |
||||
1 = tidak
kompeten 2 = cukup
kompeten 3 = kompeten 4 = sangat
kompeten |
Nilai = = ........ |
= Jumlah Skor X 100 |
|||
Jumlah Total X 100 |
|||||
|
|
Keterangan
penilaian:
1 = tidak
kompeten.
2 = cukup
kompeten.
3 = kompeten.
4 = sangat
kompeten.
Lampiran
9 : Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
remedial.
Sekolah : SMP
....................
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi
Remedial : 1.
Waktu
Pemb. Remedial : …
Waktu
Ulangan Remedial : …
No. |
Nama Peserta didik |
Nilai UH |
KD yang Tidak Tuntas |
Bentuk Pembelajaran Remedial |
Nilai Hasil Remedial |
Ket. |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 dst. |
|
|
|
|
|
|
Ketuntasan
Belajar : …
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
Keterangan |
1 |
3.8. Memahami ketentuan salat berjemaah
|
3.8.1.Menjelaskan
pengertian shalat wajib berjam’ah |
8.Tahukah
kamu apakah salat berjamaah itu? |
8. salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih
secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang
lainnya menjadi makmum. |
3.8.2.
Menyebutkan hukum shalat berjamaah |
9.Apa hukum shalat berjamaah? |
9.
Hukumnya
sunnah muakaddah, yaitu dilipatkan 27 derajat |
||
3.8.3.
Menunjukkan dalil naqli salat berjamaah |
10.Dalil naqli sholat berjamaah itu ada dimana? |
10.
Hadis Rosululloh : “Dari
Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda, “dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”(H.R.
Bukhari dan Muslim) |
||
3.8.4.
Menjelaskan ketentuan salat berjamaah |
11.Apa syarat sah Sholat berjamaah? |
11.
Yaitu
ada imam, ada makmum, salat imam dan salat makmum sesuai, dikerjakan dalam
satu majelis |
||
3.8.5.
Menyebutkan syarat imam
|
12.Sebutkan syarat menjadi imam |
12.
Mengetahui syarat
dan rukun , serta perkara yang membatalkan, Fasih dalam membaca ayat-ayat al-Qur'an,
Paling luas wawasan agamanya dibandingkan yang lain, Berakal sehat,Ballig,Berdiri
pada posisi paling depan,Seorang laki-laki (perempuan juga boleh jadi imam
kalau makmumya perempuan semua), dan Tidak sedang bermakmum kepada orang
lain. |
||
3.8.6.
Menyebutkan halangan salat berjamaah |
13.Sebutkan halangan sholat berjamaah! |
13.
Hujan yang mengakibatkan susah
menuju ke tempat salat berjamaah, Angin kencang yang sangat membahayakan, Sakit yang mengakibatkan susah berjalan
menuju ke tempat salat berjamaah,Sangat ingin buang air besar
atau buang air kecil |
||
3.8.1.Menjelaskan
pengertian shalat wajib berjam’ah |
14.Tahukah
kamu apakah salat berjamaah itu? |
14.
salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan
oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka
menjadi imam, sedangkan yang lainnya menjadi makmum. |
Lampiran
10 : Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
pengayaan.
Sekolah :
SMP ..........................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII /Satu
Materi Pengayaan :
1. Macam-macam Sholat sunnah berjamaah
Waktu Pengayaan :
…
Waktu Ulangan :
…
Ketuntasan Belajar :
…
No. |
Nama Peserta didik |
Nilai UH. |
Bentuk Pengayaan |
Nilai Tes Pengayaan |
1 |
|
|
1.
Mengumpulkan informasi tentang
macam-macam sholat sunnah berjamaah |
|
2 dst. |
|
|
|