RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KD 1 - AL QURAN
Sekolah : SMP ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pokok :
Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan
Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Alokasi
Waktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A. KOMPETENSI INTI
KI. 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2
: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.
3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.
4 : Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KD |
Indikator |
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah
perintah agama |
a. menyenangi membaca al-Quran
setiap hari dengan memahami maknanya; b. terbiasa membaca al-Quran
setiap hari setelah selesai salat fardhu; |
2.1
Menunjukkan perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait |
a. menunjukkan perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dan Hadis
terkait; b. membiasakan bersikap dan
berperilaku rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait; |
3.1 Memahami
Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana |
a.
Menyebutkan arti Q.S. al- Funqan /25:63 dan Q.S. al-Isra/17: 27 serta hadis
rendah hati, hemat dan hidup sederhana; b. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra/17:27 serta hadis
rendah hati, hemat dan hidup sederhana; c. Menganalisis makna Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra/17:27 dengan hadis terkait tentang rendah hati, hemat
dan hidup sederhana. |
4.1.1 Membaca
Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 dengan tartil 4.1.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan lancar 4.1.3 Menyajikan
keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 |
a.
Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam
qomariyah dalam Q.S. al-Furqan/25:63
dan Q.S. al-Isra/17:27; b.
Mendemontrasikan bacaan Q.S. al-Funlan/25:63
dan Q.S. al-Israi/17: 27; c.
Mendemontrasikan hafalan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra/17: 27. d.
Menampilkan contoh perilaku rendah hati, hematdan hidupsederhana
sebagai implementasi Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17:27 serta hadis
terkait.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama;
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1. menyenangi membaca al-Quran
setiap hari dengan memahami maknanya;
2.
terbiasa membaca al-Quran setiap hari setelah selesai salat fardhu;
3. menunjukkan
perilaku rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait;
4.
membiasakan bersikap dan berperilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi pemahaman
Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait;
5.
mengidentifikasi hukum bacaan alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah dalam Q.S. al-Furqan/25:63
dan Q.S. al-Isra/17:27 dengan benar;
6.
mendemontrasikan bacaan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17: 27 dengan tartil;
Pertemuan
kedua;
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1. menyenangi membaca al-Quran
setiap hari dengan memahami maknanya;
2.
terbiasa membaca al-Quran setiap hari setelah selesai salat fardhu;
3. menunjukkan
perilaku rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait;
4.
membiasakan bersikap dan berperilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dan Hadis
terkait;
5.
mendemontrasikan hafalan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17: 27 dengan dengan
lancar;
Pertemuan ketiga;
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik diharapkan
dapat
1. menyenangi membaca al-Quran
setiap hari dengan memahami maknanya;
2.
terbiasa membaca al-Quran setiap hari setelah selesai salat fardhu;
3. menunjukkan
perilaku rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait;
4.
membiasakan bersikap dan berperilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dan Hadis
terkait;
5.
menyebutkan arti Q.S. al- Funqan /25:63 dan
Q.S. al-Isra’/17: 27 serta hadis
rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar;
6.
menjelaskan makna isi kandungan Q.S. al-Furqan/25:63 dan
Q.S. al-Isra’/17:27 serta hadis
rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar;
7.
menganalisis makna isi kandungan Q.S. al-Furqan/25:63 dan
Q.S. al-Isra’/17:27 dengan hadis tentang
rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar;
8.
menampilkan contoh perilaku rendah hati, hematdan
hidupsederhana sebagai implementasi Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17:27 serta hadis
terkait dengan benar;
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Materi pembelajaran reguler
-
Pengertian
hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam
qomariyah
-
Huruf-huruf alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah
-
Contoh bacaan alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah
-
Hukum bacaan alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah dalam Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27
-
Arti Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27
-
Kandungan makna pada Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27
-
Hadis-hadis yang
berhubungan dengan perilaku rendah
hati, hemat, dan hidup sederhana
-
Contoh perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana
2.
Materi pembelajaran
pengayaan
-
Hakikat rendah hati dan hidup sederhana
-
Dalil naqli tentang rendah hati dan hidup sederhana
3.
Materi pembelajaran
remedial
-
Pengertian
hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam
qomariyah
-
Huruf-huruf alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah
-
Contoh bacaan alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah
-
Hukum bacaan alif lam
syamsiyah dan alif lam qomariyah dalam Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27
-
Arti Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27
-
Kandungan makna pada Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-
Isra’/17: 26-27
-
Hadis-hadis yang
berhubungan dengan perilaku rendah
hati, hemat, dan hidup sederhana
-
Contoh perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran dengan metode
Inquiry/discovery Learning
2.
Maching Card
3.
Tutor Sebaya
4.
Window
Shopping
F. MEDIA
DAN BAHAN
1. Media
a.
Mushaf Al Quran
Terjemah
b.
Power
Point Bacaan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27
2. Bahan
a.
Kertas plano ( 6 buah )
b.
Pos It
( 6 pak )
c.
Spidol ( 6 buah )
d.
Lem
e.
Solasi kertas
G. SUMBER
BELAJAR
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Siswa)
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( halaman 112 ).
b.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Guru)
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 86).
c.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan
Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Pertama: 3 JPl
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat;
2) Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian,
posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3) Guru memulai pembelajaran dengan mengajak
peserta didik secara bersama-sama membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
4)
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi hukum
bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah;
5)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan teknik penilaian yang
akan digunakan;
6) Guru
mengondisikan peserta didik menjadi enam kelompok;
7) Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dan maching card dan window
shoping.
b.
Kegiatan inti
Merumuskan masalah
1)
Peserta didik mencermati bacaan Q.S. al-Furqan/25: 63,
Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dilanjutkan membaca buku siswa atau buku lain yang
terkait dengan hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah;
2)
Peserta didik menuliskan hal-hal yang
ingin diketahui setelah membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 pada buku siswa terkait dengan hukum bacaan alif
lam syamsiyah dan alif lam qamariyah;
3)
Peserta didik merumuskan permasalahan-permasalahan
berikut ini:
a)
Apa yang dimaksud dengan hukum bacaan alif
lam qamariyah?
b)
Apa yang dimaksud dengan hukum bacaan alif
lam syamsiyah?
c)
Huruf apa saja yang termasuk dalam
bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah?
d)
Lafal apa saja yang mengandung bacaan alif
lam syamsiyah dan alif lam qamariyah?
e)
Bagaimana cara membaca ayat Al-Quran
yang terdapat hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah?
4)
Perwakilan peserta didik menuliskan
rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika membaca teks bahan renungan
pada buku siswa;
5)
Guru memandu peserta didik menganalisis
pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran;
6)
Peserta didik merumuskan jawaban
sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
Merencanakan
7)
peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis
data dengan cara :
a.
Membaca bahan ajar pada buku siswa dan
sumber lain yang relevan’.
b.
Menggali informasi melalui pencocokan
kartu (maching card) antara huruf-huruf hijaiyah dengan hukum
bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah.
Mengumpulkan dan Menganalisis
data
8)
Peserta didik mengumpulkan informasi berdasarkan
prosedur yang telah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan
sesuai dengan tujuan pembelajaran
9)
Guru membimbing peserta didik untuk
menganalisis data atau informasi yang diperoleh;
10)
Guru membimbing peserta didik untuk
melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang
ditetapkan dengan mengamati contoh-contoh hukum bacaan alif lam qamariyah
dan alif lam syamsiyah.
Menarik Simpulan
11)
Dari informasi yang diperoleh dan
dibuktikan kebenarannya dengan mengamati contoh-contoh hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah, peserta didik merumuskan kesimpulan sebagai jawaban
atas permasahan yang telah dirumuskan;
12)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di dinding informasi kelas;
13)
Setiap kelompok saling mengunjungi
hasil kerja kelompok dan memberi
tanggapan dengan model window
shoping.
Aplikasi dan Tindak Lanjut
14)
Guru dan peserta didik melakukan reflective
thinking untuk meningkatkan pemahaman tentang hukum bacaan alif
lam syamsiyah dan alif lam qamariyah dalam membaca Al-Quran;
15)
Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan
atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya.
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang hukum bacaan alif
lam syamsiyah dan alif lam qamariyah;
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi
umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan alif
lam syamsiyah dan alif lam qamariyah dalam setiap membaca AL-Quran;
3)
Guru
melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
4)
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberi tugas (pekerjaan rumah/PR)
kepada peserta didik;
5)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta
kegiatan pembelajarannya;
6)
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
2. Pertemuan Kedua : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Guru
memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3)
Guru
memulai pembelajaran dengan pembiasaan membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
4)
Guru
memberikan motivasi dan meminta peserta didik untuk menuliskan hal-hal yang
telah dan ingin diketahui lebih lanjut terkait dengan pentingnya menghafal al-Quran;
5)
Guru
menyampaikan kompetensi dasar terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
6)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
sesuai dengan karakteristik bahan ajar hafalan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
7)
Guru mengondisikan peserta
didik menjadi saling berpasangan antara yang sudah bisa membaca
al-Quran dengan yang belum bisa;
8)
Guru
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Peserta didik
dalam kelompok masing-masing saling membaca dan menyimak Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27;
2)
Peserta didik
saling
menunjukkan hafalan dengan pasangannya;
3)
Setiap
kelompok menampilkan hafalannya di depan kelas
secara bergilir dan
kelompok lain memperhatikan dan menanggapi.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1)
Guru
bersama-sama para peserta didik mengulang hafalan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27;
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi
umpan balik serta memotivasi agar
peserta didik menyenangi membaca al-Quran dan menghafalnya;
3)
Guru
melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
4)
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling dan/atau memberi
tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik;
5)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta
kegiatan pembelajarannya;
6)
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
3.
Pertemuan Ketiga:
3 JPl
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
1. Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat;
2. Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian,
posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3. Guru memulai pembelajaran dengan
pembiasaan membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
4. Guru memberikan motivasi dan
meminta peserta didik untuk menuliskan hal-hal yang telah dan ingin diketahui
lebih lanjut terkait dengan materi pembelajaran makna Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
5. Guru menyampaikan kompetensi dasar
terkait dengan materi pembelajaran makna Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
6. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan teknik penilaian yang akan dihgunakan sesuai dengan
karakteristik bahan ajar makna Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17:
26-27;
7. Guru mengondisikan peserta didik menjadi beberapa
kelompok;
8. Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.
Peserta
didik menelaah berbagai sumber belajar, sebagai dasar memahami makna ayat Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, serta hadis terkait tentang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana..
2.
Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan
dengan rendah hati, hemat dan hidup sederhana .
Menanya
3.
Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan rendah hati, hemat dan
hidup sederhana
Eksplorasi
4.
Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema
yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
a.
Akhlaq orang yang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
b.
Manfaat dan hikmah mempunyai sifat hemat dan hidup sederhana.
c.
Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat Q.S. Al Furqan
(25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, serta hadis terkait tentang rendah
hati, hemat dan hidup sederhana. .
d.
Contoh perilaku seseorang yang rendah hati,
hemat dan hidup sederhana.
Asosiasi
5. Memilih
diantara temannya untuk menjadi Presenter,
sekretaris dan pengamat
Mengkomunikasikan
6.
Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan
hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
Kegiatan Penutup
1. Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan
dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan
nilai-nilai keteladanan dari Q.S. Al Furqan (25): 63,
Q.S. Al Isra’(17): 27 dalam kehidupan sehari-hari;
2. Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan
pemberian penugasan;
3. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam
bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling dan/atau memberi tugas (pekerjaan rumah/PR)
kepada peserta didik;
4. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
5. Guru bersama-sama para peserta didik menutup
pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
I. PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi
|
Lembar Observasi |
Lampiran 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung. |
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning) |
2 |
Penilaian
diri |
Lembar penilaian diri |
Lampiran 2
|
Saat
pembelajaran usai. |
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning) |
2.
Sikap sosial
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Lampiran 3 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian
pembelajaran (assessment for and of
learning) |
2 |
Penilaian antarteman |
Lembar penilaian antarteman |
Lampiran 4
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian sebagai pembelajaran
(assessment as learning) |
3.
Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Lisan |
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka |
Lampiran 5 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) |
2 |
Penugasan |
Tugas tertulis |
Lampiran 6
|
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai
pembelajaran (assessment as learning) |
3 |
Tertulis |
Soal-soal esei |
Lampiran 7
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessment of learning) |
4.
Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
prakatik |
Soal keterampilan praktik |
Lampiran 8 |
Saat pembelajaran berlangsung
dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning) |
2 |
Portofolio |
Sampel produk terbaik dari
tugas atau proyek |
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian untuk pembelajaran
dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
5.
Pembelajaran Remedial
Format
kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 9)
6. Pembelajaran Pengayaan
Format
kegiatan pengayaan (lampiran 10)
Demak, 13
Juli 2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP ............................. Pendidikan
Agama Islam
dan
Budi Pekerti,
.................................................... ..............................................
NIP. ........................................... NIP.
.....................................
Instrumen Penilaian
Lampiran
1. Lembar Observasi Penilaian Spiritual
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
VIII A
Semester :
Gasal
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Periode Pengamatan :
Tanggal ...............
Indikator sikap :
1. Membiasakan membaca Al-Qur’an
2. Meyakini bahwa rendah hati, hemat dan hidup sederhana adalah perintah agama
3. Memprakan sikap rendah hati, hemat dan hidup sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
No.
|
NamaPeserta Didik |
Skor Indikator Sikap
Spiritual (1 – 4) |
Jumlah Perolehan Skor |
Skor Akhir |
Tuntas/ Tidak Tuntas |
||
Indikator 1 |
Indikator 2 |
Indikator 3 |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
|
11. |
|
|
|
|
|
|
|
12. |
|
|
|
|
|
|
|
13. |
|
|
|
|
|
|
|
14. |
|
|
|
|
|
|
|
15. |
|
|
|
|
|
|
|
16. |
|
|
|
|
|
|
|
17. |
|
|
|
|
|
|
|
18. |
|
|
|
|
|
|
|
19. |
|
|
|
|
|
|
|
20. |
|
|
|
|
|
|
|
21. |
|
|
|
|
|
|
|
22. |
|
|
|
|
|
|
|
23. |
|
|
|
|
|
|
|
24. |
|
|
|
|
|
|
|
25. |
|
|
|
|
|
|
|
26. |
|
|
|
|
|
|
|
27. |
|
|
|
|
|
|
|
28. |
|
|
|
|
|
|
|
29. |
|
|
|
|
|
|
|
30. |
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2. Lembar Penilaian Diri (Penilaian Spiritual)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama :
...
Kelas :
...
Semester :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. |
Saya selalu membaca Al-Qur’an |
|
|
2. |
Saya bersikap rendah hati |
|
|
3. |
Saya suka menabung karena sikap berhemat merupakan
ajaran agama |
|
|
4. |
Saya meyakini bahwa boros itu sikap setan |
|
|
5. |
Saya menyukai orang yang tidak menyombongkan diri |
|
|
Keterangan
1.
Tidak pernah
2.
Kadang kadang
3.
Sering
4.
Selalu
PEDOMAN SKOR / PENILAIAN
SKOR MAKSIMAL : 20
NILAI =
Lampiran 3. Jurnal Penilaian Sikap
Sosial
JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah :
SMP ......................................
Kelas/Semester :
VIII A / 1
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Guru :
No |
Waktu |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tanda Tangan Siswa |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|