RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX OPTIMIS, IKHTIAR dan TAWAKAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Sekolah                        : SMP ........................
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : IX / Gasal
Materi Pokok               : Optimis Ikhtiyar dan Tawakal
Alokasi Waktu             : 3 JP X 3 pertemuan

A.   Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan  pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.      Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran mnemonic :

1.        Peserta didik mampu membaca ayat al-Qur’ān tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

2.        Peserta didik mampu memahami ayat al-Quran tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

3.        Peserta didik mampu menghafal ayat al-Qur’ān tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

4.    Peserta didik mampu mengartikan tiap kata (mufradat) ayat al-Qur’ān tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

5.    Peserta didik mampu menterjemahkan ayat al-Qur’ān tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

6.    Peserta didik mampu memahami kandungan ayat tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

7.    Peserta didik mampu mengamalkan dan membiasakan akhlak mulia optimis, ikhtiar dan tawakal

 

C.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama

Peserta didik mampu membaca ayat al-Qur’ān tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

2.1 Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imran/3: 159 dan Hadis terkait

Peserta didik mampu mengamalkan dan membiasakan akhlak mulia optimis, ikhtiar dan tawakal

3.1 Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadis terkait

hadits terkait.

Mampu menyebutkan kandungan ayat tentang optimis, ikhtiar dan tawakal

 

4.1.1 Membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan tartil

Mampu membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan tartil

4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imran/3: 159 serta Hadis terkait dengan lancar

Mampu menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imran/3: 159 serta Hadis terkait dengan lancar

4.1.3 Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

Mampu menyebutkan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

 

D.      Materi Pelajaran

Optimis, Ikhtiar, Dan Tawakal “ dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

 

E.       Metode Pembelajaran

Model pengolahan Informasi dengan model mnemonik

 

F.       Media Pembelajaran

1.    Media/alat

                       a.          Video Pembelajaran

                       b.          Komputer

                       c.          LCD Projector

2.    Bahan

Teks pembelajaran lafadz per mufrodat dan artinya

 

G.     Sumber Belajar

1.      Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI Tahun 2006

2.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4.      Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX. Jakarta: ESIS Erlangga.

 

H.     Langkah-langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama (3 JP)

a.       Kegiatan Pendahuluan

1)   Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

2)   Membaca surat pendek  dalam Juz 30 bersama-sama.

3)   Memberikan motivasi tentang pentingnya membaca al Qur’an dengan benar (Menceritakan kisah tentang si Fulan cara membaca al Quran)

4)   Memberikan apersepsi tentang pentingnya menuntut ilmu/cinta ilmu pengetahuan.

5)   Memberi Informasi tentang  KI / KD dan Indikator Pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti

1)        Mengamati, menyimak dan membaca membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, dengan tartil

2)        Mengajukan pertanyaan menantang untuk melakukan pembelajaran ketrampilan menghafal dengan metode mnemonik.

3)        Mengumpulkan informasi/mencoba dengan cara membuka referensi buku paket, Al-Quran terjamah per kata.

4)        Guru membagikan lembar aktifitas siswa dengan 1 kelompok 1 Lembar aktifitas

5)        Siswa dalam kelompok mempersiapkan  siswa menggunakan teknik-teknik seperti menggarisbawahi (underlining), membuat daftar (listing) dan merefleksikan (reflecting)

6)        Mengembangkan hubungan-hubungan

7)        Siswa berusaha akrab dengan materi dan menghubungkan konsep konsep dalam materi tersebut dengan menggunakan teknik-teknik sistem kata kunci ( key word), kata ganti (substitue word) dan kata hubung (link word)

8)        Siswa menggunakan teknik-teknik asosiasi konyol (rediculous association0 dan melebih-lebihkan (exaggeration)

9)        Siswa melakukan recalling pada materi hingga semuanya tuntas dipelajari

10)    Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil tampilan mnemonik

11)    Mengomunikasikan  dengan cara menyajikan rangkuman pembelajaran dan mendemonstrasikan hafalan

12)    Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

c.       Penutup

1)   Melaksanakan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

2)   Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini.

3)   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas mandiri untuk penilaian portopolio.

4)   Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

2.      Pertemuan kedua (3 JP)

a. Kegiatan Pendahuluan

1)   Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

2)   Membaca surat pendek  dalam Juz 30 bersama-sama.

3)   Memberikan motivasi tentang pentingnya membaca al Qur’an dengan benar (Menceritakan kisah tentang si Fulan cara membaca al Quran)

4)   Memberikan apersepsi tentang pentingnya menuntut ilmu/cinta ilmu pengetahuan.

5)   Memberi Informasi tentang  KI / KD dan Indikator Pembelajaran.

b. Kegiatan Inti

                                     1)     Mengamati, menyimak dan membaca membaca, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dengan tartil

                                     2)     Mengajukan pertanyaan menantang untuk melakukan pembelajaran ketrampilan menghafal dengan metode mnemonik.

                                     3)     Mengumpulkan informasi/mencoba dengan cara membuka referensi buku paket, Al-Quran terjamah per kata.

                                     4)     Guru membagikan lembar aktifitas siswa dengan 1 kelompok 1 Lembar aktifitas

                                     5)     Siswa dalam kelompok mempersiapkan  siswa menggunakan teknik-teknik seperti menggarisbawahi (underlining), membuat daftar (listing) dan merefleksikan (reflecting)

                                     6)     Mengembangkan hubungan-hubungan

                                     7)     Siswa berusaha akrab dengan materi dan menghubungkan konsep konsep dalam materi tersebut dengan menggunakan teknik-teknik sistem kata kunci ( key word), kata ganti (substitue word) dan kata hubung (link word)

                                     8)     Siswa menggunakan teknik-teknik asosiasi konyol (rediculous association0 dan melebih-lebihkan (exaggeration)

                                     9)     Siswa melakukan recalling pada materi hingga semuanya tuntas dipelajari

                                 10)     Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil tampilan mnemonik

                                 11)     Mengomunikasikan  dengan cara menyajikan rangkuman pembelajaran dan mendemonstrasikan hafalan

                                 12)     Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

c. Penutup

                                     1)     Melaksanakan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

                                     2)     Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini.

                                     3)     Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas mandiri untuk penilaian portopolio.

                                     4)     Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

3.      Pertemuan ketiga (3 JP)

a. Kegiatan Pendahuluan

                                1)     Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

                                2)     Membaca surat pendek  dalam Juz 30 bersama-sama.

                                3)     Memberikan motivasi tentang pentingnya membaca al Qur’an dengan benar (Menceritakan kisah tentang si Fulan cara membaca al Quran)

                                4)     Memberikan apersepsi tentang pentingnya menuntut ilmu/cinta ilmu pengetahuan.

                                5)     Memberi Informasi tentang  KI / KD dan Indikator Pembelajaran.

b. Kegiatan Inti

                                1)     Mengamati, menyimak dan membaca Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan tartil

                                2)     Mengajukan pertanyaan menantang untuk melakukan pembelajaran ketrampilan menghafal dengan metode mnemonik.

                                3)     Mengumpulkan informasi/mencoba dengan cara membuka referensi buku paket, Al-Quran terjamah per kata.

                                4)     Guru membagikan lembar aktifitas siswa dengan 1 kelompok 1 Lembar aktifitas

                                5)     Siswa dalam kelompok mempersiapkan  siswa menggunakan teknik-teknik seperti menggarisbawahi (underlining), membuat daftar (listing) dan merefleksikan (reflecting)

                                6)     Mengembangkan hubungan-hubungan

                                7)     Siswa berusaha akrab dengan materi dan menghubungkan konsep konsep dalam materi tersebut dengan menggunakan teknik-teknik sistem kata kunci ( key word), kata ganti (substitue word) dan kata hubung (link word)

                                8)     Siswa menggunakan teknik-teknik asosiasi konyol (rediculous association0 dan melebih-lebihkan (exaggeration)

                                9)     Siswa melakukan recalling pada materi hingga semuanya tuntas dipelajari

                            10)     Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil tampilan mnemonik

                            11)     Mengomunikasikan  dengan cara menyajikan rangkuman pembelajaran dan mendemonstrasikan hafalan

                            12)     Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru.

 

c. Penutup

1)        Melaksanakan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

2)        Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini.

3)        Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas mandiri untuk penilaian portopolio.

4)        Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

 

I.        penilaian

a.                                                           Teknik Penilaian:

1)        Aspek sikap spritual: Penilaian diri observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal

2)        Aspek Pengetahuan: Tes Tertulis :  Essay

3)        Aspek Ketrampilan: Unjuk Kerja

b.                                                          Instrumen penilaian dan pedoman perskoran

1)   Aspek sikap Spritual (terlampir)

2)   Aspek sikap sosial (terlampir)

3)   Aspek Ketrampilan( terlampir)

4)   Aspek Pengetahuan (terlampir)

 

                                                                                                                                                                                                                                                Demak,  ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

......................................                                                          ....................................

NIP. .............................                                                          NIP. ...................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

Penilaian Aspek Spiritul

Nama Siswa

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Peserta didik dapat menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman

Teknik Penilaian

:

Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal

Penilai

:

Guru, diri sendiri, antar peserta didik

a.             Observasi

Sikap yang dinilai :  menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman  rukun iman

No.

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

1

Berwudlu sebelum membaca AL-Quran.

 

 

 

 

2

Menunjukkan minat mempelajari Al-Quran.

 

 

 

 

3

Mampu membaca Al-Quran dengan Tartil.

 

 

 

 

4

Menghafkan dan mengartikan  Ayat-ayat Al-Quran.

 

 

 

 

5

Memahami isi kandungan ayat Al-Quran.

 

 

 

 

6

Mempedomani Al-Quran dalam perilaku sehari-hari.

 

 

 

 

7

Menjadikan Al-Quran sebagai prilaku sehari-hari.

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3=  sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76 - 85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66 - 75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: .................................................................................................

 

 

..........,..................................

Observer

 

 

  (...........................................)

 

 

b.   Penilaian Diri

Sikap yang dinilai   :  Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman

 

No.

Pernyataan

Alternatif

Ya

Tidak

1

Saya berwudlu sebelum membaca Al-Quran

 

 

2

Saya mengawali membaca Al-Quran dengan basmalah taawudz dan basmalah

 

 

3

Saya selalu membaca Al-Quran di rumah setiap hari.

 

 

4

Saya mengakhiri membaca Al-Quran dengan tasdiq

 

 

5

Saya berusaha mempelajari isi kandungan Al-Quran

 

 

6

Saya berusaha mempedomani Al-Quran dalam perilaku sehari-hari

 

 

Jumlah Skor

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Lembar penilaian sikap ini untuk menilai konsep diri peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.

Keterangan:

YA        : Skor  2

TIDAK   : Skor 1.

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: .................................................................................................

 

.

  (...........................................)

 

c.    Penilaian Antar Peserta Didik

Nama peserta didik              :

Sikap Spiritual yang diamati:  menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari

                                        pemahaman  rukun iman

No.

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

1

Berwudlu sebelum membaca Al-Qur’an

 

 

 

 

2

Mengawali membaca Al-Quran dengan taawudz dan basmalah

 

 

 

 

3

Membaca Al -Qur’an di rumah

 

 

 

 

4

Mengakhiri membaca Al-Qur’an dengan tasdiq

 

 

 

 

5

Mempelajari isi kandungan Al-Qur’an

 

 

 

 

6

Mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk:   

Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:

4 =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan

1=   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: ..............................................................................................

..........,..................................

 

  (...........................................)

 

 

d.   Jurnal

Nama Peserta Didik    : ............................

Aspek yang diamati    : Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari 

                                      pemahaman  rukun iman

No.

Hari/Tanggal

Kejadian

Nilai

 

1

 

 

 

 

 

Jumlah nilai

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):

a)     Tulislah identitas peserta didik yang diamati

b)    Tulislah tanggal pengamatan

c)     Tulislah aspek yang diamati oleh guru.

d)    Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik baik yang merupakan kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.

e)     Tulislah dengan segera kejadian

f)     Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.

g)    Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing peserta didik

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: ..........................................................................................

              

 

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

  (...........................................)

 

 

 

Lampiran 2:

Penilaian sikap sosial:

Nama Siswa

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Mmenghargai sikap optomos, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi dari QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159 dan Hadits terkait.

Teknik Penilaian

:

Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal

Penilai

:

Guru, diri sendiri, peserta didik

Rubrik penilaian

:

 

a.            Observasi

Tanggal Pengamatan               :

Sikap Sosial yang diamati                   : Perilaku optimis, ikhtiar dan tawakal.

No.

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

 

1

Yakin ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

 

 

 

 

 

2

Rajin belajar agar pintar.

 

 

 

 

 

3

Selalu bekerja keras demi cita-cita.

 

 

 

 

 

4

Menyerahkan urusan kepada Allah

 

 

 

 

 

5

Hanya memohon kepada Allah.

 

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4=selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3=sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2=kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: .................................................................................................

    

..........,..................................

Observer

 

 

  (...........................................)

 

b.      Penilaian Diri

 Sikap yang dinilai: Perilaku optimis, ikhtiar dan tawakal         

No

Pernyataan

Alternatif

Ya

Tidak

1

Yakin ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

 

 

2

Rajin belajar agar pintar.

 

 

3

Selalu bekerja keras demi cita-cita.

 

 

4

Menyerahkan urusan kepada Allah

 

 

5

Hanya memohon kepada Allah.

 

 

 

Jumlah skor

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Lembar penilaian sikap ini untuk menilai konsep diri peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.

Keterangan:

YA        : Skor  2

TIDAK   : Skor 1.

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: ................................................................................................

..........,..................................

  (...........................................)

 

 

c.       Penilaian antar Peserta Didik

Nama peserta didik                       : 

Sikap yang dinilai             : Perilaku optimis, ikhtiar dan tawakal

No.

Aspek pengamatan

Skor

4

3

2

1

1

Yakin ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

 

 

 

 

2

Rajin belajar agar pintar.

 

 

 

 

3

Selalu bekerja keras demi cita-cita.

 

 

 

 

4

Menyerahkan urusan kepada Allah

 

 

 

 

5

Hanya memohon kepada Allah.

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk:   

Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:

4 =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan

1=   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan:.................................................................................................

             .................................................................................................

              ................................................................................................

             .................................................................................................

..........,..................................

 

 

 

  (...........................................)

 

 

 

d.      Jurnal

Nama Peserta Didik         :

Aspek yang diamati         : Perilaku optimis, ikhtiar dan tawakal

No.

Hari/Tanggal

Kejadian

Nilai

 

1

 

 

 

 

 

Jumlah nilai

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):

a)     Tulislah identitas peserta didik yang diamati

b)    Tulislah tanggal pengamatan

c)     Tulislah aspek yang diamati oleh guru.

d)    Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik baik yang merupakan kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.

e)     Tulislah dengan segera kejadian

f)     Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.

g)    Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing peserta didik

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan:........................................................................................

.......................................................................................

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 (...........................................)

 

 

Lampiran 3:

Penilaian aspek ketrampilan:

Nama Siswa

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Peserta didik dapat Membaca QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159 dan Hadits terkait dengan tartil.

Teknik Penilaian

:

Tes praktik

Penilai

:

Guru

 

           Membaca QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159 dan Hadits terkait,

No.

Aspek yang Dinilai

Nilai

4

3

2

1

1

Kelancaran bacaan

 

 

 

 

2

Ketepatan tajwid

 

 

 

 

3

Ketepatan Pengucapan Makhraj

 

 

 

 

4

Adab Membaca al-Qur’an

 

 

 

 

5

Penghayatan terhadap bacaan

 

 

 

 

6

Melafalkankan QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159secara tartil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

Skor Maksimum

 

Keterangan

Nilai

1 = tidak kompeten

2 = cukup kompeten

3 = kompeten

4 = sangat kompeten

Catatan:...........................................................................

 

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

  (...........................................)

 

 

 

 

 

 

 

Nama Siswa

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Peserta didik dapat Membaca QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159 dan hadits terkait dengan tartil.

Teknik Penilaian

:

Tes praktik

Penilai

:

Guru

 

           Hafalan  QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159 dan hadits terkait

 

No.

Aspek yang Dinilai

Nilai

4

3

2

1

1

Kelancaran bacaan

 

 

 

 

2

Ketepatan tajwid

 

 

 

 

3

Ketepatan Pengucapan Makhraj

 

 

 

 

4

Adab Membaca al-Qur’an

 

 

 

 

5

Penghayatan terhadap bacaan

 

 

 

 

6

Melafalkankan QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159secara tartil

 

 

 

 

7

Mengartikan QS, Az Zumar 53, An Najm 39-42, Ali Imran 159

 

 

 

 

Jumlah

 

Skor Maksimum

 

Keterangan

Nilai

1 = tidak kompeten

2 = cukup kompeten

3 = kompeten

4 = sangat kompeten

Catatan:...........................................................................

........................................................................................

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

  (...........................................)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a)    Penilaian pengetahuan

Pertemuan pertama

ESSAY

            a) kisi-kisi soal

No

Indikator

Butir Instrumen

1

Disajikan potongan Q.S. az-Zumar/39: 53,siswa menjelaskan makna per mufrodat dan menerjemahkan potongan ayat .

1.        Tarjemahkan per mufrodat dan simpulkan makna yang terkandung dalam potongan QS.Az-Zumar/39:53 berikut :

 

2

Disajikan potongan Q.S. az-Zumar/39: 53,siswa menjelaskan makna per mufrodat dan menerjemahkan potongan ayat .

 

2. Tarjemahkan dan jelaskan makna yang terkandung dalam potongan ayat berikut :

 

3

Disajikan potongan Q.S. az-Zumar/39: 53,siswa menjelaskan makna per mufrodat dan menerjemahkan potongan ayat .

3. Tarjemahkan dan jelaskan makna yang terkandung dalam potongan ayat berikut :

                       

4

Siswa menjelaskan kandungan makna yang terdapat dalam Q.S. az-Zumar/39: 53 secara lengkap

4 Jelaskan kandungan makna optimis yang terangkum dalam QS Q.S. az-Zumar/39: 53

 

5

Siswa menyebutkan 3 contoh sikap orang yang optimis

 

5. Tuliskan 3 contoh sikap orang yang Optimis !

 

6

Disajikan potongan Q.S. an-najm/53:39, siswa menjelaskan makna per mufrodat dan menerjemahkan potongan ayat !

6. Tarjemahkan dan jelaskan makna yang terkandung dalam Q.S. an-Najm/53: 39  berikut :

 

 

7

Disajikan potongan Q.S. an-najm/53:40, siswa menjelaskan makna per mufrodat dan menerjemahkan potongan ayat

 

7. Tarjemahkan dan jelaskan makna yang terkandung dalam Q.S. an-Najm/53: 40 berikut :

 

8

Disajikan potongan Q.S. an-najm/53:42, siswa menjelaskan makna per mufrodat dan menerjemahkan potongan ayat

8. Tarjemahkan dan jelaskan makna yang terkandung dalam  Q.S. an-Najm/53: 42 berikut:

9

Menjelaskan makan ikhtiyar yang terkandung dalam QS. An-najm/53:39-42

9. Sebutkan 3 kandungan makna ikhtiyar yang terangkum dalam Q.S. an-Najm/53: 39-42 !

 

10

Menyebutkan 3 manfaat orang yang berikhtiyar

10. Jelaskan 3 manfaat  orang yang beriktiyar !

 

 

b)      Pedoman perskoran

NO SOAL

KUNCI JAWABAN

SKOR

1

Sesungguhnya Allah

Dia Mengampuni

Dosa-dosa

Semuanya

“ Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya”,

5

2

Dia

Maha Pengampun

Maha Pengasih

“ Dialah Yang Maha Pengampun Maha Penyayang”

5

3

Jangan

Kalian berputus asa

dari

rahmat Allah

“ Jangan Kalian berputus asa dari rahmad Allah”

5

4

Kandungan makna optimis:

a.               Allah menyeru manusia untuk tidak berputus asa dari rahmad Allah

b.     Segera bertaubat jika melakukan perbuatan dosa

c.     Yakin dengan sifat penyanyang dan pengampun Allah SWT

 

5

5

3 contoh sikap optimis

a. Rajin belajar dan yakin mendapat hasil yang terbaik

b. berobat ketika sakit

c. mengikuti latihan terus menerus yakin menjadi juara

 

5

6

Dan bahwa

Tidak

Bagi manusia

Kecuali

Apa yang

Ia usahakan

“ Dan Bahwa tidak bagi manusia kecuali apa yang dia usahakan”

5

7

Dan bahwasanya

Usahanya

Kelak

Bakal diperlihat

“ Dan Bahwasanya usahanya kelak akan diperlihatkan”

5

8

Dan sungguh

Kepada tuhanmu

Kesudahan (segala sesuatu)

“ Dan sungguh kepada tuhanmu akhir segala sesuatu”

5

9

3 makna ikhtiyar :

Bersunguh-sungguh melakukan suatu usaha

Allah akan membalas setiap usaha manusia

Hasil usaha adalah dunia dan akherat

 

5

10

Manfaat orang yang berikhtiyar :

a. Yakin kepada Allah bahwa usaha manusia sebanding dengan apa yang diperoleh manusia

b. Usaha manusia akan dilakukan dengan sungguh-sungguh

c. tidak mudah putus asa

 

5

 

Nilai akhirnya =   Jumlah skor uraian yang diperoleh  x 100

Skor maksimal uraian