RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX IMAN KEPADA HARI KIAMAT

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Sekolah                          : SMP N  .............................

Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/ Semester              : IX/1

Materi Pelajaran             : Hari Kiamat

Alokasi Waktu               : 2X3 pertemuan (6 JP)

 

A.   Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan  pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.     Tujuan Pembelajaran

Melalui metode Market Place Activity (MPA) siswa dapat :

1.      Mampu Mendeskripsikan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar

2.       Mampu Menyebutkan macam-macam kiamat dengan benar.

3.      Mampu Menjelaskan contoh kejadian kiamat sughro dengan benar.

4.      Menjelaskan proses kejadian kiamat kubro dengan benar.

5.      Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat dengan benar.

6.      Menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar.

 

C.    Kompetensi Dasar dan IPK

Kompetensi dasar

IPK

Beriman kepada hari akhir

·      Berperilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

Menghargai sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir

·      Berperilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir dengan benar

Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya

·      Mendeskripsikan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar

·      Menyebutkan macam-macam kiamat dengan benar.

·      Menjelaskan contoh kejadian kiamat sughro dengan benar.

·      Menjelaskan proses kejadian kiamat kubro dengan benar.

·      Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat dengan benar.

Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.

Menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar

 

D.    Materi Pembelajaran

1.    Pertemuan ke-1

a.    Pengertian iman kepada hari akhir.

b.    Dalil naqli tentang gambaran kejadian hari akhir.

2.    Pertemuan ke-2

a. macam-macam kiamat

b. Kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat

3.    Pertemuan 3

a.     Membuat diskripsi fase kehidupan manusia

b.    Menyajikan hikmah mempelajari hari kiamat

         

E.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.      Pertemuan 1

                       a.     Pendahuluan  (15 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam

2)        Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

3)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)        Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan tentang iman kepada hari akhir.

5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

6)         Guru memberikan tausiyah tentang  dahsyatnya hari akhir seperti yang diterangkan dalam surat az-zalzalah.

7)        Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.

8)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)

                           1)            Mengamati:

a)      Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.

b)      Semua peserta didik mengamati tayangan video tentang gambaran kejadian hari kiamat.

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk melakukan tanya jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat

b)      Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab tentang diskusi pemecahan masalah.

3)      Eksplorasi

a)        Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima.

b)      Masing-masing kelompok memecahkan masalah  sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima, dengan ketentuan:

Ø Kelompok 1 mengamati gambar yang ada pada kolom pengertian hari akhir dan memberikan komentar

Ø Kelompok 2 membaca dan mengartikan surat al qariah ayat 4-5 dan az zalalah 1-2. Kemudian mengkaji dan mendiskusikan tentang kejadianm kiamat kubro

Ø Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan kehidupan manusia  di hari akhir dan membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.

Ø Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran dengan calon penghni surga

dan mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.

4)      Asosiasi:

a)      Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.

5)    Komunikasikan:

a)    Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tugas masing-masing kelompok.

b)   Kelompok lainnya memberikan tanggapan.

                       c.     Penutup (20 menit)

                                     1)     Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman kepada hari kiamat.

                                     2)     Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.

                                     3)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     4)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     5)     Guru memberikan reward kepada kelompok yang terbaik.

                                     6)     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     7)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     8)     Guru dan peserta didik  mengungkapkan pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”

                                     9)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

2.Pertemuan ke 2

a. Pendahuluan  (15 menit)

1)   Guru membuka pembelajaran dengan salam

2)   Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

3)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)   Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan tentang iman kepada hari akhir.

5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

6)   Guru memberikan tausiyah tentang  hari kiamat

7)   Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.

8)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

b. Kegiatan inti (90 menit)

                                         1)     Mengamati:

a.    Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.

b.    Semua peserta didik mengamati tayangan video tentang gambaran kejadian hari kiamat.

                                         2)     Menanya:

a.    Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk melakukan tanya jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat

b.    Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab tentang diskusi pemecahan masalah.

                                         3)     Eksplorasi

a)      Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima.

b)      Masing-masing kelompok memecahkan masalah  sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima, dengan ketentuan:

Ø  Kelompok 1 mengamati gambar yang ada pada kolom pengertian hari akhir dan memberikan komentar

Ø  Kelompok 2 membaca materi. Kemudian mengkaji dan mendiskusikan tentang kejadianm kiamat kubro

Ø  Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan kehidupan manusia  di hari akhir dan membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.

Ø  Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran dengan calon penghni surge dan mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.

                                     4)      Asosiasi:

a)    Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.

                                     5)     Komunikasikan:

a)      Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tugas masing-masing kelompok.

b)      Kelompok lainnya memberikan tanggapan.

                      d.     Penutup (20 menit)

                                     1)     Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman kepada hari kiamat.

                                     2)     Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.

                                     3)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     4)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     5)     Guru memberikan reward kepada kelompok yang terbaik.

                                     6)     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     7)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     8)     Guru dan peserta didik  mengungkapkan pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”

                                     9)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

3. Pertemuan 3

a. Pendahuluan  (15 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam

2)        Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

3)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)        Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan tentang iman kepada hari akhir.

5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

6)        Guru memberikan tausiyah tentang  hari kiamat.

7)        Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.

8)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       e.     Kegiatan inti (90 menit)

1)                                 Mengamati:

a)      Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.

b)      Semua peserta didik mengamati tayangan video tentang gambaran kejadian hari kiamat.

2)                                 Menanya:

a)      Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk melakukan tanya jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat

b)      Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab tentang diskusi pemecahan masalah.

3)  Eksplorasi

a)        Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima.

b)      Masing-masing kelompok memecahkan masalah  sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima, dengan ketentuan:

Ø Kelompok 1 mengamati gambar yang ada pada kolom pengertian hari akhir dan memberikan komentar

Ø Kelompok 2 membaca dan mengartikan surat al qariah ayat 4-5 dan az zalalah 1-2. Kemudian mengkaji dan mendiskusikan tentang kejadianm kiamat kubro

Ø Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan kehidupan manusia  di hari akhir dan membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.

Ø Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran dengan calon penghni surga

dan mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.

4) Asosiasi:

a)    Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.

5) Komunikasikan:

a)      Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tugas masing-masing kelompok.

b)      Kelompok lainnya memberikan tanggapan.

                        f.     Penutup (20 menit)

1)      Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman kepada hari kiamat.

2)      Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.

3)      Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

4)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

5)      Guru memberikan reward kepada kelompok yang terbaik.

6)      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

7)      Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

8)      Guru dan peserta didik  mengungkapkan pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”

9)      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

F.     Penilaian, Remedial dan Pengayaan

1. Penilaian

a. Teknik Penilaian:

1)        Aspek sikap :Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal

2)        Aspek Pengetahuan: Tes tertulis

3)        Aspek Ketrampilan: proyek dan  portopolio

c.    Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :

1)   Pertemuan pertama

a)   Pengetahuan

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian hari kiamat

Jelaskan pengertian hari kiamat

2.

Menyebutkan dalil naqli tentang hari kiamat

Sebutkan dalil naqli yang menerangkan hari kiamat

3.

Menjelaskan macam-macam kiamat

Jelaskan macam-macam kiamat

4.

Menjelaskan contoh kejadian kamat sughro

Jelaskan contoh kejadian kiamat sughro

5.

Menyebutkan proses kejadian kiamat kubro

Jelaskan proses kiamat sugro

6.

Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat

Jelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat

 

Pedoman perskoran

No

Kunci

Skor

1.

Hari kiamat adalah hari berakhirnya seluruh makhluk

10

2.

Qs al hajj:15

20

3.

 

20

4.

 

20

5.

 

20

6.

 

10

 

Jumlah Skor

100

 

a)    Sikap

(Terlampir)

b)   Ketrampilan

(Terlampir)

2.Pengayaan

Peserta didik yang sudah menguasai  materi, mengerjakan materi tambahan berupa tanda-tanda terjadinya kiamat. (Soalterlampir ).

3. Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi, akan dijelaskan lagi dan dilakukan penilaian kembali tentang iman hari kiamat yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang sekolah. ( Soalterlampir ).

G.    Media/Alat,Bahan  dan Sumber Pembelajaran

             1.          Media/alat

a.         Video pembelajaran

b.        Gambar

c.         Speaker active

d.        LCD/TV/Laptop

             2.          Bahan

                               a.      Kertas

                               b.      Alat tulis

             3.          Sumber Belajar

                                                  i.      Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

                                                ii.      Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                                              iii.      Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

                                                                                               

 

                                                                                                Demak,  ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

......................................                                                          ....................................

NIP. .............................                                                          NIP. ...................................

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Peserta didik

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Berperilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

Teknik Penilaian

:

Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal

Penilai

:

Guru, diri sendiri, antar peserta didik

Rubrik penilaian

:

 

a.    Observasi

Tanggal Pengamatan         :  ..............................

Sikap yang dinilai : 

No.

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

1

Mengimani bahwa hari akhir pasti dating

 

 

 

 

2

Berbuat amal kebaikan

 

 

 

 

3

Menghindari amal kejelekan

 

 

 

 

4

Membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan

 

 

 

 

5

Berbuat sesuatu dengan mempertimbangkan akibatnya

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

Keterangan

 

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

.................................................................................................

               .................................................................................................

               .................................................................................................

..........,..................................

Observer

 

 

 

 (...........................................)

 

 

 

 

 

 

b.    Penilaian Diri

Sikap yang dinilai   :  .

 

No.

Pernyataan

Skor

4

3

2

1

1

Saya senantiasa mohon ampun kepada Allah Swt

 

 

 

 

2

Saya sabar dalam menghadapi cobaan

 

 

 

 

3

Saya waspada dengan pergaulan anak nakal

 

 

 

 

4

Saya hati-hati dalam bertindak karena setiap perbuatan pasti akan dimintai pertanggungjawaban

 

 

 

 

5

Saya waspada terhadap pornografi dan menjauhinya

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

Keterangan

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya sendiri. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

               .................................................................................................

               .................................................................................................

               .................................................................................................

 

 

..........,..................................

Observer

 

 

 

 (...........................................)

 

 

 

 

c.    Penilaian Antar Peserta Didik

Nama Peserta didik                       :

Sikap Spiritual yang diamati         :  Sikap Iman Kepada  Allah Swt.

No.

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

1

Senantiasa memohon ampun kepada Allah Swt

 

 

 

 

2

Sabar dalam menghadapi cobaan

 

 

 

 

3

Waspada dengan pergaulan anak nakal

 

 

 

 

4

Hati-hati dalam bertindak karena setiap perbuatan pasti akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah Swt

 

 

 

 

5

Waspada terhadap pornografi

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk:   

Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:

4 =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan

1=   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

               .................................................................................................

              

 

..........,..................................

 

  (...........................................)

 

d.   Jurnal

Nama Peserta Didik           :

Aspek yang diamati : Sikap mawas diri

No.

Hari/Tanggal

Kejadian

Nilai

 

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

Jumlah nilai

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

 

 

A (Sangat Baik) = Jika peserta didik mendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didik mendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didik mendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didik mendapatkan skor < 65

Catatan: ................................................................................................

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

  (...........................................)

 

 

 

 

Lampiran 2     : Penilaian ketrampilan

Nama

:

.........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar.

Teknik Penilaian

:

Proyek

Penilai

:

Guru

Rubrik penilaian

:

 

 

Penilaian Proyek

Mencari ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan hari kiamat beserta terjemahnya.

a.    Soal: Carilah ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan hari akhir

b.    Penilaian:

Nama Kelompok: ........................................

Anggota: .......................................

Kelas: ................

 

No.

Aspek

Skor (1-5)

5

4

3

2

1

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

a.       Persiapan

 

 

 

 

 

b.      Rumusan judul

 

 

 

 

 

2

Proses pembuatan

 

 

 

 

 

a.       Sistematika penulisan

 

 

 

 

 

b.      Keakuratan sumber data

 

 

 

 

 

c.       Analisis data

 

 

 

 

 

d.      Penarikan kesimpulan

 

 

 

 

 

3

Tahap akhir

 

 

 

 

 

a.                    Performan

 

 

 

 

 

b.                  Presentasi/Penguasaan

 

 

 

 

 

 

Total Skor

 

Keterangan

Nilai

Keterangan penilaian:

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik               

3 = cukup baik

4 = Baik

5 = Sangat baik

Catatan:........................................................................................

.....................................................................................................

....................................................................................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

  (...........................................)

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran3 :Soal Pengayaan

Kerjakan soal berikut !

1.      Sebutkan tanda-tanda kiamat yang telah muncul dan telah berlalu!

2.      Sebutkan tanda-tanda hari kiamat yang telah muncul dan masih berkembang!

3.      Sebutkan tanda-tanda kiamat yang belum muncul hingga sekarang!

Kunci :

1.      Tanda-tanda kiamat yang telah muncul dan telah berlalu

-       Wafatnya nabi Muhammad saw

-       Penaklukan Baitul Maqdis

-       Penyakit Thaun (menular seperti kolera)

-       Perang shiffin

-       Munculnya nabi-nabi palsu

-       Perang di Turki

2.      tanda-tanda hari kiamat yang telah muncul dan masih berkembang

-       Perzinahan semakin merajalela

-       Minuman keras di mana-mana

-       Masjid sangat megah

-       Berlomba-lomba mendirikan bangunan

-       Orang banyak yang kikir

-       Banyaknya gempa bumi

-       Mengikuti perilaku umat lain

3.      tanda-tanda kiamat yang belum muncul hingga sekarang

-       Hilangnya ilmu agama serta kebodohan merajalela

-       Jumlah wanita lebih banyak dari jumlah pria

-       Bumi Arab akan berumput dan bersungai

-       Turunnya al mahdi

-       Turunnya Nabi Isya as

-       Keluarnya Ya’juj Ma’juj

-       Munculnya Dajjal

-       Hancurnya Ka’bah