RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX IMAN KEPADA HARI KIAMAT
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP N .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : IX/1
Materi
Pelajaran : Hari Kiamat
Alokasi Waktu : 2X3 pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
- Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode Market
Place Activity (MPA) siswa dapat :
1. Mampu Mendeskripsikan
pengertian iman kepada hari akhir dengan benar
2. Mampu Menyebutkan macam-macam kiamat dengan benar.
3. Mampu Menjelaskan
contoh kejadian kiamat sughro dengan benar.
4. Menjelaskan
proses kejadian kiamat kubro dengan benar.
5. Menjelaskan
kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat dengan benar.
6. Menunjukkan
dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar.
C.
Kompetensi Dasar dan
IPK
Kompetensi dasar
|
IPK
|
Beriman kepada hari akhir
|
·
Berperilaku beriman kepada hari akhir dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar
|
Menghargai sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman
kepada hari akhir
|
·
Berperilaku mawas diri sebagai implementasi
dari pemahaman iman kepada hari akhir dengan benar
|
Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
|
·
Mendeskripsikan pengertian iman kepada hari
akhir dengan benar
·
Menyebutkan macam-macam kiamat dengan benar.
·
Menjelaskan contoh kejadian kiamat sughro
dengan benar.
·
Menjelaskan proses kejadian kiamat kubro
dengan benar.
·
Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia
setelah hari kiamat dengan benar.
|
Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran
kejadian hari akhir.
|
Menunjukkan
dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar
|
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
a. Pengertian iman kepada hari
akhir.
b. Dalil naqli tentang gambaran kejadian hari akhir.
2.
Pertemuan ke-2
a. macam-macam kiamat
b. Kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat
3.
Pertemuan
3
a.
Membuat diskripsi fase kehidupan
manusia
b.
Menyajikan hikmah
mempelajari hari kiamat
E. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah
pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan
tentang iman
kepada hari akhir.
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentang dahsyatnya hari akhir seperti
yang diterangkan dalam surat az-zalzalah.
7)
Peserta didik
dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.
8)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1)
Mengamati:
a)
Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.
b)
Semua peserta didik mengamati tayangan video tentang
gambaran kejadian hari kiamat.
2)
Menanya:
a)
Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk melakukan tanya
jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat
b)
Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab
tentang diskusi pemecahan masalah.
3)
Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok diberikan
tugas untuk berdiskusi sesuai dengan lembar kerja yang telah
diterima.
b)
Masing-masing kelompok memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang telah
diterima, dengan ketentuan:
Ø
Kelompok 1 mengamati gambar yang ada pada kolom
pengertian hari akhir dan memberikan komentar
Ø
Kelompok 2 membaca dan mengartikan surat al
qariah ayat 4-5 dan az zalalah 1-2. Kemudian mengkaji dan mendiskusikan tentang
kejadianm kiamat kubro
Ø
Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan
kehidupan manusia di hari akhir dan
membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir
mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.
Ø
Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran
dengan calon penghni surga
dan mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.
4)
Asosiasi:
a)
Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusi sesuai dengan
tugas yang diberikan.
5)
Komunikasikan:
a)
Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tugas
masing-masing kelompok.
b)
Kelompok lainnya memberikan tanggapan.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman kepada hari
kiamat.
2) Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post
test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward
kepada
kelompok yang terbaik.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan
tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik mengungkapkan
pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”
9) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan
berdoa.
2.Pertemuan ke
2
a. Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah
pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan
tentang iman
kepada hari akhir.
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentang hari kiamat
7)
Peserta didik
dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.
8)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1) Mengamati:
a.
Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.
b.
Semua peserta didik mengamati tayangan video tentang
gambaran kejadian hari kiamat.
2) Menanya:
a.
Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk melakukan tanya
jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat
b.
Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab
tentang diskusi pemecahan masalah.
3) Eksplorasi
a) Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai
dengan lembar kerja yang
telah diterima.
b) Masing-masing kelompok memecahkan masalah sesuai dengan
lembar kerja yang telah diterima, dengan ketentuan:
Ø
Kelompok 1 mengamati gambar yang ada pada kolom
pengertian hari akhir dan memberikan komentar
Ø
Kelompok 2 membaca materi. Kemudian mengkaji dan
mendiskusikan tentang kejadianm kiamat kubro
Ø
Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan
kehidupan manusia di hari akhir dan
membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir
mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.
Ø
Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran
dengan calon penghni surge dan mengemukakan pendapatnya tentang
hikmah dari kisah tersebut.
4) Asosiasi:
a)
Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusi sesuai dengan
tugas yang diberikan.
5) Komunikasikan:
a)
Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tugas
masing-masing kelompok.
b)
Kelompok lainnya memberikan tanggapan.
d. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman kepada hari
kiamat.
2) Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post
test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward
kepada
kelompok yang terbaik.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan
tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik
mengungkapkan pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”
9) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan
berdoa.
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah
pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan
tentang iman
kepada hari akhir.
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentang hari kiamat.
7)
Peserta didik
dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.
8)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
e. Kegiatan inti (90 menit)
1)
Mengamati:
a)
Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.
b)
Semua peserta didik mengamati tayangan video tentang
gambaran kejadian hari kiamat.
2)
Menanya:
a)
Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk melakukan tanya
jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat
b)
Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab
tentang diskusi pemecahan masalah.
3) Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok diberikan
tugas untuk berdiskusi sesuai dengan lembar kerja yang telah
diterima.
b)
Masing-masing kelompok memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang telah
diterima, dengan ketentuan:
Ø
Kelompok 1 mengamati gambar yang ada pada kolom
pengertian hari akhir dan memberikan komentar
Ø
Kelompok 2 membaca dan mengartikan surat al
qariah ayat 4-5 dan az zalalah 1-2. Kemudian mengkaji dan mendiskusikan tentang
kejadianm kiamat kubro
Ø
Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan
kehidupan manusia di hari akhir dan
membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir
mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.
Ø
Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran
dengan calon penghni surga
dan mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.
4) Asosiasi:
a)
Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusi sesuai dengan
tugas yang diberikan.
5) Komunikasikan:
a)
Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan tugas
masing-masing kelompok.
b)
Kelompok lainnya memberikan tanggapan.
f. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman kepada hari
kiamat.
2)
Guru dan siswa menyimpulkan materi
yang dibahas.
3) Guru melakukan post
test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward
kepada
kelompok yang terbaik.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan
tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik
mengungkapkan pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”
9) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan
berdoa.
F.
Penilaian, Remedial dan
Pengayaan
1. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap :Observasi, penilaian
diri, penilaian antar teman, Jurnal
2)
Aspek Pengetahuan: Tes tertulis
3)
Aspek Ketrampilan: proyek dan portopolio
c.
Instrumen
penilaian dan pedoman perskoran :
1)
Pertemuan pertama
a)
Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian hari kiamat
|
Jelaskan pengertian hari kiamat
|
2.
|
Menyebutkan dalil naqli tentang hari kiamat
|
Sebutkan dalil naqli yang menerangkan hari kiamat
|
3.
|
Menjelaskan macam-macam kiamat
|
Jelaskan
macam-macam
kiamat
|
4.
|
Menjelaskan contoh kejadian kamat
sughro
|
Jelaskan
contoh
kejadian kiamat sughro
|
5.
|
Menyebutkan proses kejadian kiamat
kubro
|
Jelaskan
proses kiamat sugro
|
6.
|
Menjelaskan
kehidupan
yang dialami manusia setelah hari kiamat
|
Jelaskan
kehidupan
yang dialami manusia setelah hari kiamat
|
Pedoman
perskoran
No
|
Kunci
|
Skor
|
1.
|
Hari
kiamat adalah hari berakhirnya seluruh makhluk
|
10
|
2.
|
Qs
al hajj:15
|
20
|
3.
|
|
20
|
4.
|
|
20
|
5.
|
|
20
|
6.
|
|
10
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
a)
Sikap
(Terlampir)
b)
Ketrampilan
(Terlampir)
2.Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, mengerjakan materi tambahan berupa
tanda-tanda terjadinya kiamat. (Soalterlampir ).
3. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi, akan
dijelaskan lagi dan dilakukan penilaian kembali tentang iman hari kiamat yang
dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang sekolah. ( Soalterlampir ).
G. Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
Video pembelajaran
b.
Gambar
c.
Speaker active
d.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Kertas
b.
Alat tulis
3.
Sumber Belajar
i.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an
dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
ii.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa .
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
iii.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/Buku Guru.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP.
............................. NIP.
...................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Berperilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Observasi,
penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal
|
Penilai
|
:
|
Guru,
diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
a. Observasi
Tanggal
Pengamatan : ..............................
Sikap
yang dinilai :
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Mengimani bahwa hari akhir pasti dating
|
|
|
|
|
2
|
Berbuat amal kebaikan
|
|
|
|
|
3
|
Menghindari amal kejelekan
|
|
|
|
|
4
|
Membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan
|
|
|
|
|
5
|
Berbuat sesuatu dengan mempertimbangkan akibatnya
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Keterangan
|
|
Nilai
|
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada
kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir
ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Diri
Sikap yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Saya
senantiasa mohon ampun kepada Allah Swt
|
|
|
|
|
2
|
Saya
sabar dalam menghadapi cobaan
|
|
|
|
|
3
|
Saya
waspada dengan pergaulan anak nakal
|
|
|
|
|
4
|
Saya
hati-hati dalam bertindak karena setiap perbuatan pasti akan dimintai
pertanggungjawaban
|
|
|
|
|
5
|
Saya
waspada terhadap pornografi dan menjauhinya
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya
sendiri.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir
ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
|
|
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Antar Peserta Didik
Nama
Peserta
didik :
Sikap Spiritual yang diamati : Sikap Iman Kepada Allah Swt.
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Senantiasa memohon ampun kepada Allah Swt
|
|
|
|
|
2
|
Sabar dalam menghadapi cobaan
|
|
|
|
|
3
|
Waspada dengan pergaulan anak nakal
|
|
|
|
|
4
|
Hati-hati dalam bertindak karena setiap perbuatan
pasti akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah Swt
|
|
|
|
|
5
|
Waspada terhadap pornografi
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
Petunjuk:
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
Nilai akhir
ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
|
..........,..................................
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Jurnal
Nama Peserta Didik :
Aspek
yang diamati : Sikap
mawas diri
No.
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Jumlah
nilai
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
|
A
(Sangat Baik) = Jika peserta didik mendapatkan
skor 86 – 100
B
(Baik) = Jika peserta didik mendapatkan
skor 76-85
C
(Cukup) = Jika peserta didik mendapatkan skor 66-75
D
(Kurang) = Jika peserta didik mendapatkan
skor < 65
|
|
Catatan:
................................................................................................
|
..........,..................................
Guru
Mata Pelajaran PAI
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2 : Penilaian ketrampilan
Nama
|
:
|
.........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar.
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Proyek
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
Penilaian Proyek
Mencari ayat-ayat al
Qur’an yang berkaitan dengan hari kiamat beserta terjemahnya.
a.
Soal: Carilah ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan hari akhir
b.
Penilaian:
Nama
Kelompok: ........................................
Anggota:
.......................................
Kelas:
................
No.
|
Aspek
|
Skor
(1-5)
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Persiapan
|
|
|
|
|
|
b.
Rumusan
judul
|
|
|
|
|
|
2
|
Proses pembuatan
|
|
|
|
|
|
a.
Sistematika penulisan
|
|
|
|
|
|
b.
Keakuratan
sumber data
|
|
|
|
|
|
c.
Analisis
data
|
|
|
|
|
|
d.
Penarikan kesimpulan
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap akhir
|
|
|
|
|
|
a.
Performan
|
|
|
|
|
|
b.
Presentasi/Penguasaan
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
|
|
Catatan:........................................................................................
.....................................................................................................
....................................................................................................
|
Guru
Mata Pelajaran PAI
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran3 :Soal Pengayaan
Kerjakan soal berikut
!
1.
Sebutkan tanda-tanda kiamat yang telah muncul dan telah berlalu!
2.
Sebutkan tanda-tanda hari kiamat yang telah muncul dan masih berkembang!
3.
Sebutkan tanda-tanda kiamat yang belum muncul hingga sekarang!
Kunci :
1.
Tanda-tanda kiamat yang telah muncul dan telah berlalu
-
Wafatnya nabi Muhammad saw
-
Penaklukan Baitul Maqdis
-
Penyakit Thaun (menular seperti kolera)
-
Perang shiffin
-
Munculnya nabi-nabi palsu
-
Perang di Turki
2.
tanda-tanda hari kiamat yang telah muncul dan masih berkembang
-
Perzinahan semakin merajalela
-
Minuman keras di mana-mana
-
Masjid sangat megah
-
Berlomba-lomba mendirikan bangunan
-
Orang banyak yang kikir
-
Banyaknya gempa bumi
-
Mengikuti perilaku umat lain
3.
tanda-tanda kiamat yang belum muncul hingga sekarang
-
Hilangnya ilmu agama serta kebodohan merajalela
-
Jumlah wanita lebih banyak dari jumlah pria
-
Bumi Arab akan berumput dan bersungai
-
Turunnya al mahdi
-
Turunnya Nabi Isya as
-
Keluarnya Ya’juj Ma’juj
-
Munculnya Dajjal
-
Hancurnya Ka’bah