RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VIII PERTUMBUHAN ILMU PADA MASA BANI UMAYAH
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KD.11 –
TARIKH
Sekolah : SMP ......................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi
Pokok : Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa
Bani Umayah
Alokasi Waktu : 2x pertemuan (6 JP)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif,
dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian kompetensi
|
1.13 Meyakini
bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai bukti nyata
agama Islam dilaksanakan dengan benar
|
a.
Bersyukur kepada Allah atas
diutusnya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah;
b.
Melaksanakan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari;
|
2.13 Menunjukkan perilaku tekun sebagai implementasi dalam
meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah
|
a.
Melakukan sikap tekun sebagai
wujud meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayah;
b.
Menunjukkan sikap rajin membaca
sebagai wujud meneladani ilmuwan Bani Umayah;
|
3.13 Memahami
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah
|
a.
Menjelaskan kemajuan Islam pada
masa Bani Umayyah;
b.
Menjelaskan perkembangan ilmu
pengetahuan pada masa bani Umayyah;
c.
Menjelaskan perkembangan
kebudayaan pada masa Bani Umayyah.
d.
Menjelaskan penyebab dari
runtuhnya Bani Umayyah;
e.
Menjelaskan hikmah mempelajari
sejarah ilmu pengetahuan Bani Umayyah.
|
4.13 Menyajikan
rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah
|
a.
Mengidentifikasi tokoh, tempat,
peristiwa, dan nilai sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah;
b.
Membuat cerita
bergambar/ensiklopedi mini sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani
Umayah melalui kajian pustaka.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran,
peserta
didik diharapkan dapat:
1. Bersyukur
kepada Allah atas diutusnya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah
dengan benar;
2. Melaksanakan
syariat Islam dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar;
3. Melakukan
sikap tekun sebagai wujud meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayah dengan
benar;
4. Menunjukkan
sikap rajin membaca sebagai waujud meneladani ilmuwan Bani Umayah dengan benar;
5. Menjelaskan
kemajuan Islam pada masa Bani Umayyah dengan benar.
6. Menjelaskan
perkembangan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah dengan benar;
7. Menjelaskan
perkembangan kebudayaan pada masa Bani Umayyah dengan benar;
8. Menjelaskan
penyebab dari runtuhnya Bani Umayyah dengan benar;
9. Menjelaskan
hikmah mempelajari sejarah ilmu pengetahuan Bani Umayyah dengan benar;
Pertemuan
2:
1. Bersyukur
kepada Allah atas diutusnya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah
dengan benar;
2. Melaksanakan
syariat Islam dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar;
3. Melakukan
sikap tekun sebagai wujud meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayah dengan
benar;
4. Menunjukkan
sikap rajin membaca sebagai waujud meneladani ilmuwan Bani Umayah dengan benar;
5. Mengidentifikasi
tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani
Umayah dengan benar;
6. Membuat
cerita bergambar/ensiklopedi mini sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa
Bani Umayah melalui kajian pustaka dengan benar.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Materi
pembelajaran reguler:
a. Kemajuan
Islam pada masa Bani Umayyah.
b. Perkembangan
ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah.
c. Perkembangan
kebudayaan pada masa Bani Umayyah.
d. Penyebab
dari runtuhnya Bani Umayyah.
e. Hikmah
mempelajari sejarah ilmu pengetahuan Bani Umayyah.
2. Materi
pembelajaran pengayaan:
a.
Mengenal tokoh-tokoh ilmuwan masa Bani
Umayah dan karya-karyanya yang masih digunakan sampai sekarang.
3. Materi
pembelajaran remedial:
a. Kemajuan
Islam pada masa Bani Umayyah.
b. Perkembangan
ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah.
c. Perkembangan
kebudayaan pada masa Bani Umayyah.
d. Penyebab
dari runtuhnya Bani Umayyah.
e. Hikmah
mempelajari sejarah ilmu pengetahuan Bani Umayyah.
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Discovery learning; Pembelajaran Berbasis
Proyek
F.
MEDIA
DAN BAHAN
· Media
a. Presentasi Power Point
b.
Video pembelajaran/Film tentang sejarah
perkembangan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah
c.
Laptop/Komputer
d. LCD
Projector
e.
White Board/Black Board
f.
Gunting/ cutter
· Bahan
a.
Pensil/ Spidol.
b.
Kertas
c.
CD/Flash Disk
d.
Bahan-bahan lainnya.
G.
SUMBER
BELAJAR
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 96).
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 73).
3. Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Peserta didik dan guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta didik memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan;
3)
Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan suasana belajar
yang menyenangkan dengan diskusi interaktif tentang tokoh-tokoh ilmuwan masa
Bani Umayah;
5)
Guru meminta siswa mempersiapkan
buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran;
6)
Guru memotivasi siswa belajar siswa
secara kontekstual dengan meminta untuk menyimak penjelasan mengenai manfaat
mempelajari materi pokok meneladani para ilmuwan muslim pada masa Bani Umayah dalam
kehidupan sehari-hari;
7)
Guru menegcek penguasaan awal
kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan siswa tentang sejarah
Bani Umayah;
8)
Guru menjelaskan kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru menyampaikan cakupan materi
pembalajaran;
10)
Guru menejlaskan aktifitas
pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran discovery learning dan
berbasis proyek;
11)
Guru meminta siswa unutk mencatat
lingkup dan tekhnik penilaian yang akan digunakan oleh guru (sikap, pengetahuan
dan keterampilan).
b.
Kegiatan
Inti
Merumuskan pertanyaan
1) Peserta
didik membaca buku teks sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani
Umayah dan buku sumber lain yang ada di perpustakaan sekolah maupun dari
majalah, buletin ataupun lainnya;
2) Guru
membimbing peserta didik dengan mengajukan pertanyaan terkait sejaarah
berdirinya Bani Umayah atau pertanyaan lain yang relevan.
3) Peserta
didik merumuskan permasalahan-permasalahan, misalnya :
a.
Siapakah pendiri
Dinasti Umayah?
b.
Berapa tahun
Dinasti Umayah berkuasa?
c.
Apa saja kemajuan
yang dicapai oleh Dinasti Umayah dalam hal ilmu pengetahuan dan kebudayaan?
4) Perwakilan
peserta didik menuliskan rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika
membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
5) Guru
memandu peserta didik menganalisis pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan
pembelajaran tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah;
6) Peserta
didik merumuskan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
Merencanakan
7) Guru
dan peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan
analisis data dengan cara :
a) Mendiskusikan
kemajuan Islam pada Masa Bani Umayah berdasarkan data dari berbagai sumber;
b) Mendiskusikan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani
Umayah berdasarkan data dari berbagai sumber.
c) Mendiskusikan
perkembangan kebudayaan pada masa Bani Umayah berdasarkan data dari berbagai
sumber.
d) Mendiskusikan
sebab-sebab runtuhnya Bani Umayah berdasarkan data dari berbagai sumber.
Mengumpulkan dan
menganalisis data
8) Peserta
didik mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk
menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
9) Guru
membimbing peserta didik untuk menganalisis data atau informasi yang diperoleh;
10) Guru
membimbing peserta didik untuk melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar
tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan melakukan studi literasi.
Menarik simpulan
11) Melakukan
analisis kemajuan Islam pada masa Bani Umayah, perkembangan ilmu pengetahuan,
kebudayaan dan sebab-sebab runtuhnya Dinasti Umayah dalam bentuk mind maping.
12) Guru
membimbing peserta didik untuk lebih
banyak mengumpulkan data mengenai pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani
Umayah;
13) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di
dinding informasi kelas.
Aplikasi dan Tindak lanjut
14) Guru
dan peserta didik melakukan refleksi terhadap sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan masa Bani Umayah;
15) Mengeksplorasi
pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.
c.
Kegiatan
Penutup
1)
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas
projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran secara demokratis;
3)
Guru memberikan reward kepada
kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
2. Pertemuan
ke dua
a. Kegiatan
Pendahuluan
1)
Peserta didik dan guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta didik memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan;
3)
Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan suasana belajar
yang menyenangkan dengan diskusi interaktif tentang siapa pendiri Dinasti
Umayah;
5)
Guru meminta siswa mempersiapkan
buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran;
6)
Guru memotivasi siswa belajar siswa
secara konstektual dengan meminta untuk menyimak penjelasan mengenai manfaat
mempelajari materi pokok pertumbuhan ilmu pengetahuan Masa Bani Umayah dalam
kehidupan sehari-hari;
7)
Guru menegcek penguasaan awal
kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan siswa tentang pertumbuhan
ilmu pengetahuan mas Bani Umayah;
8)
Guru menjelaskan kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru menyampaikan cakupan materi
pembalajaran untuk pertemuan kedua tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan mas
Bani Umayah;
10) Guru
menejlaskan aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran
berbasis proyek;
11) Guru
meminta siswa unutk mencatat lingkup dan tekhnik penilaian yang akan digunakan
oleh guru (sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b. Kegiatan
Inti
Langkah -1
Penentuan
projek
1) Siswa
mencermati tayangan gambar dan
kisah teladan pada kolom renungan; .
2) Siswa
menanyakan mengemukakan hasil pencermatan gambar dan video;
3) Perancangan
langkah-langkah penyelesaian proyek :
Guru
bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik projek, yaitu membuat cerita
bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan pertumbuhan ilmu pengetahuan
masa Bani Umayah;
Langkah -2
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian projek
4) Guru
memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan
penyelesaian projek beserta pengelolaannya, misalnya dengan mengidentifikasi
tokoh, peristiwa, tempat, dan nilai sejarah dari pertumbuhan ilmu pengetahuan
pada masa Bani Umayah;
Langkah -3
Penyusunan
jadwal pelaksanaan projek
5)
Guru memberikan pendampingan kepada
peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya;
Langkah -4
Penyelesaian
projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
6)
Guru memfasilitasi dan
memonitor peserta didik dalam
melaksanakan rancangan projek pembuatan
cerita bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Bani Umayah;
7) Guru
melakukan monitoring terhadap penyelesaian proyek yang telah dirancang;
Langkah -5
Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
8)
Peserta didik menyusun laporan dan
mempresentasikan hasil karyanya;
9)
Peserta didik mempublikasikan hasil
karya berupa cerita bergambar atau ensiklopedi mini pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Bani Umayah;
Langkah -6
Evaluasi
proses dan hasil projek
10) Guru
dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil tugas projek.
c. Penutup
1)
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas
projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran secara demokratis;
3)
Guru memberikan reward kepada
kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
I.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilianan
a. Penilian
Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi/ jurnal
|
Lamp. 1
|
Saat pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 2
|
Saat pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian antar teman
|
Lembar penilaian antar teman
|
Lamp. 3
|
Setelah pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
b. Penilian
Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi/
Jurnal
|
Lamp. 3
|
Saat pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 4
|
Saat pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembar penilaian antar teman
|
Lamp. 5
|
Setelah pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
c. Penilian
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Tugas
tertulis
|
Lamp. 6
|
Saat dan usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
2
|
Tertulis
|
Soal-soal essay
Soal-soal Pilihan ganda
|
Lamp. 7
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
d. Penilaian
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Produk
|
Soal keterampilan produk
|
Lamp.8
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
2. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
bagi siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum
mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum
mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai
ketuntasan.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa
proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam makanan
dari bahan pangan buah segar yang lain.
Demak, 13 Juli 2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
............................. Pendidikan
Agama Islam
dan
Budi Pekerti,
.................................................... ..............................................
NIP. ........................................... NIP.
.....................................
Lampiran
1: Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk:
1. Pengamatan
sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap
pertemuan.
2. Pengisian
lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang
menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
3. Berikut
format jurnal sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Observasi
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Indikator yang
diamati:
1)
Bersyukur kepada
Allah atas pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah;
2)
Menyenangi
pelaksanaan syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari;
Lampiran
2: Lembar penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah
tanda centang (√)
pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai
dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bersyukur kepada Allah Swt. pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa
Bani Umayah.
|
|
|
2.
|
Saya senang menjalankan syariat Islam.
|
|
|
Keterangan:
a. Penilaian
sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam
satu semester.
b. Penilaian
diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang
hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh
pendidik.
Lampiran
3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah
tanda centang (√)
pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai
dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersyukur
kepada Allah Swt. pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah.
|
|
|
2.
|
Teman saya senang menjalankan
syariat Islam.
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan
sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana teknik penilaian diri,
teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan
pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi
dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.
Lampiran
4: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a. Pengamatan
sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap
pertemuan.
b. Pengisian
jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik
yang positif maupun yang negatif.
c. Berikut
format jurnal sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Lampiran
5: Lembar penilaian diri sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√)
pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai
dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya tekun
dalam belajar sebagai wujud meneladani ilmuwan
pada masa Bani Umayah
|
|
|
2.
|
Saya teliti
dalam berbuat sebagai waujud meneladani ilmuwan
Bani Umayah
|
|
|
Keterangan:
a. Penilaian
sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam
satu semester.
b. Penilaian
diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang
hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh
pendidik.
Lampiran
6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan
yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya tekun dalam belajar sebagai
wujud meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayah
|
|
|
2.
|
Teman saya rajin membaca
dalam berbuat sebagai wujud meneladani ilmuwan
Bani Umayah
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan
sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana teknik penilaian diri,
teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan
karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil
penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
8: Lembar tugas
Petunjuk: Buatlah tabel tentang nama
ilmuwan pada masa Bani Umayah, masa hidupnya, karya-karyanya dan menuliskannya
di buku tugas!
Pedoman penskoran:
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Lengkap
|
100
|
2.
|
Jika nama tokoh lengkap tapi
karya-karya tidak lengkap
|
85
|
3.
|
Tidak lengkap
|
75
|
|
|
|
Lampiran
9: Soal-soal tes tulis
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.
Bagaimana
penyebaran agama Islam pada masa Daulah Umayyah?
2.
Di manakah pusat pemerintahan Daulah Umayyah!
3.
Sebutkan lima khalifah pada masa Bani Umayyah!
4.
Sebutkan 3 tokoh cendikiawan muslim di bidang ilmu
qira’at pada masa Bani Umayyah!
5.
Sebutkan
kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh Bani Umayyah!
Kunci Jawaban:
No.
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Soal No. 1
|
Kemajuannya adalah:
a.
Bani Umayyah telah
berhasil memperluas daerah kekuasaannya sampai ke seluruh penjuru dunia,
seperti Spanyol, Afrika Utara, Suria, Palestina, Semenanjung Arabia, Irak,
sebagian kecil Asia, Persia, Afghanistan, Pakistan, Rukhmenia, Uzbekistan dan
Kirgis.
b.
Islam memberikan
pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat luas. Sikap fanatik yang
dimiliki oleh bangsa Arab sangat efektif dalam membangun negara Islam. Pada
saat itu bangsa Arab merupakan prototipe dari bangsa Islam sendiri.
c.
Telah berkembangnya
ilmu pengetahuan secara pesat sehingga bermunculan tokoh–tokoh ilmu
pengetahuan yang terkenal di dunia Islam
|
0-3
|
2.
|
Soal No. 2
|
Dinasti Bani Umayyah berdiri selama 90 tahun (40 – 132 H / 661
– 750 M) dan didirikan oleh Muariyah bin Abi Sufyan bin Harb bin Umayyah,
dengan Damaskus sebagai pusat pemerintahannya.
|
0-1
|
3.
|
Soal No. 3
|
Khaflah Muawiyah adalah:
a.
Muawiyah bin Abu
Sufyan
b.
Yazid bin Muawiyah
c.
Khalid bin Abdul
malik
d.
Sulaiman bin Abdul
Malik
Umar bin Abdul Aziz
(jawaban dikembangkan sendiri oleh guru)
|
0-2
|
4.
|
Soal No. 4
|
Ibnu Katsir, Ashim, dan Ibnu Amr.
|
0-1
|
5.
|
Soal No. 5
|
Kemajuannya:
a.
Memperluas
wilayahnya sampai seluruh penjuru dunia.
b.
Islam
memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat luas.
c.
Telah
berkembangnya ilmu pengetahuan secara pesat sehingga bermunculan tokoh–tokoh
ilmu pengetahuan yang terkenal di dunia Islam.
|
0-3
|
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Lampiran
10: Instrumen Penilaian keterampilan
Penilaian
kompetensi ketrampilan pada pertemuan kedua ini (merupakan assesment of
learning) menggunakan teknik produk yaitu poster berisi ajakan untuk
menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran.
Instrumen:
a.
Buatlah
cerita bergambar tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah.
b.
Tempelkan
di papan pajang kelas untuk mendapatkan penilaian.
Rubrik Penilaian laporan
No
|
Nama
|
Jumlah Skor
Maksimal (100)
|
Jumlah
|
Unsur artistik
|
Ketepatan tema
|
Kejelasan pesan
|
25
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1. Unsur Artistik
·
Sempurna : Skor 25
·
Cukup
sempurna : Skor 20
·
Kurang
sempurna : Skor 15
·
Tidak
sempurna : Skor 10
2. Ketepatan Tema
·
Tepat : Skor 50
·
Kurang
tepat : Skor 25
·
Tidak
tepat : Skor 10
4. Kejelasan Pesan
·
Mudah
dipahami : Skor 25
·
Cukup
dapat dipahami : Skor 20
Lampiran 11:
Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
remedial.
Sekolah :
SMP ......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VIII/Satu
Materi Remedial :
1. …
2. …
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
KD yang Tidak
Tuntas
|
Bentuk Pembelajaran
Remedial
|
Nilai Hasil
Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
12:
Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran pengayaan.
Sekolah : SMP
......................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pengayaan : 1. …
2. …
Waktu Pengayaan : …
Waktu Ulangan : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH.
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes Pengayaan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
FORMAT LAPORAN PEMBUATAN PRODUK
THEMA:
PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYAH
Nama Kelompok :
Anggota :
Kelas :
Nama Produk :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
a.
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Jenis Produk
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahapan Proses Pembuatan
|
|
|
|
|
|
|
a.
PersiapanAlat dan
Bahan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Teknik Pengolahan
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kerjasama Kelompok
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap Akhir
|
|
|
|
|
|
|
a.
Bentuk Penayangan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Inovasi
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :