RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX QURBAN dan AQIQAH

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 

Sekolah                          : SMPN .............................

Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/ Semester              : IX / 1

Materi Pokok                 : Kurban dan Aqiqah

Alokasi Waktu               : 2 pertemuan (6JP)

A.   Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan  pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.     Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran “Mind Mapp” diharapkan siswa :

1.      Mendeskripkan pengertian kurban dengan benar.

2.      Menjelaskan syarat-syarat penyembelihan hewan dengan benar

3.      Menjelaskan ketentuan hewan kurban dengan benar.

4.      Menjelaskan cara pembagian daging kurban dengan benar

5.      Mendeskripsikan pengertian akikah dengan benar.

6.      Menjelaskan ketentuan hewan akikah dengan benar.

7.      Menjelaskan cara pembagian daging akikah dengan benar.

8.      Mengambil hikmah pelaksanakan akikah dengan benar

 

C.    Kompetensi Dasar dan IPK

Kompetensi Dasar

IPK

1.11 Melaksanakan qurban dan aqiqah

1.11.1 Mendemonstrasikan pelaksanaan qurban

2.11 Menunjukkan perilaku empati dan gemar menolong kaum du’afa sebagai implementasi pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah

2.11.1.Menunjukkan contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai   implementasi dari pemahaman makna ibadah kurban dan akikah dengan benar

3.11 Memahami ketentuan qurban dan aqiqah

3.11.1 Mendeskripkan pengertian kurban dengan benar

3.11.2 Menjelaskan syarat-syarat penyembelihan hewan dengan benar.

3.11.3 Menjelaskan ketentuan hewan kurban dengan benar.

3.11.4 Menjelaskan cara pembagian daging kurban dengan benar

3.11.5  Mendeskripsikan pengertian akikah dengan benar.

3.11. 6 Menjelaskan ketentuan hewan akikah dengan benar.

3.11.7 Menjelaskan cara pembagian daging akikah dengan benar.

3.11.8 Mengambil hikmah pelaksanakan akikah dengan benar.

4.11 Menjalankan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqah di lingkungan sekitar rumah

4.11.1 Mempraktikkan pelaksanaan ibadah kurban dan akikah di lingkungan sekitar rumah  dengan benar.

 

D.    Materi Pembelajaran

1.    Pertemuan ke-1

a.  ketentuan Akikah

2.    Pertemuan ke-2

a.    Ketentuan Kurban

 

E.     Metode Pembelajaran

Metode Mind Mapp

 

F.     Media Pembelajaran

a.    Media/alat

                       a.          Video Pembelajaran

                       b.          Komputer

                       c.          LCD Projector

b.   Bahan

Lembar Aktifitas Siswa

 

G.    Sumber Belajar

Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI Tahun 2006

1.    Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.    Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3.    Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX. Jakarta: ESIS Erlangga.

 

 

H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.      Pertemuan 1

                       a.     Pendahuluan  (10 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam

2)        Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

3)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)        Guru melakukan appersepsi denganlajaran  menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang qurban dan aqiqah

5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

6)         Guru memberikan tausiyah tentang pentingnya memahami qurban dan akikah

7)        Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.

8)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)

1.      Mengamati:

a)      Guru memperlihatkan video pelaksanaan akikah

b)      Guru membagikan 4 kertas plano ukuran sedang kepada masing-masing kelompok.

2.         Menanya:

a)      Setelah mengamati video peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya.

b)      Masing-masing kelompok memilih  pertanyaan yang sesuai dengan sub tema kelompoknya.

c)      Peserta didik menyiapkan flano untuk melakukan kegiatan eksplorasi dengan mencari jawaban terhadap pertanyaan.

2)      Eksplorasi

a)        Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan gambar yang diterima kelompoknya.

b)        Setelah berdiskusi, masing-masing kelompok membuat produk berupa poster terkait materi yang telah didiskusikan sebagai bahan jual beli informasi dengan ketentuan:

Ø Kelompok 1 membuat mind mapp tentang: pengertian dan dalil akikah

Ø Kelompok 2 membuat mind mapp tentang: waktu pelaksanaan akikah

Ø Kelompok 3 membuat mind mapp tentang: tata cara pelaksanaan akikah

Ø Kelompok 4 membuat mind mapp tentang : hikmah akikah

3)      Asosiasi:

a)      Masing-masing kelompok menentukan satu anggota yang akan tinggal  sebagai penjual dan anggota lain akan berbelanja untuk mendapatkan informasi.

b)      Anggota yang bertugas menjadi penjual akan menjelaskan posternya kepada pengunjung/pembeli.

c)      Anggota yang mendapat tugas berbelanja ke “toko lain” berkeliling mengunjungi kelompok untuk berbelanja informasi dengan mencatat keterangan dari penjual.

d)     Setelah usai berbelanja, siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk mengajarkan hasil berbelanja kepada penunggu “toko” dan saling meneliti antar anggota kelompok.

4)    Komunikasikan:

a)    Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

b)   Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

                       c.     Penutup (20 menit)

                                     1)     Guru memberikan penguatan materi tentang tatacara penyembelihan hewan.

                                     2)     Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang dibahas.

                                     3)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     4)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     5)     Guru memberikan reward kepada penjual, pembeli dan poster terbaik.

                                     6)     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     7)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     8)     Guru dan peserta didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran hari ini.

                                     9)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.

2.      Pertemuan 2

a. Pendahuluan  (10 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam

2)        Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

3)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)        Guru melakukan appersepsi denganlajaran  menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang qurban dan aqiqah

5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

6)        Guru memberikan tausiyah tentang pentingnya memahami qurban dan akikah

7)        Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.

8)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

b. Kegiatan inti (90 menit)

1)   Mengamati:

a)    Guru memperlihatkan video pelaksanaan akikah

b)   Guru membagikan 4 kertas plano ukuran sedang kepada masing-masing kelompok.

2)   Menanya:

a)    Setelah mengamati video peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya.

b)   Masing-masing kelompok memilih  pertanyaan yang sesuai dengan sub tema kelompoknya.

c)    Peserta didik menyiapkan flano untuk melakukan kegiatan eksplorasi dengan mencari jawaban terhadap pertanyaan.

3)   Eksplorasi

a)        Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan gambar yang diterima kelompoknya.

b)        Setelah berdiskusi, masing-masing kelompok membuat produk berupa mind mapp terkait materi yang telah didiskusikan sebagai bahan jual beli informasi dengan ketentuan:

Ø  Kelompok 1 membuat mind mapp tentang: pengertian dan dalil kurban

Ø  Kelompok 2 membuat mind mapp tentang: waktu pelaksanaan kurban

Ø  Kelompok 3 membuat mind mapp tentang: tata cara pelaksanaan kurban

Ø  Kelompok 4 membuat mind mapp tentang : hikmah kurban

4)   Asosiasi:

a)    Masing-masing kelompok menentukan satu anggota yang akan tinggal  sebagai penjual dan anggota lain akan berbelanja untuk mendapatkan informasi.

b)   Anggota yang bertugas menjadi penjual akan menjelaskan posternya kepada pengunjung/pembeli.

c)    Anggota yang mendapat tugas berbelanja ke “toko lain” berkeliling mengunjungi kelompok untuk berbelanja informasi dengan mencatat keterangan dari penjual.

d)   Setelah usai berbelanja, siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk mengajarkan hasil berbelanja kepada penunggu “toko” dan saling meneliti antar anggota kelompok.

5)   Komunikasikan:

a)    Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

b)   Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

c. Penutup (20 menit)

                                              1)   Guru memberikan penguatan materi tentang tatacara penyembelihan hewan.

                                              2)   Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang dibahas.

                                              3)   Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                              4)   Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                              5)   Guru memberikan reward kepada penjual, pembeli dan poster terbaik.

                                              6)   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                              7)   Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                              8)   Guru dan peserta didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran hari ini.

                                              9)   Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.

3.      Penilaian, Remedial dan Pengayaan

1)      Penilaian

a.    Teknik Penilaian:

1)        Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal

2)        Aspek Pengetahuan: Tes tertulis

3)        Aspek Ketrampilan: proyek dan  portopolio

b.    Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :

1)        Pertemuan pertama

 

a)    Pengetahuan

 

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan

Jelaskan pengertian penyembelihan hewan

2.

Menyebutkan alat-alat penyembelihan hewan

Sebutkan alat-alat penyembelihan hewan

3.

Menyebutkan hewan-hewan yang boleh disembelih

Sebutkan nama hewan-hewan yang boleh disembelih

4.

Menyebutkan hewan-hewan yang tidak boleh disembelih

Sebutkan nama hewan-hewan yang tidak boleh disembelih

5.

Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan

Jelaskan tatacara penyembelihan hewan

 

Pedoman perskoran

No

Kunci

Skor

1.

Penyembelihan adalah memotong urat nadi, saluran pernafasan, dan saluran makanan pada hewan

20

2.

Alat yang dibuat dari besi, baja, bambu atau alat apa saja yang tajam kecuali gigi, kuku dan tulang.

20

3.

Sapi, kerbau, kambing dan binatang ternak lain yang halal

20

4.

Babi, dan binatang yang haram

20

5.

Tatacara penyembelihan ada dua yaitu penyembelihan secara tradisonal dan mekanik

20

 

Jumlah Skor

100

b)   Sikap

         (Terlampir)

c)    Ketrampilan

         (Terlampir)

2)      Pengayaan

 Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan tentang tatacara 

 penyembelihan hewan. (Soal terlampir ).

3)      Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan dan dilakukan penilaian  kembali tentang tatacara penyembelihan hewan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang    sekolah. ( Soal terlampir ).

                   

  2.Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :

a) Pertemuan kedua

a.              Pengetahuan

 

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian akikah

Jelaskan pengertian akikah

2.

Menyebutkan hewan yang digunakan untuk akikah

Sebutkan hewan yang digunakan untuk akikah

3.

Menjelaskan pembagian daging akikah

Jelaskan pembagian daging akikah

4.

Menyebutkan syarat hewan akikah

Sebutkan syarat hewan akikah

5.

Menjelaskan tatacara akikah

Jelaskan tatacara akikah

 

Pedoman perskoran

No

Kunci

skor

1.

Akikah secara bahasa artinya memutus atau melubangi. Secara syariat makna akikah adalah menyembelih kambing/domba sebagai tanda syukur kepada Allah Swt. atas lahirnya anak, baik laki-laki atau perempuan.

 

20

2.

hewan yang digunakan untuk akikah adalah kambing/domba.

20

3.

daging akikah diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak.

20

4.

1. kambing/domba itu harus dalam keadaan sehat, tidak kurus, dan tidak cacat, serta

2. kambing/domba itu sudah berumur satu tahun lebih (sudah pernah berganti gigi).

20

5.

Untuk anak laki-laki sebanyak 2 ekor kambing/ domba dan untuk anak perempuan satu ekor kambing/domba

20

 

Jumlah Skor

100

 

2.    Sikap

         (Terlampir)

3.    Ketrampilan

         (Terlampir)

b.        Pengayaan

            Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan tentang

            ketentuan akikah. (Soal terlampir ).

c.         Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan dan dilakukan penilaian  kembali tentang ketentuan akikah yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang    sekolah. ( Soal terlampir ).

 

 

 

                                                                                                Demak,  ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

......................................                                                          ....................................

NIP. .............................                                                          NIP. ...................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                  

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Peserta didik

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Menunjukkan contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah kurban dan akikah dengan benar dalam kehidupan sehari-hari

Teknik Penilaian

:

Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal

Penilai

:

Guru, diri sendiri, antar peserta didik

Rubrik penilaian

:

 

a.    Observasi

Tanggal Pengamatan         :  ..............................

Sikap yang dinilai : 

b. Observasi

No

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

1.

Menyembelih hewan dengan niat karena Allah Swt.

 

 

 

 

2.

Menyembelih dengan membaca basmalah, salawat, dan takbir.

 

 

 

 

3.

Menyembelih hewan menghadap kiblat dengan menggulingkannya.

 

 

 

 

4.

Menyembelih hewan di leher dengan me mutuskan saluran nafas dan urat nadinya.

 

 

 

 

5

Menyembelih hewan dengan alat yang tajam.

 

 

 

 

6.

Mensyukuri nikmat dengan menyembelih hewan kurban /akikah.

 

 

 

 

7.

Membagikan daging kurban/akikah kepada faqir miskin.

 

 

 

 

8.

Mempererat tali persaudaraan.

 

 

 

 

9.

Memperdulikan orang yang sedang susah.

 

 

 

 

10.

Membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan.

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

Keterangan

 

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

               .................................................................................................

               .................................................................................................

               .................................................................................................

..........,..................................

Observer

 

 

 

 (...........................................)

 

 

 

 

b.    Penilaian Diri

Sikap yang dinilai   :  .

No.

Pernyataan

Skor

4

3

2

1

1.

Saya menyembelih hewan dengan niat karena Allah Swt.

 

 

 

 

2.

Saya menyembelih dengan membaca basmalah, salawat, dan takbir.

 

 

 

 

3.

Saya menyembelih hewan menghadap kiblat dengan menggulingkannya.

 

 

 

 

4.

Saya menyembelih hewan di leher dengan me mutuskan saluran nafas dan urat nadinya.

 

 

 

 

5.

Saya menyembelih hewan dengan alat yang tajam.

 

 

 

 

6.

Saya yakin bahwa kurban adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

 

 

 

7.

Saya yakin bahwa akikah adalah sebagai tanda rasa syukur kepada Allah Swt.

 

 

 

 

8.

Ayah dan ibu saya melaksanakan kurban setiap tahunnya secara bergantian.

 

 

 

 

9.

Saya ikut berpartisipasi dalam pelaksanakan kurban di kampung.

 

 

 

 

10.

Saya ikut serta dalam membagikan daging kurban kepada warga.

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

Keterangan

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya sendiri. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

              

.................................................................................................

               .................................................................................................

 

 

..........,..................................

Observer

 

 

 

 (...........................................)

 

 

 

 

c.    Penilaian Antar Peserta Didik

Nama Pesrta didik                         :

Sikap Spiritual yang diamati         :  Sikap memahami tatacara penyembelihan hewan

No

Aspek Pengamatan

Skor

4

3

2

1

1.

Menyembelih hewan dengan niat karena Allah Swt.

 

 

 

 

2.

Menyembelih dengan membaca basmalah, salawat, dan takbir.

 

 

 

 

3.

Menyembelih hewan menghadap kiblat dengan menggulingkannya.

 

 

 

 

4.

Menyembelih hewan di leher dengan me mutuskan saluran nafas dan urat nadinya.

 

 

 

 

5.

Menyembelih hewan dengan alat yang tajam.

 

 

 

 

6.

Mensukuri nikmat dengan berkurban.

 

 

 

 

7.

Membagikan daging kurban/akikah kepada faqir miskin.

 

 

 

 

8.

Mempererat tali persaudaraan.

 

 

 

 

9.

Memperdulikan orang yang sedang susah.

 

 

 

 

10.

Membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan.

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

Petunjuk:   

Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:

4 =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan

1=   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

              

.................................................................................................

..........,..................................

 

  (...........................................)

 

 

 

d.    Jurnal

Nama Peserta Didik :

Aspek yang diamati :

No.

Hari/Tanggal

Kejadian

Nilai

 

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

Jumlah nilai

 

Keterangan

Kriteria

Nilai

 

 

A (Sangat Baik) = Jika peserta didik mendapatkan skor  86 – 100

B (Baik) = Jika peserta didik mendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika  peserta didik mendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didik mendapatkan skor < 65

Catatan: ................................................................................................

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

  (...........................................)

 

Lampiran 2     : Penilaian ketrampilan

Nama

:

.........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

 

Teknik Penilaian

:

Proyek

Penilai

:

Guru

Rubrik penilaian

:

 

 

Penilaian Proyek

Membuat Poster: 

a.    Soal: Buatlah sebuah poster tentang:

1)      Alat-alat penyembelihan hewan

2)      Hewan-hewan yang boleh disembelih

3)      Hewan-hewan yang tidak boleh disembelih.

4)      Tatacara penyembelihan hewan

b.    Penilaian:

Nama Kelompok: ........................................

Anggota: .......................................

Kelas: ................

No.

Aspek

Skor (1-5)

5

4

3

2

1

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

a.       Konsep

 

 

 

 

 

b.      Ide dasar

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan

 

 

 

 

 

a.       Artistik Desain

 

 

 

 

 

b.      Inovasi kreatif desain.

 

 

 

 

 

c.       Kesesuaian karya dengan tema

 

 

 

 

 

d.      kedalaman eksplorasi tema

 

 

 

 

 

e.       komunikatif dalam penyampaian pesan

 

 

 

 

 

3

Laporan Proyek

 

 

 

 

 

a.                    Performans

 

 

 

 

 

b.                  Presentasi/Penguasaan

 

 

 

 

 

 

Total Skor

 

Keterangan

Nilai

Keterangan penilaian:

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik               

3 = cukup baik

4 = Baik

5 = Sangat baik

Catatan:........................................................................................

......................................................................................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

  (...........................................)

 

Lampiran 3 :Soal Pengayaan

Materi Pengayaan:

Contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong kaum duafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah kurban dan akikah dalam kehidupan sehari-hari:

a.    Kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, apabila ada teman sakit maka kitapun merasakan sakit, apabila ada teman yang gembira maka kitapun merasakan kegembiraan tersebut, ikut merasakan sakit apabila ada saudara kita yang terkena musibah bencana alam.

                  b.     Kita mampu menempatkan diri sebagai orang lain yang mengalami musibah.

                  c.      Berlatih untuk mengorbankan harta yang paling dicintainya untuk membantu orang yang membutuhkan.

                  d.      Berlatih untuk selalu membahagiakan orang lain.

                  e.      Membantu mereka yang membutuhkan bantuan, mengatasi penderitaan dan kesulitan yang dihadapi orang lain.

                   f.      Kita dapat membangkitkan rasa kasihan dan iba pada diri kita dan orang lain.

                  g.      Menjadikan dirinya sebagai orangtua asuh bagi anak yatim dan orang-orang miskin. (bisa dikembangkan sendiri oleh guru disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada).

 

Lampiran 4. Soal Remedial

Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali materi tentang “Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat” dan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.