RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX QURBAN dan AQIQAH
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMPN .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : IX / 1
Materi Pokok
: Kurban dan Aqiqah
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (6JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
- Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui model
pembelajaran “Mind Mapp” diharapkan siswa :
1.
Mendeskripkan
pengertian kurban dengan benar.
2.
Menjelaskan syarat-syarat
penyembelihan hewan dengan benar
3.
Menjelaskan
ketentuan hewan kurban dengan benar.
4.
Menjelaskan cara pembagian daging
kurban dengan benar
5.
Mendeskripsikan
pengertian akikah dengan benar.
6.
Menjelaskan
ketentuan hewan akikah dengan benar.
7.
Menjelaskan
cara pembagian daging akikah dengan benar.
8.
Mengambil
hikmah pelaksanakan akikah dengan benar
C.
Kompetensi Dasar dan
IPK
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
1.11 Melaksanakan qurban dan aqiqah
|
1.11.1 Mendemonstrasikan pelaksanaan qurban
|
2.11 Menunjukkan perilaku empati dan gemar menolong kaum
du’afa sebagai implementasi pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
|
2.11.1.Menunjukkan
contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah
kurban dan akikah dengan benar
|
3.11 Memahami ketentuan qurban dan aqiqah
|
3.11.1 Mendeskripkan
pengertian kurban dengan benar
3.11.2 Menjelaskan
syarat-syarat penyembelihan hewan dengan benar.
3.11.3 Menjelaskan
ketentuan hewan kurban dengan benar.
3.11.4 Menjelaskan cara pembagian daging kurban
dengan benar
3.11.5 Mendeskripsikan pengertian akikah dengan
benar.
3.11. 6 Menjelaskan
ketentuan hewan akikah dengan benar.
3.11.7 Menjelaskan cara
pembagian daging akikah dengan benar.
3.11.8 Mengambil hikmah
pelaksanakan akikah dengan benar.
|
4.11 Menjalankan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqah di
lingkungan sekitar rumah
|
4.11.1 Mempraktikkan
pelaksanaan ibadah kurban dan akikah di lingkungan sekitar rumah dengan benar.
|
D.
Materi Pembelajaran
1. Pertemuan
ke-1
a. ketentuan Akikah
2. Pertemuan
ke-2
a. Ketentuan Kurban
E. Metode Pembelajaran
Metode Mind Mapp
F. Media Pembelajaran
a.
Media/alat
a.
Video Pembelajaran
b.
Komputer
c.
LCD Projector
b.
Bahan
Lembar Aktifitas
Siswa
G. Sumber Belajar
Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen
Agama RI Tahun 2006
1.
Mustahdi dan Sumiyati.
2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
2.
Mustahdi dan Sumiyati.
2013. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
3.
Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX. Jakarta: ESIS Erlangga.
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi denganlajaran menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang qurban dan aqiqah
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentang pentingnya memahami
qurban dan akikah
7)
Peserta
didik dibagi menjadi empat
kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
8)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1.
Mengamati:
a)
Guru memperlihatkan video
pelaksanaan akikah
b)
Guru membagikan 4 kertas plano ukuran
sedang kepada masing-masing kelompok.
2.
Menanya:
a)
Setelah mengamati video
peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya.
b)
Masing-masing kelompok memilih pertanyaan yang sesuai dengan sub tema
kelompoknya.
c)
Peserta didik menyiapkan
flano untuk melakukan kegiatan eksplorasi dengan mencari jawaban terhadap pertanyaan.
2)
Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok diberikan
tugas untuk berdiskusi sesuai dengan gambar yang diterima kelompoknya.
b)
Setelah berdiskusi, masing-masing
kelompok membuat produk berupa poster terkait materi yang telah didiskusikan
sebagai bahan jual beli informasi dengan ketentuan:
Ø
Kelompok 1 membuat mind
mapp tentang: pengertian dan dalil akikah
Ø Kelompok 2 membuat mind mapp tentang: waktu pelaksanaan akikah
Ø
Kelompok 3 membuat mind
mapp tentang: tata cara pelaksanaan akikah
Ø
Kelompok 4 membuat mind
mapp tentang : hikmah akikah
3)
Asosiasi:
a)
Masing-masing kelompok menentukan
satu anggota yang akan tinggal sebagai
penjual dan anggota lain akan berbelanja untuk mendapatkan informasi.
b)
Anggota yang bertugas menjadi
penjual akan menjelaskan posternya
kepada pengunjung/pembeli.
c)
Anggota yang mendapat tugas
berbelanja ke “toko lain” berkeliling mengunjungi
kelompok untuk berbelanja informasi dengan mencatat keterangan dari penjual.
d)
Setelah usai berbelanja,
siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk mengajarkan hasil berbelanja kepada penunggu “toko” dan saling meneliti
antar anggota kelompok.
4)
Komunikasikan:
a)
Secara bergantian
masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya.
b)
Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan
tanggapan.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang tatacara penyembelihan hewan.
2) Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post test
terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward
kepada penjual, pembeli dan poster terbaik.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan tugas mandiri
kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik mengungkapkan pesan moral yang
diperoleh dari pembelajaran hari ini.
9) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan
berdoa dan salam.
2.
Pertemuan 2
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi denganlajaran menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang qurban dan aqiqah
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentang pentingnya memahami
qurban dan akikah
7)
Peserta
didik dibagi menjadi empat
kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
8)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (90 menit)
1)
Mengamati:
a)
Guru memperlihatkan video
pelaksanaan akikah
b)
Guru membagikan 4 kertas plano ukuran
sedang kepada masing-masing kelompok.
2) Menanya:
a)
Setelah mengamati video peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya.
b) Masing-masing kelompok memilih pertanyaan yang sesuai dengan sub tema
kelompoknya.
c) Peserta didik menyiapkan flano untuk melakukan kegiatan
eksplorasi dengan mencari jawaban terhadap pertanyaan.
3)
Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok diberikan
tugas untuk berdiskusi sesuai dengan gambar yang diterima kelompoknya.
b)
Setelah berdiskusi, masing-masing
kelompok membuat produk berupa mind mapp terkait materi yang telah didiskusikan
sebagai bahan jual beli informasi dengan ketentuan:
Ø Kelompok 1 membuat mind mapp tentang: pengertian dan dalil
kurban
Ø Kelompok 2 membuat mind mapp tentang: waktu pelaksanaan kurban
Ø
Kelompok 3 membuat mind
mapp tentang: tata cara pelaksanaan kurban
Ø
Kelompok 4 membuat mind
mapp tentang : hikmah kurban
4)
Asosiasi:
a)
Masing-masing kelompok
menentukan satu anggota yang akan tinggal
sebagai penjual dan anggota lain akan berbelanja untuk mendapatkan
informasi.
b)
Anggota yang bertugas
menjadi penjual akan menjelaskan
posternya kepada pengunjung/pembeli.
c)
Anggota yang mendapat tugas
berbelanja ke “toko lain” berkeliling mengunjungi
kelompok untuk berbelanja informasi dengan mencatat keterangan dari
penjual.
d)
Setelah usai berbelanja,
siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk mengajarkan hasil berbelanja kepada penunggu “toko” dan saling
meneliti antar anggota kelompok.
5)
Komunikasikan:
a)
Secara bergantian
masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya.
b)
Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan
tanggapan.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang tatacara penyembelihan hewan.
2) Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post test
terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward
kepada penjual, pembeli dan poster terbaik.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
7) Guru memberikan tugas mandiri
kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik mengungkapkan pesan moral yang
diperoleh dari pembelajaran hari ini.
9) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan
berdoa dan salam.
3.
Penilaian, Remedial dan
Pengayaan
1)
Penilaian
a.
Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap : Observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal
2)
Aspek Pengetahuan: Tes tertulis
3)
Aspek Ketrampilan: proyek dan portopolio
b.
Instrumen penilaian dan pedoman
perskoran :
1)
Pertemuan pertama
a) Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian penyembelihan
hewan
|
Jelaskan pengertian penyembelihan
hewan
|
2.
|
Menyebutkan alat-alat
penyembelihan hewan
|
Sebutkan alat-alat penyembelihan
hewan
|
3.
|
Menyebutkan hewan-hewan yang boleh
disembelih
|
Sebutkan nama hewan-hewan yang
boleh disembelih
|
4.
|
Menyebutkan hewan-hewan yang tidak
boleh disembelih
|
Sebutkan nama hewan-hewan yang
tidak boleh disembelih
|
5.
|
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
|
Jelaskan tatacara penyembelihan hewan
|
Pedoman
perskoran
No
|
Kunci
|
Skor
|
1.
|
Penyembelihan
adalah memotong urat nadi, saluran pernafasan, dan saluran makanan pada hewan
|
20
|
2.
|
Alat
yang dibuat dari besi, baja, bambu atau alat apa saja yang tajam kecuali gigi,
kuku dan tulang.
|
20
|
3.
|
Sapi,
kerbau, kambing dan binatang ternak lain yang halal
|
20
|
4.
|
Babi,
dan binatang yang haram
|
20
|
5.
|
Tatacara
penyembelihan ada dua yaitu penyembelihan secara tradisonal dan mekanik
|
20
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
b)
Sikap
(Terlampir)
c)
Ketrampilan
(Terlampir)
2)
Pengayaan
Peserta didik yang sudah
menguasai materi mengerjakan soal pengayaan tentang
tatacara
penyembelihan hewan. (Soal terlampir ).
3)
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi
akan dijelaskan dan dilakukan penilaian kembali tentang tatacara penyembelihan hewan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah
pulang sekolah. ( Soal terlampir ).
2.Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
a) Pertemuan kedua
a.
Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian akikah
|
Jelaskan pengertian akikah
|
2.
|
Menyebutkan hewan yang digunakan
untuk akikah
|
Sebutkan hewan yang digunakan
untuk akikah
|
3.
|
Menjelaskan pembagian daging
akikah
|
Jelaskan pembagian daging akikah
|
4.
|
Menyebutkan syarat hewan akikah
|
Sebutkan syarat hewan akikah
|
5.
|
Menjelaskan tatacara akikah
|
Jelaskan tatacara akikah
|
Pedoman
perskoran
No
|
Kunci
|
skor
|
1.
|
Akikah
secara bahasa artinya memutus atau melubangi. Secara syariat makna akikah
adalah menyembelih kambing/domba sebagai tanda syukur kepada Allah Swt. atas
lahirnya anak, baik laki-laki atau perempuan.
|
20
|
2.
|
hewan
yang digunakan untuk akikah adalah kambing/domba.
|
20
|
3.
|
daging
akikah diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak.
|
20
|
4.
|
1.
kambing/domba itu harus dalam keadaan sehat, tidak kurus, dan tidak cacat,
serta
2.
kambing/domba itu sudah berumur satu tahun lebih (sudah pernah berganti
gigi).
|
20
|
5.
|
Untuk
anak laki-laki sebanyak 2 ekor kambing/ domba dan untuk anak perempuan satu
ekor kambing/domba
|
20
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
2.
Sikap
(Terlampir)
3.
Ketrampilan
(Terlampir)
b.
Pengayaan
Peserta didik yang sudah
menguasai materi mengerjakan soal pengayaan tentang
ketentuan akikah. (Soal terlampir ).
c.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi
akan dijelaskan dan dilakukan penilaian kembali tentang ketentuan akikah yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang sekolah. ( Soal terlampir ).
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP.
............................. NIP.
...................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Menunjukkan
contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai
implementasi dari pemahaman makna ibadah kurban dan akikah dengan benar dalam
kehidupan sehari-hari
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Observasi,
penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal
|
Penilai
|
:
|
Guru,
diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
a. Observasi
Tanggal
Pengamatan : ..............................
Sikap
yang dinilai :
b. Observasi
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Menyembelih hewan
dengan niat karena Allah Swt.
|
|
|
|
|
2.
|
Menyembelih dengan
membaca basmalah, salawat, dan takbir.
|
|
|
|
|
3.
|
Menyembelih hewan
menghadap kiblat dengan menggulingkannya.
|
|
|
|
|
4.
|
Menyembelih hewan
di leher dengan me mutuskan saluran nafas dan urat nadinya.
|
|
|
|
|
5
|
Menyembelih hewan
dengan alat yang tajam.
|
|
|
|
|
6.
|
Mensyukuri nikmat
dengan menyembelih hewan kurban /akikah.
|
|
|
|
|
7.
|
Membagikan daging
kurban/akikah kepada faqir miskin.
|
|
|
|
|
8.
|
Mempererat tali
persaudaraan.
|
|
|
|
|
9.
|
Memperdulikan orang
yang sedang susah.
|
|
|
|
|
10.
|
Membantu orang lain
yang sedang membutuhkan pertolongan.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Keterangan
|
|
Nilai
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
|
Nilai
akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Diri
Sikap yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Saya menyembelih hewan
dengan niat karena Allah Swt.
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menyembelih dengan
membaca basmalah, salawat, dan takbir.
|
|
|
|
|
3.
|
Saya menyembelih hewan
menghadap kiblat dengan menggulingkannya.
|
|
|
|
|
4.
|
Saya menyembelih hewan di
leher dengan me mutuskan saluran nafas dan urat nadinya.
|
|
|
|
|
5.
|
Saya menyembelih hewan
dengan alat yang tajam.
|
|
|
|
|
6.
|
Saya yakin bahwa kurban
adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.
|
|
|
|
|
7.
|
Saya yakin bahwa akikah
adalah sebagai tanda rasa syukur kepada Allah Swt.
|
|
|
|
|
8.
|
Ayah dan ibu saya
melaksanakan kurban setiap tahunnya secara bergantian.
|
|
|
|
|
9.
|
Saya ikut berpartisipasi
dalam pelaksanakan kurban di kampung.
|
|
|
|
|
10.
|
Saya ikut serta dalam
membagikan daging kurban kepada warga.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya sendiri. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
|
Nilai
akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
|
|
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Antar Peserta Didik
Nama
Pesrta didik :
Sikap Spiritual yang diamati : Sikap memahami tatacara penyembelihan hewan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Menyembelih hewan dengan
niat karena Allah Swt.
|
|
|
|
|
2.
|
Menyembelih dengan membaca
basmalah, salawat, dan takbir.
|
|
|
|
|
3.
|
Menyembelih hewan
menghadap kiblat dengan menggulingkannya.
|
|
|
|
|
4.
|
Menyembelih hewan di leher
dengan me mutuskan saluran nafas dan urat nadinya.
|
|
|
|
|
5.
|
Menyembelih hewan dengan
alat yang tajam.
|
|
|
|
|
6.
|
Mensukuri nikmat dengan
berkurban.
|
|
|
|
|
7.
|
Membagikan daging
kurban/akikah kepada faqir miskin.
|
|
|
|
|
8.
|
Mempererat tali
persaudaraan.
|
|
|
|
|
9.
|
Memperdulikan orang yang
sedang susah.
|
|
|
|
|
10.
|
Membantu orang lain yang
sedang membutuhkan pertolongan.
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
Petunjuk:
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
Nilai
akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
|
..........,..................................
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Jurnal
Nama
Peserta Didik :
Aspek
yang diamati :
No.
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Jumlah
nilai
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
|
A
(Sangat Baik) = Jika peserta didik mendapatkan skor 86 – 100
B
(Baik) = Jika peserta didik mendapatkan skor 76-85
C
(Cukup) = Jika peserta didik mendapatkan
skor 66-75
D
(Kurang) = Jika peserta didik mendapatkan skor < 65
|
|
Catatan:
................................................................................................
|
..........,..................................
Guru
Mata Pelajaran PAI
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2 : Penilaian ketrampilan
Nama
|
:
|
.........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Proyek
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
Penilaian Proyek
Membuat
Poster:
a.
Soal: Buatlah sebuah poster tentang:
1)
Alat-alat penyembelihan hewan
2)
Hewan-hewan yang boleh disembelih
3)
Hewan-hewan yang tidak boleh disembelih.
4)
Tatacara penyembelihan hewan
b.
Penilaian:
Nama
Kelompok: ........................................
Anggota:
.......................................
Kelas:
................
No.
|
Aspek
|
Skor
(1-5)
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Konsep
|
|
|
|
|
|
b.
Ide dasar
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Artistik Desain
|
|
|
|
|
|
b.
Inovasi kreatif desain.
|
|
|
|
|
|
c.
Kesesuaian karya dengan tema
|
|
|
|
|
|
d.
kedalaman eksplorasi tema
|
|
|
|
|
|
e.
komunikatif dalam penyampaian pesan
|
|
|
|
|
|
3
|
Laporan
Proyek
|
|
|
|
|
|
a.
Performans
|
|
|
|
|
|
b.
Presentasi/Penguasaan
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Keterangan
penilaian:
1 = sangat
tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = Baik
5 = Sangat
baik
|
|
Catatan:........................................................................................
......................................................................................................
|
Guru
Mata Pelajaran PAI
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3 :Soal Pengayaan
Materi Pengayaan:
Contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong kaum duafa
sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah kurban dan akikah dalam
kehidupan sehari-hari:
a. Kita dapat merasakan
apa yang dirasakan oleh orang lain, apabila ada teman sakit maka kitapun
merasakan sakit, apabila ada teman yang gembira maka kitapun merasakan
kegembiraan tersebut, ikut merasakan sakit apabila ada saudara kita yang
terkena musibah bencana alam.
b. Kita mampu
menempatkan diri sebagai orang lain yang mengalami musibah.
c.
Berlatih untuk mengorbankan harta yang paling dicintainya
untuk membantu orang yang membutuhkan.
d.
Berlatih untuk selalu membahagiakan orang lain.
e.
Membantu mereka yang membutuhkan bantuan, mengatasi
penderitaan dan kesulitan yang dihadapi orang lain.
f.
Kita dapat membangkitkan rasa kasihan dan iba pada diri
kita dan orang lain.
g.
Menjadikan dirinya sebagai orangtua asuh bagi anak yatim
dan orang-orang miskin. (bisa dikembangkan sendiri oleh guru disesuaikan dengan
situasi dan kondisi yang ada).
Lampiran 4. Soal Remedial
Bagi peserta didik
yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali materi tentang “Akikah
dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat” dan melakukan penilaian kembali dengan
soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang
disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu
atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.