RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX BERBAKTI KEPADA ORANG TUA dan GURU

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) 04

Sekolah                          : SMP Negeri .............................

Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/ Semester              : IX/1

Materi Pokok                 : Berbakti dan Taat kepada Orangtua dan Guru

Alokasi Waktu               : 2 pertemuan (6 JP)

A.   Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan  pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Tujuan Pembelajaran

Melalui Metode pembelajaran “Produk Based learning” peserta didik mampu :

1.      Menjelaskan pengertian hormat kepada orangtua  dengan benar.

2.      Menyebutkan dalil naqli dari Al-Quran tentang perintah hormat kepada orangtua   

3.      Menjelaskan pengertian taat pada orangtua.

4.      Menyebutkan dalil naqli dari Al-Hadits tentang perintah taat pada orang tua

5.      Menunjukkan contoh-contoh perilaku taat pada orangtua dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

 

C.    KOMPETENSI DASAR

1.4  :

2.4  : Menghargai perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai

implementasi dari pemahaman Q.S. al- Isro/17: 23 dan Q.S. Luqman/31: 14 dan hadis terkait.

3.4  : Memahami Q.S. al- Isro/17: 23 dan Q.S. Luqman/31: 14 dan hadis terkait tentang perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru.

4.4 :Menyajikan contoh perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Isro/17: 23 dan Q.S. Luqman/31: 14dan hadis terkait.

 

D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Peserta didik mampu:

3.4.1.  Menjelaskan pengertian hormat kepada orangtua  dengan benar.

3.4.2.  Menyebutkan dalil naqli dari Al-Quran tentang perintah hormat kepada orangtua   

3.4.3   Menjelaskan pengertian taat pada orangtua.

3.4.4   Menyebutkan dalil naqli dari Al-Hadits tentang perintah taat pada orang tua

3.4.5   Menunjukkan contoh-contoh perilaku taat pada orangtua dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

E.     Materi Pembelajaran

1.    Pertemuan ke-1

a.    Pengertian hormat  kepada kedua orang tua.

b.    Dalil perintah hormat kepada orang tua : Qs. Al-Isra’ ayat 23

c.    Pengertian taat kepada orang tua

d.   Dalil perintah hormat kepada orang tua : Hadits Rasulullah Saw

e.    Contoh-contoh perilaku hormat dan taat pada orangtua dalam kehidupan sehari-hari

 

F.     Metode Pembelajaran

Menggunakan “Produk Based Learning” membuat poster dengan tema hormat dan taat kepda orang tua dan guru,

 

G.    Media/Alat, Bahan  dan Sumber Pembelajaran

             1.     Media/alat

a.    Power Point

b.    Video Pembelajaran : Kisah Syamil

c.    Speaker active

d.   LCD/TV/Laptop

             2.     Bahan

                            a.     CD Pembelajaran

 

H.    Sumber Belajar

1.    Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

2.    Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3.    Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

I.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.      Pertemuan 1

                       a.     Pendahuluan  (10 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam

2)        Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

3)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahpilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)        Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang

5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

6)         Guru memberikan tausiyah dengan kisah Uwais Al Qorni.

7)        Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang pesertadidik.

8)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)      Peserta didik mengamati video syamil tentang birullwalidain

 

2)      Menanya:

a)      Setelah mengamati video, setiap peserta didik menuliskan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan video.

b)      Pesertadidikkembali ke kelompok masing-masing kemudian meneliti pertanyaan yang ditulis kelompok lain.

c)      Masing-masing kelompok memilih lima pertanyaanyang dipandang paling baik.

d)     Peserta didik membacakan kelima pertanyaanyang dipandang paling baik untuk diapresiasi

3)      Eksplorasi

a)        Masing-masing kelompok mencari contoh contoh nyata perilaku hormat dan taat kepada orang tua.

4)      Asosiasi:

a)      Masing-masing kelompok menganalisis dan merumuskan hubungan antara sikap menghormati orang tua dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan.

5)    Komunikasikan:

a)    Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil analisis dan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan.

b)   Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan

c)    Setiap kelompok menyimpulkan hasil analisis dan rumusannya

                       c.     Penutup (20 menit)

                                     1)     Guru memberikanpenguatanmateritentang perilaku hormat dan hormat pada orang tua.

                                     2)     Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.

                                     3)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     4)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     5)     Guru memberikan reward kepada kelompok  terbaik.

                                     6)     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     7)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu Perilaku hormat kepada guru

                                     8)     Guru dan peserta didik mengungkapkan pesan moral yang diperoleh dari pembelajaran hariini. Contoh Surga dibawah telapak kaki ibu.

                                     9)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

J.      Penilaian, Remedial dan Pengayaan

1. Penilaian

a. Teknik Penilaian:

1)        Aspek sikap :Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal

2)        Aspek Pengetahuan: Tes tertulis

3)        Aspek Ketrampilan: proyek dan  portopolio

a.    Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :

1)   Pertemuan pertama

a)   Pengetahuan

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian hormat  pada orangtua.

Jelaskan pengertian hormat pada orang tua !

2.

Menyebutkan dalil naqli dari Al-Qur’an tentang perintah hormat pada orang tua

Sebutkan salah satu dalil naqli dari Al-Qur’an tentang perintah hormat  pada orang tua !

3.

Menjelaskan pengertian taat pada orangtua.

Jelaskan pengertian taat pada orang tua !

4.

Menyebutkan dalil naqli dari Al-Hadits tentang perintah taat pada orang tua

Sebutkan salah satu dalil naqli dari Al-Hadits tentang perintah taat  pada orang tua !

5.

Menunjukkan contoh-contoh perilaku hormat dan taat pada orangtua dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

Tunjukkan 3 contoh perilaku taat pada orangtua dalam kehidupan sehari-hari dengan benar!

 

Pedoman perskoran

No

Kunci

Skor

1.

Pengertian hormat  pada orangtua adalah :

20

2.

Dalil naqli dari Al-Qur’an tentang perintah hormat pada orang tua :Q.s Al Isra’ ayat 23

۞وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا ٢٣

20

3.

Taat adalah sikap tunduk dan patuh pada orang tua

20

4.

Al- Hadits tentang syurga

20

5.

Contoh-contoh perilaku hormat dan taat pada orangtua dalam kehidupan sehari-hari adalah

20

 

Jumlah Skor

100

 

a)    Sikap

(Terlampir)

b)   Ketrampilan

(Terlampir)

2.Pengayaan

Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan berupa tugas  mencari kisah-kisah terpuji tentang “ ketaatan anak kepada orang tua “ di media internet. (Soal terlampir ).

3. Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi akan diberi tugas mengerjakan soal-soal/ evaluasi pada KD ini ( Soal terlampir ).

                                                                                               

Demak,  ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

......................................                                                          ....................................

NIP. .............................                                                          NIP. ...................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa

:

........................................................

NIS

:

........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Perilaku  hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Isro/17: 23 dan Q.S. Luqman/31: 14 dan hadis terkait

Teknik Penilaian

:

Penilaian diri

Penilai

:

Diri  sendiri

Rubrik penilaian

:

 

a.    Penilaian Diri

Sikap yang dinilai   :  .

No.

Pernyataan

Skor

4

3

2

1

1

Selalu mengucapkan salam ketika bertemu dan berpisah dengan orang tua

 

 

 

 

2

Bertutur kata lembut dengan orang tua

 

 

 

 

3

Bersikap sopan terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

4

Mentaati perintah orang tua dan menjauhi larangannya

 

 

 

 

5

Menjaga nama baik orang tua

 

 

 

 

6

Mendoakan orang tua

 

 

 

 

7

Membantu meringankan pekerjaan orang tua

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

Keterangan

Nilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya sendiri. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering  tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

              

 

 

..........,..................................

Observer

 

 

 

 (...........................................)

 

 

 

 

Lampiran 2     : Penilaian ketrampilan

Nama

:

.........................................................

Kelas

:

........................................................

Indikator

:

Menyajikan contoh perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Isro/17: 23 dan Q.S. Luqman/31: 14dan hadis terkait.

Teknik Penilaian

:

Proyek

Penilai

:

Guru

Rubrik penilaian

:

 

 

Penilaian Proyek

Membuat Poster: 

a.    Soal: Buatlah sebuah poster tentang:

1)        Ajakan menghormati orang tua

2)        Larangan durhaka terhadap orang tua

3)        Ancaman terhadap orang yang durhaka terhadap orang tua

4)        Kebaikan berbuat baik kepada orang tua

 

b.    Penilaian:

Nama Kelompok: ........................................

Anggota: .......................................

Kelas: ................

No.

Aspek

Skor (1-5)

5

4

3

2

1

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

a.       Konsep

 

 

 

 

 

b.      Ide dasar

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan

 

 

 

 

 

a.       Artistik Desain

 

 

 

 

 

b.      inovasi kreatif desain.

 

 

 

 

 

c.       Kesesuaian karya dengan tema

 

 

 

 

 

d.      kedalaman eksplorasi tema

 

 

 

 

 

e.       komunikatif dalam penyampaian pesan

 

 

 

 

 

3

Laporan Proyek

 

 

 

 

 

a.                    Performans

 

 

 

 

 

b.                  Presentasi/Penguasaan

 

 

 

 

 

 

Total Skor

 

Keterangan

Nilai

Keterangan penilaian:

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik               

3 = cukup baik

4 = Baik

5 = Sangat baik

Catatan:........................................................................................

Guru Mata Pelajaran PAI

 

  (...........................................)

 

Lampiran3 : Soal Pengayaan

Kerjakan soal berikut !

Carilah  kisah-kisah terpuji tentang “ ketaatan anak kepada orang tua “ di media internet !

 

Lampiran4. Soal Remedial

Kerjakan soal-soal/ evaluasi pada KD ini yang masih salah !