RPP PAI dan BUDI PEKERTI KLS VII THOHAROH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 



Sekolah                       : SMP ...........................
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Kelas/Semester           : VII/Gasal
Materi Pokok              : Thoharoh
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan (9 JPL)

A.    Kompetensi Inti

 KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD

Indikator

1.7   Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam

1.7.1  Membuktikan hidup bersih dengan   berwudlu setiap batal wudlu

1.7.2 Menunjukkan  hidup bersih sebagai implementasi dari bersuci dari hadas kecil dan hadas besar

2.7    Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

2.7.1  Menunjukkan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari

2.7.2  Membuktikan dengan bersuci akan banyak teman

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

3.7.1        Menjelaskan pengertian thaharah, meliputi najis, hadas dan macam-macamnya.

3.7.2      Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas   kecil dan besar

3.7.3    Menjelaskan hikmah thaharah

4.7 Menyajikan cara bersuci dari hadas besar

4.7.1   Menampilkan praktek tentang tata cara

           berwudlu yang baik dan benar

4.7.2 Menampilkan praktek tentang tata cara   tayamum yang baik dan benar

 

C.  Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:

1.      Membuktikan hidup bersih dengan berwudlu setiap batal wudlu

2.      Membuktikan hidup bersih badan, pakaian dan tempat tinggal/kelas

3.         Menjelaskan pengertian thaharah.

4.                       Menjelaskan pengertian hadas.

5.                       Menjelaskan pengertian najis.

6.                       Menjelaskan macam-macam hadas.

7.                       Menjelaskan macam-macam najis.

 

Pertemuan kedua

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:

  1. Menunjukkan  hidup bersih sebagai implementasi dari bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
  2. Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas kecil dan besar

3.Menjelaskan hikmah thaharah

 

Pertemuan ketiga

      Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menunjukkan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
  2. Membuktikan dengan bersuci akan banyak teman
  3. Menampilkan praktik tentang tata cara wudlu yang baik dan benar.
  4. Menampilkan praktik tentang tata cara tayamum yang baik dan benar

 

D. Materi Pembelajaran

1.      Materi pembelajaran reguler

1)        Pengertian thaharah.meliputi :

·         Pengertian hadas.

·         Pengertian najis.

·         Macam-macam hadas.

·         Macam-macam najis.

2)        Tata cara bersuci dari hadas kecil dan besar

3)        Hikmah thaharah

4)        Praktik tentang tata cara wudlu yang baik dan benar.

5)        Praktik tentang tata cara tayamum yang baik dan benar

 

2.      Materi pembelajaran pengayaan

1)   Mendokumenkan tata cara membersihkan  najis

 

3.      Materi pembelajaran remedial

1)   Pengertian thaharah.

·         Pengertian hadas.

·         Pengertian najis.

·         Macam-macam hadas.

·         Macam-macam najis.

2)   Tata cara bersuci dari hadas kecil dan besar

3)   Hikmah thaharah

4)   Praktik tentang tata cara wudlu yang baik dan benar.

5)   Praktik tentang tata cara tayamum yang baik dan benar

 

E.  Metode Pembelajaran

1.        Metode saintifik (5M)

2.        Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

3.        Metode Pembelajaran Kontekstual

 

F.  Media dan Bahan

1.      Media

a. lagu Religi tentang thaharah (hadas dan najis)

b.Laptop

c.LCD Projector

2.      Bahan

a.spidol

b.kertas HVS 1 rim

c. kertas plano

 

G. Sumber Belajar

1.      Buku Siswa: Muhammad Ahsan, dkk, 2016, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,. viii, 224 hlm: 32-45

2.      Buku Guru: Muhammad Ahsan, dkk, 2016, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,. viii, 224 hlm: 24-33

3.      Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. Surat al Baqarah ayat 222

 

 

H. Langkah-langkah Pembelajaran

 

1.      Pertemuan Pertama: 3 JP

a.      Pertemuan 1

Pendahuluan  (15 menit)

                              1.    Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan kelas Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan mengajak berdoa dilanjutkan dengan membaca Al qur’an, untuk mengkondisikan suasanan belajar yang menyenangkan;

                              2.    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang  “ thaharah” dengan cara bertanya jawab;

                              3.    Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan belajar  yang akan dicapai yaitu, thaharah;

                              4.    Peserta didik menuliskan hal-hal yang telah atau ingin diketahui terkait dengan thaharah;

                              5.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan yaitu, berdiskusi dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata terkait thaharah;

                              6.   Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan, baik penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan, tes tertulis dan produk.

.

Kegiatan inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)      Ditayangkan video yang di dalamnya terdapat lirik lagu tentang cara bersuci, tayangan gambar tentang bersuci, dan tayangan teks. Peserta didik diminta mengamati dan menyimak tayangan tersebut.

b)     Diinformasikan kepada peserta didik nanti akan ada tugas proyek terkait dengan tayangan tersebut.

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan tanya jawab segala sesuatu yang terkait tentang tugas/proyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

3)      Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):

a)      Peserta didik secara berkelompok mengerjakan tugas proyek yang berkaitan materi pembelajaran dalam bentuk gubahan lirik lagu, lukisan, dan cerita pengalaman pribadi.

4)      Mengasosiasi:

a)      Peserta didik secara berkelompok  mencoba menuliskan atau menyimpulkan isi gubahan lirik lagu, lukisan, dan cerita pengalaman hidup yang telah dibuat.

b)     Peserta didik mempersiapkan diri secara kelompok untuk menampilkan lagu, lukisan, dan cerita pengalaman hidup tersebut, dan mendiskusikan bagaimana teknik penampilan yang dapat menarik perhatian.

5)      Mengkomunikasikan:

a)   Peserta didik secara berkelompok  mempresentasikan hasil proyek yang sudah jadi di depan kelas dengan berbagai kreasi dan kreativitas kelompoknya masing-masing.

b)   Peserta didik secara berkelompok  menanggapi pendapat, kritik, dan saran dari kelompok lain.

 

Penutup (15 menit)

                                     1)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     3)     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.

                                     4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

2.    Pertemuan 2

                            a.     Pendahuluan (15 menit )

1)   Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah dan ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.

4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.

5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.

6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.

7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

 

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)      Peserta didik mengamati dan mencermati tayangan video, gambar dan teks tentang permasalahan nyata (otentik) yang berkaitan tentang tata cara bersuci.

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dengan guru atau antarpeserta didik melakukan tanya jawab segala sesuatu yang terkait tentang tahapan diskusi pemecahan masalah, ruang lingkup materi, dll.

3)      Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):

a)      Peserta didik secara berkelompok  berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut. Guru mengarahkan agar materi dalam buku teks dijadikan bahan rujukan guna membantu penyelesaian masalah tersebut.

4)      Mengasosiasi:

a)      Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil diskusinya. Dapat berupa naskah tulisan tangan atau presentasi dengan power point.

5)      Mengkomunikasikan:

a)      Peserta didik secara berkelompok  bergantian memaparkan hasil diskusinya kepada kelompok yang lain.

b)     Peserta didik secara berkelompok  menanggapi pendapat, kritik, dan saran dari kelompok lain.

 

c.   Penutup (15 menit)

                                     1)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     3)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.

                                     4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

3.    Pertemuan 3

                       a.        Pendahuluan  (15 menit)

1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah dan ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.

4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.

5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.

6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.

7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

 

                       b.        Kegiatan inti (90 menit)

1)    Mengamati:

a)       Peserta didik mengamati dan mencermati tayangan video, gambar dan teks yang berkaitan dengan praktik bersuci.

b)     Peserta didik secara berkelompok diminta untuk menelusuri dan membuktikan hal-hal yang berkaitan dengan praktik bersuci.

2)         Menanya:

a)      Peserta didik dengan guru atau antarpeserta didik melakukan tanya jawab segala sesuatu yang terkait tentang tahapan diskusi pemecahan masalah, ruang lingkup materi, dll

3)         Mengumpulkan informasi (mengeksplorasi):

a)      Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan data pada saat teman-temannya mengikuti pembelajaran di kelas, baik melalui pengamatan atau wawancara.

4)         Mengasosiasi:

a)      Peserta didik menyusun laporan hasil pengamatan dan wawancara.

b)      Peserta didik merumuskan kesimpulan tentang praktik bersuci berdasarkan buku teks atau sumber lain yang relevan.

5)   Mengkomunikasikan:

a)      Peserta didik secara berkelompok  menyajikan hasil pengamatan, wawancara, dan kajiannya.

b)     Peserta didik secara berkelompok  menanggapi pendapat, kritik, dan saran dari kelompok lain.

c.    Penutup (15 menit)

                                     1)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.

                                     2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                                     3)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.

                                     4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                                     6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

 

I.    Penilaian

1.                            Sikap spiritual

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Lembar Observasi

Lampiran 1

 

Saat pembelajaran berlangsung.

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 2

 

 

 

Saat pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

2.                            Sikap sosial

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Jurnal

Lampiran 3

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 4

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.                            Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

Lampiran 5

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

 

Penugasan

Produk Gubahan Lagu

Lampiran 6

 

 

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

Tertulis

Soal-soal esei

Lampiran 7

 

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

4.                            Keterampilan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

prakatik

Soal keterampilan praktik

Lampiran 8

Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

 

Portofolio

Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

 

5.    Pembelajaran Remedial

Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 9)

 

6.    Pembelajaran Pengayaan

Format kegiatan pengayaan (lampiran 10)

                                                                                                            Demak, ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

 

......................................                                                          ....................................

NIP. ...............................                                                        NIP. .............................


Instrumen Penilaian

Lampiran 1. Lembar Observasi Penilaian Spiritual

 

LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                         : VII A

Semester                                   : Gasal

Tahun Pelajaran                        :

Periode Pengamatan                 : Tanggal ...............

Indikator sikap :

1.      Membuktikan hidup bersih dengan berwudlu setiap batal wudlu

2.      Membuktikan hidup bersih badan, pakaian dan tempat tinggal/kelas

 

No.

 

NamaPeserta Didik

Skor Indikator Sikap Spiritual (1 – 4)

Jumlah Perolehan

Skor

Skor

Akhir

Tuntas/ Tidak Tuntas

Indikator 1

Indikator 2

Indikator 3

      1.             

 

 

 

 

 

 

 

      2.             

 

 

 

 

 

 

 

      3.             

 

 

 

 

 

 

 

      4.             

 

 

 

 

 

 

 

      5.             

 

 

 

 

 

 

 

      6.             

 

 

 

 

 

 

 

      7.             

 

 

 

 

 

 

 

      8.             

 

 

 

 

 

 

 

      9.             

 

 

 

 

 

 

 

  10.             

 

 

 

 

 

 

 

  11.             

 

 

 

 

 

 

 

  12.             

 

 

 

 

 

 

 

  13.             

 

 

 

 

 

 

 

  14.             

 

 

 

 

 

 

 

  15.             

 

 

 

 

 

 

 

  16.             

 

 

 

 

 

 

 

  17.             

 

 

 

 

 

 

 

  18.             

 

 

 

 

 

 

 

  19.             

 

 

 

 

 

 

 

  20.             

 

 

 

 

 

 

 

  21.             

 

 

 

 

 

 

 

  22.             

 

 

 

 

 

 

 

  23.             

 

 

 

 

 

 

 

  24.             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2. Lembar Penilaian Diri (Penilaian Spiritual)

 

LEMBAR PENILAIAN DIRI

Nama                          : ...

Kelas                           : ...

Semester                     : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya menjaga hidup bersih dengan berwudlu setiap batal wudlu

 

 

2.

Saya menjaga hidup bersih pada rambut, kuku dan anggota badan saya

 

 

3.

Saya menjaga hidup bersih pada pakaian saya

 

 

4.

Saya menjaga hidup bersih pada kelas dan tempat tinggal saya

 

 

 

 

 


Lampiran 3. Jurnal Penilaian Sikap Sosial

 

JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Nama Sekolah                          : SMP .........................

Kelas/Semester                         : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : .............................

Guru                                         :

No

Waktu

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tanda Tangan Siswa

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

 

 

10.

 

 

 

 

 

 

                                                 

 

 

                                         


Lampiran 4. Penilaian Antar Teman (Sikap Sosial )

 

PENILAIAN ANTAR TEMAN (SIKAP SOSIAL)

Nama                                        : ................

Kelas/Semester                         : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : .....................

Indikator sikap                         :  Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan

                                                  bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

 

 

 

NO

Pernyataan

1

2

3

4

Skor

1

Teman saya menjaga hidup bersih dengan berwudlu setiap batal wudlu

 

 

 

 

 

2

Teman saya hidup bersih pada rambut, kuku dan anggota badan saya

 

 

 

 

 

3

Teman saya  menjaga hidup bersih pada pakaian saya

 

 

 

 

 

4

Teman saya menjaga hidup bersih pada kelas dan tempat tinggal saya

 

 

 

 

 

 

TOTAL SKOR

 

 

 

 

 

 

Keterangan

1.      Tidak pernah

2.      Kadang kadang

3.      Sering

4.      Selalu

 

PEDOMAN SKOR / PENILAIAN

 

SKOR MAKSIMAL : 20

 

NILAI = 


Lampiran 5. Instrumen Tes Lisan

 

INSTRUMEN TES LISAN

 

Nama Sekolah                          : SMP ..........................

Kelas/Semester                         : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : .............................

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

KUNCI

1

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

 

3.7.4        Menjelaskan pengertian thaharah, meliputi hadas, najis dan macamnya

1.    Apa yang dimaksud dengan kata “Taharah”?

2.    Apa itu Hadas?

 

 

 

 

3.    Apa itu najis

 

 

 

4.    Hadas itu macamnya apa saja?

 

5.    Najis itu dibedakan berapa macam?

1.      Taharah artinya bersuci dari najis dan hadas.

 

 

2.      Hadas adalah keadaan tidak suci pada diri seorang muslim yang menyebabkan ia tidak boleh salat , tawaf, dan lain sebagainya.

 

3.      Najis adalah kotoran yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah Swt

4.      Hadas besar dan hadas kecil

 

 

 

5.      Ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis Mutawassitah, dan najis mugaladah

 

 

3.7.5       Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan najis

6.    Bagaimana tata cara bersuci  najis?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.    Bagaimana tatacara bersuci dari hadas?

6.      Jika najis ringan dihilangkan dengan cara Cara menyucikannya sangat mudah, cukup dengan memercikkan

atau mengusapkan air yang suci pada permukaan yang terkena najis.

Najis mutawasittah cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis.

Najis mugala«ah adalah najis yang berat. Najis ini bersumber dari anjing dan babi. cara menyucikkannya melalui beberapa tahap, yaitu dengan membasuh sebanyak

tujuh kali. Satu kali diantaranya menggunakan air yang dicampur dengan tanah.

 

 

7.      Jika hadas kecil dihilangkan dengan berwudhu, jika hadas besar dengan mandi wajib

3.7.6       Menjelaskan hikmah thaharah

8.    Apa hikmah dari Taharah

8.      Hikmahnya:

·      Terhindar dari segala macam penyakit

·      Rasulullah saw. bersabda bahwa orang yang selalu menjaga wu«u akan bersinar wajahnya kelak saat dibangkitkan dari kubur.

·      Dapat dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

·      Rasulullah saw. menegaskan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman dan ada ungkapan bijak pula yang mengatakan ”kebersihan pangkal kesehatan”.

·      kebersihan akan membuat kita menjalani hidup dengan lebih nyaman.

 


Lampiran 6. Instrumen Penugasan / Tugas  tertulis

 

INSTRUMEN TUGAS

 

Nama Sekolah                          : SMP ............................

Kelas/Semester                         : VIII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : ................................

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

Keterangan

1

 

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

 

 

 

 

 

 

3.7.7        Menjelaskan pengertian thaharah, meliputi hadas, najis dan macamnya

1.    Buatlah skema taharah lengkap dengan contohnya

 

3.7.8       Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan najis

2.    Tuliskan ayat al quran tentang bersuci

 

 

 

 

 


Lampiran 7. Instrumen tes tertulis

 

Nama Sekolah                          : SMP ...........................

Kelas/Semester                         : VII / 1

Tahun Pelajaran                        : ..................................

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

KUNCI

1

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

 

3.7.1Menjelaskan pengertian thaharah, meliputi hadas, najis dan macamnya

1.    Apa yang dimaksud dengan kata “Taharah”?

 

2.    Apa itu Hadas?

 

 

 

 

3.    Apa itu najis

 

 

 

4.    Hadas itu macamnya apa saja?

5.    Najis itu dibedakan berapa macam?

1.    Taharah artinya bersuci dari najis dan hadas.

 

 

2.    Hadas adalah keadaan tidak suci pada diri seorang muslim yang menyebabkan ia tidak boleh salat , tawaf, dan lain sebagainya.

3.    Najis adalah kotoran yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah Swt

4.    Hadas besar dan hadas kecil

 

 

5.    Ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis Mutawassitah, dan najis mugaladah

3.7.2Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan najis

6.    Bagaimana tata cara bersuci  najis?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.    Bagaimana tatacara bersuci dari hadas?

6. Jika najis ringan dihilangkan dengan cara Cara menyucikannya sangat mudah, cukup dengan memercikkan atau mengusapkan air yang suci pada permukaan yang terkena najis.

Najis mutawasittah cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis.

Najis mugala«ah adalah najis yang berat. Najis ini bersumber dari anjing dan babi. cara menyucikkannya melalui beberapa tahap, yaitu dengan membasuh sebanyak tujuh kali.  Satu kali diantaranya menggunakan air yang dicampur dengan tanah.

7. Jika hadas kecil dihilangkan dengan berwudhu, jika hadas besar dengan mandi wajib

3.7.3Menjelaskan hikmah thaharah

8.    Apa hikmah dari Taharah

8. Hikmahnya:

Terhindar dari segala macam penyakit

Rasulullah saw. bersabda bahwa orang yang selalu menjaga wu«u akan bersinar wajahnya kelak saat dibangkitkan dari kubur.

Dapat dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Rasulullah saw. menegaskan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman dan ada ungkapan bijak pula yang mengatakan ”kebersihan pangkal kesehatan”.

kebersihan akan membuat kita menjalani hidup dengan lebih nyaman.

 

 

 


Lampiran 8. Instrumen penilaian keterampilan

Nama Sekolah                          : SMP ...............................

Kelas/Semester                         : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : .............................

KD : 4.7 Menyajikan cara bersuci dari hadas besar

format penilaian unjuk kerja: Praktik ¯ay±mum/wu«Âµ’:No.

Nama
peserta
didik

Aspek yang
dinilai

Jumlah
Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak
Lanjut

1

2

3

4

T

TT

R

P

1.                    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.                    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.                    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

T     : Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )

TT   : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM

R          : Remedial

P           : Pengayaan

Aspek dan rubrik penilaian

1) Niat ¯ay±mum/wu«Âµ’ : Skor 30.

a)      Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.

b)      Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.

c)      Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.

2) Gerakan wu«Âµ' : Skor 20.

a)    Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 30.

b)    Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.

c)    Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 10.

3) Doa sesudah ¯ay±mum/wu«Âµ’ : Skor 30.

a)    Jika kelompok tersebut dapat bekerja sama dengan sangat baik, skor 40.

b)    Jika kelompok tersebut dapat bekerja sama dengan baik, skor 30.

c)    Jika kelompok tersebut kerja samanya kurang baik, skor 20

d)    Jika kelompok tersebut kerja samanya tidak baik, skor 10

4) Tertib : Skor 20

a)    Jika peserta didik melaksanakan praktik ¯ay±mum/wu«Âµ’ dengan tertib, skor 20.

b)    Jika peserta didik melaksanakan praktik ¯ay±mum/wu«Âµ’ tidak tertib, skor 10.


Lampiran 9. Format kegiatan pembelajaran dan hasil peniliaian Remidial

 

Nama Sekolah                          : SMP ..........................

Kelas/Semester                         : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : ............................

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

KUNCI

1

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

 

3.7.1Menjelaskan pengertian thaharah, meliputi hadas, najis dan macamnya

1.      Apa yang dimaksud dengan kata “Taharah”?

 

2.    Apa itu Hadas?

 

 

 

 

 

3.    Apa itu najis

 

 

 

 

4.    Hadas itu macamnya apa saja?

 

5.    Najis itu dibedakan berapa macam?

1. Taharah artinya bersuci dari najis dan hadas.

 

 

 

2. Hadas adalah keadaan tidak suci pada diri seorang muslim yang menyebabkan ia tidak boleh salat , tawaf, dan lain sebagainya.

 

3. Najis adalah kotoran yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah Swt

 

4. Hadas besar dan hadas kecil

 

 

 

5. Ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis Mutawassitah, dan najis mugaladah

3.7.2Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan najis

6.    Bagaimana tata cara bersuci  najis?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.    Bagaimana tatacara bersuci dari hadas?

6. Jika najis ringan dihilangkan dengan cara Cara menyucikannya sangat mudah, cukup dengan memercikkan atau mengusapkan air yang suci pada permukaan yang terkena najis.

Najis mutawasittah cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis.

Najis mugala«ah adalah najis yang berat. Najis ini bersumber dari anjing dan babi. cara menyucikkannya melalui beberapa tahap, yaitu dengan membasuh sebanyak tujuh kali.  Satu kali diantaranya menggunakan air yang dicampur dengan tanah.

 

7. Jika hadas kecil dihilangkan dengan berwudhu, jika hadas besar dengan mandi wajib

3.7.3Menjelaskan hikmah thaharah

8.    Apa hikmah dari Taharah

8. Hikmahnya:

Terhindar dari segala macam penyakit

Rasulullah saw. bersabda bahwa orang yang selalu menjaga wu«u akan bersinar wajahnya kelak saat dibangkitkan dari kubur.

Dapat dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Rasulullah saw. menegaskan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman dan ada ungkapan bijak pula yang mengatakan ”kebersihan pangkal kesehatan”.

kebersihan akan membuat kita menjalani hidup dengan lebih nyaman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Lampiran 10. Format Kegiatan Pengayaan

 

Nama Sekolah                          : SMP .............................

Kelas/Semester                         : VIII A  / 1

Tahun Pelajaran                        : .............................

Bentuk Kegiatan                      : Penugasan Kelompok

 

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

Keterangan

1

 

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

 

3.7.9        Menjelaskan pengertian thaharah, meliputi hadas, najis dan macamnya

1. Buatlah skema taharah lengkap dengan contohnya

 

3.7.10   Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas dan najis

2.Tuliskan ayat al quran tentang bersuci