Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP ) KD. 3 - AQIDAH
Satuan
Pendidikan : SMP ......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / I
Materi
Pokok : Iman Kepada Kitab-kitab Allah swt
Alokasi Waktu :
(3 x 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI
KI.
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
KI. 2
: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI. 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI. 4 : Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
A.
KOMPETENSI DASAR dan
INDIKATOR:
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1.3. beriman
kepada kitab-kitab suci yang diturunkan Allah Swt. |
a. Meyakini Allah Swt menurunkan kitab-kitab suci kepada para nabi; b. Membiasakan mengamalkan ajaran Allah Swt. dalam kitab
suci al-Quran dalam kehidupan sehari- hari. |
2.3. menunjukkan
perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
a.
Menunjukkan perilaku toleran
terhadap pemeluk agama lain dalam kehidupan sehari-hari; b.
Menghargai pemeluk agama lain
sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah. |
3.3. memahami
makna beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. |
a.
Menjelaskan
pengertian iman kepada kitab-kitab Allah Swt. b.
Menyebutkan
kitab-kitab dan Rasul penerimanya; c.
Menyebutkan
Nabi dan Rasul yang menerima kitab-kitab Allah Swt.; d.
Menyebutkan
kitab suci Agama Islam; e.
Menjelaskan
perbedaan kitab dan suhuf; f.
Menjelaskan Isi
kitab-kitab Allah Swt.; |
4.3. menyajikan
dalil naqli tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. |
a.
Menunjukkan
dalil iman kepada kitab-kitab Allah Swt.; b.
Menunjukkan
dalil naqli tentang nama-nama kitab-kitab Allah Swt.; c. Menunjukkan dalil naqli bukti kemurnian Al-Quran; d. Menunjukkan dalil naqli tentang kitab dan suhuf. |
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
Setelah menyelesaikan beberapa kegiatan pembelajaran peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Meyakini Allah Swt
menurunkan kitab-kitab suci kepada para nabi;
2.
Membiasakan
mengamalkan ajaran kitab suci al-Quran dalam kehidupan sehari- hari dengan
benar.
3.
Menunjukkan perilaku toleran
terhadap pemeluk agama lain dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Menghargai pemeluk agama lain
sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah.
5.
Menjelaskan
pengertian iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar.
6.
Menunjukkan
dalil iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar.
7.
Menyebutkan
kitab-kitab dan Rasul penerimanya dengan benar.
8.
Menunjukkan
dalil naqli tentang nama-nama kitab-kitab Allah Swt. dengan benar.
9.
Menyebutkan
Nabi dan Rasul yang menerima kitab-kitab Allah Swt. dengan benar.
10.
Menjelaskan isi kitab-kitab Allah
dengan benar.
Pertemuan Kedua dan Ketiga:
Setelah menyelesaikan beberapa kegiatan pembelajaran peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Meyakini Allah Swt
menurunkan kitab-kitab suci kepada para nabi;
2.
Membiasakan
mengamalkan ajaran kitab suci al-Quran dalam kehidupan sehari- hari dengan
benar.
3.
Menunjukkan perilaku toleran
terhadap pemeluk agama lain dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Menghargai pemeluk agama lain
sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah.
5.
Menyebutkan kitab suci Agama Islam
dengan benar.
6.
Menunjukkan dalil naqli bukti
kemurnian Al-Quran dengan benar.
7.
Menjelaskan perbedaan kitab dan
suhuf dengan benar.
8.
Menunjukkan dalil naqli tentang
kitab dan suhuf dengan benar.
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
Materi Reguler:
1.
Pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah;
2.
Dalil naqli beriman
kepada Kitab-kitab Allah;
3.
Kitab-kitab dan
Rasul penerimanya;
4.
Dalil
naqli tentang nama-nama kitab-kitab Allah Swt.;
5.
Isi
kitab-kitab Allah;
6.
Kitab
suci Agama Islam;
7.
Dalil
naqli bukti kemurnian Al-Quran;
8.
Perbedaan
kitab dan suhuf;
9.
Dalil
naqli tentang kitab dan suhuf;
10.
Hikmah iman kepada kitab-kitab Allah.
Materi Pengayaan:
1. Sejarah
pembukuan Al Quran
Materi Remedial:
1.
Pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah;
2.
Dalil naqli beriman
kepada Kitab-kitab Allah;
3.
Kitab-kitab dan
Rasul penerimanya;
4.
Dalil
naqli tentang nama-nama kitab-kitab Allah Swt.;
5.
Isi
kitab-kitab Allah;
6.
Kitab
suci Agama Islam;
7.
Dalil
naqli bukti kemurnian Al-Quran;
8.
Perbedaan
kitab dan suhuf;
9.
Dalil
naqli tentang kitab dan suhuf;
10. Hikmah iman kepada kitab-kitab Allah.
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Saintifik
E.
MEDIA DAN ALAT DAN
1.
Media
a. Video Pembelajaran
b. CD Pembelajaran Iman kepada Kitab-kitabAllah
2.
Alat
a.
Komputer/Laptop
b.
LCD
Projector
c.
Pos it
d.
Kertas
Plano
F.
SUMBER BELAJAR
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Siswa)
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( halaman 1 ).
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Guru)
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 1).
3. Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan
Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I :
1.
Pendahuluan (10 menit)
a. Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat.
b. Guru memulai
pembelajaran dengan pembacaan Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 yang dipimpin oleh salah seorang peserta
didik.
c. Guru
memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pembelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan inti (95 menit)
Mengamati
a.
Peserta didik bersama-sama
mengamati gambar-gambar tentang peristiwa bencana alam di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) halaman 1 - 4 dan buku-buku
lain yang relevan atau melalui video/film tentang berbagi kejadian tentang
kitab-kitab Allah Swt.;
b.
Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang kitab-kitab Allah Swt. seperti
yang ditayangkan melalui film/video.
Menanya
a.
Peserta
didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan beriman
kepada kitab-kitab Allah Swt., menyangkut pengertian iman kepada kitab-kitab
Allah Swt, dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt, nama kitab-kitab
Allah Swt, nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah Swt, dalil naqli tentang
nama kitab-kitab Allah Swt. dan penerimanya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut
ditulis pada kertas-kertas kecil atau post
it;
b.
Peserta didik difasilitasi oleh guru
memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi
pembelajaran.
c.
Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada
setiap kelompok untuk didiskusikan.
Mengumpulkan informasi
a.
Peserta didik mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji
masalah beriman kepada Hari Akhir;
b.
Peserta didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
Mengasosiasi
a. Peserta didik merumuskan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing;
b.
Peserta didik menuliskan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.
Mengomunikasikan
a. Peserta didik menempelkan
kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.
b. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara
saling berkunjung;
c. Salah satu angggota
kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok
lain untuk mendengarkan dan mengkritisi;
d. Anggota kelompok yang
berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara
menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi;
e. Setelah usai berkunjung ke
kelompok lain, peserta didik kembali ke kelompok masing-masing untuk
menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi
penyaji;
f.
Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang
berkunjung.
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a.
Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan
tentang konsep beriman kepada kitab-kitab Allah Swt, dalil naqli tentang iman
kepada kitab-kitab Allah Swt, nama kitab-kitab Allah Swt, nama Rasul yang
menerima kitab-kitab Allah Swt, dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah Swt.
dan penerimanya;
b.
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik
mengamalkan ajaran kitab suci Alquran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab
Allah Swt;
c.
Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan
pemberian penugasan;
d.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR)
kepada peserta didik;
e.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
f.
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
Pertemuan II
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai
pembelajaran dengan pembacaan Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 yang dipimpin oleh salah seorang peserta
didik.
c.
Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena
keislaman;
d.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu konsep beriman kepada kitab-kitab Allah Swt, dalil
naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt, nama kitab-kitab Allah Swt,
nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah Swt, dalil naqli tentang nama
kitab-kitab Allah Swt. dan penerimanya;
e. Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan;
f. Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
2. Kegiatan
Inti (90 menit)
Mengamati
a. Peserta didik bersama-sama mengamati tayangan kitab suci al-Quran sebagai pedoman umat
Islam;
b. Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru
tentang perbedaan kitab dan suhuf.
Menanya
a. Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan
terkait dengan tayangan kitab suci al-Quran
sebagai kitab suci umat Islam;
b. Peserta didik juga diperbolehkan untuk mengajukan
pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan tersebut, misalnya terkait dengan
bagaimana cara membuat tayangan tersebut.
Mengumpulkan
informasi
a. Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, dengan tugas membuat paparan yang berisi
gambaran tentang hari akhir berdasarkan dalil naqlinya, dengan pembagian
sebagai berikut:
1)
Kelompok 1: al-Quran sebagai pedoman hidup
umat Islam
2) Kelompok 2: dalil naqli tentang beriman kepada al-Quran
3)
Kelompok 3: perbedaan kitab dan suhuf
4)
Kelompok 4: dalil naqli tentang beriman
kepada kitab dan suhuf
5) Kelompok 5: cara-cara beriman kepada al-Quran
6) Kelompok 6: himah beriman kepad kitn-kitab Allah Swt.
b. Peserta didik menyelesaikan tugas secara
berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku Siswa
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku
referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada Hari Akhir;
c. Peserta didik
berdiskusi untuk menentukan isi dan susunan paparannya.
Mengasosiasi
a. Peserta didik membuat paparan yang berisi
iman kepada kitab suci al-Quran berdasarkan dalil naqlinya dalam bentuk paparan power point.
b. Peserta didik menyelesaikan paparan yang
berisi iman kepada kitab suci al-Quran berdasarkan dalil naqlinya dalam bentuk paparan power point.
3. Kegiatan
Penutup (15 menit)
a.
Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa
simpulan mengenai hakikat beriman kepada kitab suci al-Quran dan
hikmah-hikmahnya;
b.
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu
berperilaku baik dan gemar membaca al-Quran serta tadabur maknanya;
c.
Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar
kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan
peserta didik secara mandiri mengerjakannya;
d.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta
didik;
e.
Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan pada pertemuan berikutnya, yaitu dengan diskusi kelompok dan
praktik membaca Alquran;
f.
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
Pertemuan III
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai
pembelajaran dengan pembacaan Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 yang dipimpin oleh salah seorang peserta
didik.
c.
Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena
keislaman;
d.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu konsep beriman kepada kitab-kitab Allah Swt, dalil
naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt, nama kitab-kitab Allah Swt,
nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah Swt, dalil naqli tentang nama
kitab-kitab Allah Swt. dan penerimanya;
e. Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan;
f. Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
2. Kegiatan
Inti (90 menit)
Mengomunikasikan
a. Peserta didik
mempresentasikan paparan hasil diskusi yang berisi iman kepada kitab suci al-Quran berdasarkan dalil naqlinya secara bergantian di depan
kelas;
b. Kelompok lain memberikan
tanggapan atas presentasi kelompok yang lain.
3. Kegiatan
Penutup (15 menit)
a.
Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa
simpulan mengenai hakikat beriman kepada kitab suci al-Quran dan
hikmah-hikmahnya;
b.
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu
berperilaku baik dan gemar membaca al-Quran serta tadabur maknanya;
c.
Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar
kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan
peserta didik secara mandiri mengerjakannya;
d.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling dan/atau memberi tugas (PR) kepada peserta
didik;
e.
Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan pada pertemuan berikutnya, yaitu dengan diskusi kelompok dan
praktik membaca Alquran;
f.
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
H.
PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Lembar Observasi |
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung. |
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning) |
2 |
Penilaian diri |
Lembar penilaian diri |
Lampiran 2
|
Saat pembelajaran usai. |
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning) |
|
Penilaian antarteman |
Lembar penilaian antarteman |
Lampiran 3
|
Setelah pembelajaran usai. |
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning) |
2. Sikap sosial
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Lampiran 4 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning) |
2 |
Penilaian diri |
Lembar penilaian diri |
Lampiran 5
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning) |
3 |
Penilaian antarteman |
Lembar penilaian antarteman |
Lampiran 6
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning) |
3. Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
|
Lisan |
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka |
Lampiran 7 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for
learning) |
|
Penugasan |
Tugas tertulis |
Lampiran 8
|
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment
as learning) |
|
Tertulis |
Soal-soal esei |
Lampiran 9
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning) |
|
Portofolio |
Sampel
pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis |
|
Saat pembelajaran usai |
Data
untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning) |
4. Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
|
Produk |
Soal keterampilan produk |
Lampiran 10 |
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai |
Penilaian
untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
|
Portofolio |
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek |
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian
untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian
keterampilan |
5.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
Format kegiatan
pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11)
6.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis
penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan
lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Format kegiatan pengayaan
(lampiran 12)
Demak, 13 Juli 2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
............................. Pendidikan
Agama Islam
dan
Budi Pekerti,
.................................................... ..............................................
NIP. ........................................... NIP.
.....................................
Lampiran
1: Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk:
1.
Pengamatan sikap
dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.
2.
Pengisian lembar
observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik
yang positif maupun yang negatif.
3.
Berikut format
jurnal sikap.
No. |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Observasi |
Butir
Sikap |
Tindak lanjut |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
· |
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
Indikator
yang diamati:
1. percaya
bahwa Al-Qur’ān adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul yang
terakhir
2. yakin
bahwa Al-Qur’ān adalah mukjizat yang agung
3. selalu
mempelajari isi kandungan Al-Qur’ān
4. selalu
mempedomani Al-Qur’ān dalam perilaku sehari-hari
5.
selalu mekaji Al-Qur’ān bersama teman-teman