RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VIII JUJUR DAN ADIL
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) KD. 6 – (AKHLAK-2)
Sekolah : SMP ..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Jujur dan Adil
Alokasi Waktu : 2x pertemuan (6 JP)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI. 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
KI. 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI. 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan
budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI. 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian kompetensi
|
1.6. Meyakini bahwa perilaku jujur
dan adil adalah ajaran pokok agama
|
a.
Menerima perilaku jujur dan adil sebagai ajaran pokok
agama;
b. Menunjukkan
perilaku jujur dan adil dalam melaksanakan perintah Allah Swt
|
2.6. Menunjukkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan
sehari-hari
|
a.
Melakukan sikap jujur dalam
kehidupan sehari- hari
b. Menunjukkan
sikap adil dalam kehidupan sehari- hari
|
3. 6. Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil
|
a.
Mendeskripsikan pengertian jujur.
b. Mendeskripsikan
pengertian adil.
c.
Menyebutkan dalil naqli tentang
jujur dan adil.
|
4.6. Menyajikan cara menerapkan perilaku jujur dan adil
|
a.
Menyajikan
contoh perilaku jujur dan adil.
b. Berperilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-
hari di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran,
peserta
didik diharapkan dapat:
1. Menerima perilaku jujur dan adil sebagai ajaran pokok
agama dengan penuh kesadaran;
2. Menunjukkan
perilaku jujur dan adil dalam melaksanakan perintah Allah Sw dengan tepat;
3.
Melakukan sikap jujur dalam
kehidupan sehari- hari dengan tepat;
4. Menunjukkan
sikap adil dalam kehidupan sehari- hari dengan benar;
5.
Mendeskripsikan pengertian jujur
dengan benar;
6.
Mendeskripsikan pengertian adil
dengan benar;
7. Menyebutkan
dalil naqli tentang jujur dan adil dengan benar;.
Pertemuan
2:
1. Menerima perilaku jujur dan adil sebagai ajaran pokok
agama dengan penuh kesadaran;
2. Menunjukkan
perilaku jujur dan adil dalam melaksanakan perintah Allah Sw dengan tepat;
3.
Melakukan sikap jujur dalam
kehidupan sehari- hari dengan tepat;
4. Menunjukkan
sikap adil dalam kehidupan sehari- hari dengan benar;
5. Menyajikan contoh perilaku jujur dan adil dengan benar;
6. Berperilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-
hari di rumah, di sekolah dan di masyarakat
dengan benar.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran
reguler:
1. Pengertian
jujur
2. Pengertian
adil
3. Dalil
naqli tentang jujur dan adil
4. Contoh
perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah
maupun di masyarakat.
Materi pembelajaran
pengayaan:
1. Kajian
jujur dan adil dalam pemerintahan
Materi pembelajaran
remedial:
1. Pengertian
jujur
2. Pengertian
adil
3. Dalil
naqli tentang jujur dan adil
Contoh perilaku
jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah maupun di
masyarakat.
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Pembelajaran Berbasis Proyek
F.
MEDIA
DAN BAHAN
· Media
a.
PresentasiPower Point
b.
Video pembelajaran/Film tentang kejujuran
dan keadilan
c.
Laptop/Komputer
d. LCD
Projector
e.
White Board/Black Board
f.
Gunting/ cutter
· Bahan
a. Pensil/
Spidol.
b. Kertas
c. CD/Flash
Disk
d. Bahan-bahan
lainnya.
G.
SUMBER
BELAJAR
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 35).
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 32).
3. Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
- Pertemuan
Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Peserta didik dan guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta didik memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan;
3)
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan diskusi interaktif tentang fenomena
kejujuran dan keadilan di masyarakat;
5)
Guru meminta siswa
mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran;
6)
Guru memotivasi siswa
belajar siswa secara konstektual dengan meminta untuk menyimak penjelasan
mengenai manfaat mempelajari materi pokok berperilaku jujur dan adil dalam
kehidupan sehari-hari;
7)
Guru menjelaskan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
8)
Guru menyampaikan
cakupan materi pembalajaran;
9)
Guru menejelaskan
aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran discovery learning dan
berbasis proyek;
10) Guru meminta siswa unutk mencatat lingkup dan tekhnik penilaian
yang akan digunakan oleh guru (sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b.
Kegiatan
Inti
Merumuskan
pertanyaan
1)
Peserta didik membaca buku teks
sejarah “Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan” dan buku sumber lain
yang ada di perpustakaan sekolah maupun dari majalah, buletin ataupun lainnya;
2)
Guru membimbing peserta didik dengan
mengajukan pertanyaan terkait kejujuran dan keadilan atau pertanyaan lain yang
relevan.
3)
Peserta didik merumuskan
permasalahan-permasalahan, misalnya :
a) Apa
yang dimaksud jujur?
b) Apa
manfaat jujur?
c) Bagaimana
akibat orang yang tidak jujur?
d) Apa
pengertian adil?
e) Bagaimana
cara berbuat adil?
f) Apa
dalil naqli tentang kejujuran dan keadilan?
4)
Perwakilan peserta didik menuliskan
rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika membaca teks bahan renungan
pada buku siswa;
5)
Guru memandu peserta didik
menganalisis pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran tentang kejujuran
dan keadilan;
6)
Peserta didik merumuskan jawaban
sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
Merencanakan
7)
Guru dan peserta didik merencanakan
prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data dengan cara :
a) Mendiskusikan konsep kejujuran dan keadilan berdasarkan data
dari berbagai sumber;
b) Mendiskusikan manfaat kejujuran dan keadilan berdasarkan data dari berbagai sumber;
c) Mendiskusikan
dalil naqli tentang kejujuran dan keadilan
berdasarkan data dari berbagai sumber.
Mengumpulkan dan
menganalisis data
8)
Peserta didik mengumpulkan informasi
berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah
yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
9)
Guru membimbing peserta didik untuk
menganalisis data atau informasi yang diperoleh;
10) Guru
membimbing peserta didik untuk melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar
tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan melakukan studi literasi.
Menarik simpulan
11) Melakukan
analisis konsep kejujuran dan keadilan, manfaat
kejujuran dan keadilan, dalil naqli kejujuran dan keadilan berdasarkan al-Quran
dan hadis dan mengolahnya menjadi diagram alur/peta konsep.
12) Guru
membimbing peserta didik untuk lebih
banyak mengumpulkan data mengenai kejujuran dan keadilan;
13) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di
dinding informasi kelas.
Aplikasi dan Tindak
lanjut
14) Guru
dan peserta didik melakukan refleksi terhadap materi kejujuran dan keadilan;
15) Mengeksplorasi
pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.
c.
Kegiatan
Penutup
1)
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas
projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara
demokratis;
3)
Guru memberikan reward
kepada kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru menjelaskan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
- Pertemuan ke
dua
a. Kegiatan
Pendahuluan
1)
Peserta didik dan guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta didik memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan;
3)
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan diskusi interaktif tentang contoh
perilaku jujur dan adil;
5)
Guru meminta siswa
mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran;
6)
Guru memotivasi siswa
belajar siswa secara konstektual dengan meminta untuk menyimak penjelasan
mengenai manfaat berbuat jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari;
7)
Guru menegcek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan
siswa tentang contoh perilaku jujur dan adil;
8)
Guru menjelaskan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru menyampaikan
cakupan materi pembalajaran tentang jujur dan adil di pertemuan kedua;
10)
Guru menejelaskan
aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek;
11) Guru meminta siswa unutk mencatat lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan oleh guru (sikap, pengetahuan dan keterampilan).
b. Kegiatan
Inti
Langkah -1
Penentuan projek
1)
Siswa mencermati tayangan
gambar dan kisah teladan pada kolom renungan; .
2)
Siswa menanyakan mengemukakan hasil
pencermatan gambar dan video;
3)
Perancangan langkah-langkah
penyelesaian proyek :
a) Guru
bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik projek, yaitu membuat cerita
bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan contoh-contoh perilaku jujur
dan adil dalam kehidupan;
Langkah -2
Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek
4)
Guru memfasilitasi Peserta didik
untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta
pengelolaannya, misalnya dengan mengidentifikasi tokoh, peristiwa, tempat, dan
nilai/hikmah yang bisa diambil dari peristiwa tersebut;
Langkah -3
Penyusunan jadwal pelaksanaan projek
5)
Guru memberikan pendampingan kepada
peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya;
Langkah -4
Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan
monitoring guru
6) Guru
memfasilitasi dan memonitor peserta
didik dalam melaksanakan rancangan
projek pembuatan cerita bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan contoh
perilaku jujur dan adil;
7)
Guru melakukan monitoring terhadap
penyelesaian proyek yang telah dirancang;
Langkah -5
Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil
projek
8) Peserta
didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil karyanya;
9)
Peserta didik mempublikasikan hasil
karya berupa cerita bergambar atau ensiklopedi mini contoh perilaku jujur dan
adil;
Langkah -6
Evaluasi proses dan hasil projek
10) Guru
dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil tugas projek.
c. Penutup
1)
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas
projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara
demokratis;
3)
Guru memberikan reward
kepada kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru menjelaskan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
I.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilianan
a. Penilian
Sikap spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi /jurnal
|
Lamp. 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian antar teman
|
Lamp. 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
b. Penilian
Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi/
Jurnal
|
Lamp. 3
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 4
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian antar teman
|
Lamp. 5
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
c. Penilian
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Tugas
tertulis
|
Lamp. 6
|
Saat dan
usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
1
|
Tertulis
|
Soal-soalesei
Soal-soal Pilihan ganda
|
Lamp. 7
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
d. Penilaian
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Produk
|
Soal keterampilan produk
|
Lamp.8
|
Saat
pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian
untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2. Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajardiberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai ketuntasan.
3. Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang
sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan)
pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.
Demak,
13 Juli 2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
............................. Pendidikan
Agama Islam
dan
Budi Pekerti,
.................................................... ..............................................
NIP.
........................................... NIP.
.....................................
Lampiran 1
Format Jurnal Sikap
Spiritual (KI-1)
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
Tahun
pelajaran :
No
|
Tanggal
|
Nama
Pesrta
didik
|
CatatanPerilaku
|
Butir
Sikap
|
+/-
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Format Jurnal Sikap
Sosial
(KI-2)
NamaSekolah :
Kelas/Semester :
Tahunpelajaran :
No
|
Tanggal
|
Nama
Pesrta
didik
|
CatatanPerilaku
|
Butir
Sikap
|
+/-
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian
Diri Peserta didik
Nama : ………………………..
Kelas : ………………………..
Smester : ………………………..
Petunjuk: Berilah tanda centang (√)
pada
kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai
dengan keadaan
yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Ketikat
saya menemukan sejumlah uang di depan kelas, kemudian saya mengumumkannya
agar bisa diketahui oleh teman-teman.
|
|
|
2
|
Saya mengerjakan soal ulangan
dengan jujur, tak mau menyontek.
|
|
|
3
|
Saya mau mengakui kesalahan
dihadapan bapak-ibu guru dan kedua orang tua
|
|
|
4
|
Saya rela melaksanakan kebersihan
kelas sesuai jadwal piket yang telah disepakati.
|
|
|
5
|
Saat di angkutan umum, saya
memberikan kesempatan duduk bagi lansia dan wanita hamil.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan dapat
diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format tabel
di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai
kebutuhan.
Lembar Penilaian
Antar teman
Nama teman yang
dinilai : ………………………..
Nama penilai :
………………………..
Kelas : ………………………..
Semester : ………………………..
Petunjuk: Berilah
tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Ketika teman saya menemukan
sejumlah uang di depan kelas, kemudian teman saya mengumumkannya agar bisa
diketahui oleh teman-teman.
|
|
|
2
|
Teman saya mengerjakan soal
ulangan dengan jujur, tak mau menyontek.
|
|
|
3
|
Teman saya mau mengakui kesalahan
dihadapan bapak-ibu guru dan kedua orang tua
|
|
|
4
|
Teman saya rela melaksanakan
kebersihan kelas sesuai jadwal piket yang telah disepakati.
|
|
|
5
|
Teman saya saat di angkutan umum,
saya memberikan kesempatan duduk bagi lansia dan wanita hamil.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan dapat
diubah atau ditambah sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai. Format tabel
di atas hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai
kebutuhan.
Lampiran 7:
Soal-soal tes tulis
Petunjuk:
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.
Sebutkan
akibat dari ketidakjujuran !
2.
Jelaskan
pengertian adil?
3.
Jelaskan
cara menerapkan kejujuran di sekolah?
4.
Jelaskan
kandungan QS Al-Maidah/5 ayat 8!
5.
Jelaskan cara
menerapkan kejujuran di rumah?
Kunci Jawaban:
No.
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Soal No. 1
|
Akibat dari ketidakjujuran adalah akan dirasakan oleh diri
sendiri dan orang lain. Seseorang yang tidak jujur akan sulit mendapat kepercayaan
dari orang lain
|
0-3
|
2.
|
Soal No. 2
|
Pengertian adil adalah menetakkan suatu kebenaran terhadap dua
masalah atau beberapa masalah untuk dipecahkan sesuai dengan aturan-aturan
yang telah ditetapkan oleh agama
|
0-1
|
3.
|
Soal No. 3
|
Cara menerapkan kejujuran disekolah adalah perilaku jujur
kepada bapak ibu guru, karyawan dan teman di sekolah (kebijakan guru)
|
0-1
|
4.
|
Soal No. 4
|
Kandungan Q.S. al maidāh/5:8 adalah menegakkan keadilan harus
karena Allah Swt. semata, bukan karena kepentingan pribadi atau duniawi.
Kepentingan pribadi atau duniawi harus dikesampingkan dalam menegakkan
keadilan. Bahkan jika kita bersaksi untuk kepentingan kerabat dekat, maka
kita pun harus bersaksi dengan mengatakan yang sebenarnya, meskipun kesaksian
itu merugikannya. Demikian juga jika kita bersaksi untuk musuh, maka kita pun
harus bersaksi dengan mengatakan yang sebenarnya, meskipun menguntungkannya.
|
0-3
|
5.
|
Soal No. 5
|
Cara menerapkan kejujuran di rumah jujur kepada ayah dan ibu,
melaksanakan hak dan tanggung jawab masing-masing (kebijakan guru)
|
0-2
|
|
|
|
10
|
Contoh kisi-kisi
penilaian Produk
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
Tahun pelajaran :
MataPelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
|
Menyajikan cara
menerapkan perilaku jujur dan adil
|
Jujur dan Adil
|
·
Penyajian
Peta Konsep
·
Kelangkapan data dan Informasi
·
Kerapihan dan Keindahan Produk
|
Produk Time Line
|
FORMAT LAPORAN PEMBUATAN PRODUK
TEMA:
KEJUJURAN DAN KEADILAN
Nama Kelompok :
Anggota :
Kelas :
Nama Produk :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
a.
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Jenis Produk
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahapan Proses Pembuatan
|
|
|
|
|
|
|
a.
Persiapan Alat dan Bahan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Teknik Pengolahan
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kerjasama Kelompok
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap Akhir
|
|
|
|
|
|
|
a.
Bentuk Penayangan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Inovasi
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat
baik
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :