RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VIII SALAT SUNNAH BERJAMAAH dan MUNFARID

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KD. 5 – (FIQIH-1)

Sekolah                       : SMP ......................................
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester           : VIII/Satu
Materi Pokok              : Salat Sunah Bejamaah dan Munfarid
Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (9 JP)

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong   royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

KD

Indikator

1.9.    Melaksanakan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama

a.     mematuhi pelaksanaan salat sunnah

b.    menyenangi salat sunnah sebagai anjuran agama

2.9.    Menunjukkan perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid

a.     mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid

b.    menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid

c.     mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid

3.9.    Memahami tata cara salat sunah berjemaah dan munfarid

a.      Menjelaskan pengertian salat sunnah.

b.      Menjelaskan macam-macam salat sunnah berjamaah.

c.       Menjelaskan macam-macam salat sunnah munfarid.

d.     Menjelaskan macam-macam salat sunnah berjamaah dan munfarid.

e.      Menjelaskan hikmah melaksanakan salat sunnah.

f.        Menganalisis manfaat salat sunnah berjamaah dan munfarid kaitannya dengan ketengan jiwa.

4.9.    Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid

a.      Mendemonstrasikan salat sunnah berjamaah dan munfarid sesuai dengan ketentuan syara.

b.      Mempraktikkan salat sunnah berjamaah sesuai dengan ketentuan syara.

c.       Mempraktikkan salat sunnah munfarid sesuai dengan ketentuan syara.

d.     Mempraktikkan salat sunnah berjamaah dan munfarid sesuai dengan ketentuan syara.

 

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan pertama:

Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan salat sunnah dengan benar.

2.        menyenangi salat sunnah sebagai anjuran agama dengan benar.

3.        mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

4.        menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

5.        mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

6.        menjelaskan pengertian salat sunnah dengan benar.

7.        menjelaskan macam-macam salat sunnah berjamaah dengan benar.

8.        menjelaskan macam-macam salat sunnah munfarid dengan benar.

9.        menjelaskan macam-macam salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

10.    menjelaskan hikmah melaksanakan salat sunnah dengan benar.

11.    menganalisis manfaat salat sunnah berjamaah dan munfarid kaitannya dengan ketengan jiwa dengan benar.

 

Pertemuan kedua dan Ketiga:

Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan salat sunnah dengan benar.

2.        menyenangi salat sunnah sebagai anjuran agama dengan benar.

3.        mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

4.        menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

5.        mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.

6.        mendemonstrasikan salat sunnah berjamaah dan munfarid sesuai dengan ketentuan syara.

7.        mempraktikkan salat sunnah berjamaah sesuai dengan ketentuan syara.

8.        mempraktikkan salat sunnah munfarid sesuai dengan ketentuan syara.

9.        mempraktikkan salat sunnah berjamaah dan munfarid sesuai dengan ketentuan syara.

 

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1.      Materi pembelajaran reguler:

a.        Pengertian salat sunnah berjamaah

b.        Macam-macam salat sunnah berjamaah

c.         Ketentuan dan dalil naqli salat sunah berjamaah

d.       Pengertian salat sunnah munfarid

e.        Macam-macam salat sunnah munfarid

f.          Ketentuan dan dalil naqli salat sunah munfarid

g.        Pengertian salat sunnah berjamaah dan munfarid

h.        Macam-macam salat berjamaah dan munfarid

i.          Ketentuan dan dalil naqli salat sunnah berjamaah dan munfarid

j.          Hikmah salat sunnah

 

2.      Materi pembelajaran pengayaan:

a.        Salat ditinjau dari segi medis

 

3.      Materi pembelajaran remedial:

a.      Pengertian salat sunnah berjamaah

b.      Macam-macam salat sunnah berjamaah

c.       Ketentuan dan dalil naqli salat sunah berjamaah

d.     Pengertian salat sunnah munfarid

e.      Macam-macam salat sunnah munfarid

f.        Ketentuan dan dalil naqli salat sunah munfarid

g.      Pengertian salat sunnah berjamaah dan munfarid

h.      Macam-macam salat berjamaah dan munfarid

i.        Ketentuan dan dalil naqli salat sunnah berjamaah dan munfarid

j.        Hikmah salat sunnah

(materi remedial menyesuaikan materi reguler yang belum dikuasai siswa setelah dilakukan penilaian)

 

 

E.     METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ilmiah (saintifik).

 

F.      MEDIA DAN BAHAN

             1.       Media

a.      Presentasi Power Point

b.        Video pembelajaran/Film tentang salat sunah

c.         Laptop/Komputer

d.       LCD Projector

e.        White Board/Black Board

f.          Gunting/ cutter

 

             2.       Bahan

                           a.          Pensil/ Spidol.

                           b.          Kertas

                            c.          CD/Flash Disk

                          d.          Bahan-bahan lainnya.

 

G.    SUMBER BELAJAR

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 55).

2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 44).

3.      Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

 

 

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.          Pertemuan Pertama: 3 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1)         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)         Guru memerhatikan kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

3)         Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi salat sunnah dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut.

5)         Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu kompetensi tentang salat sunnah dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar kita semua peserta didik mampu mendeskripsikan salat sunnah.

6)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang salat sunnah.

7)         Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

 

b.   Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)        Peserta didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang salat sunnah di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) halaman 56-58 dan buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film tentang pelaksanaan berbagai salat sunnah baik yang berjamaah atau sendirian.

b)       Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang salat sunnah seperti yang ditayangkan melalui film/video.

 

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan salat sunnah, menyangkut pengertian, macam-macam salat sunnah, dalil naqli salat sunnah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.

b)      Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi pembelajaran.

c)      Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

a)      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang salat sunnah.

b)     Peserta didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

a)      Peserta didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

b)     Peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.

 

5)      Mengomunikasikan:

a)      Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.

b)     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.

c)      Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.

d)     Anggota kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.

e)      Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, peserta didik kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji.

f)       Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.

 

 

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang konsep salat sunnah, macam-macam salat sunnah dan dalil naqlinya.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik membiasakan melaksanakan salat sunnah.

3)        Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik.

5)        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

2.          Pertemuan Kedua

a.        Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)        Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena keislaman.

3)        Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu konsep salat sunnah dengan cara menunjuk beberapa peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang konsep salat sunnah.

4)        Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

5)        Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

6)        Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.

 

b.       Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)   Peserta didik bersama-sama mengamati tayangan tentang salat sunnah.

b)   Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk salat sunnah.

 

2)      Menanya:

c)    Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan salat sunnah.

d)  Peserta didik juga diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

e)   Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, dengan tugas membuat demonstrasi salat sunnah, dengan pembagian sebagai berikut:

·         Kelompok 1: salat sunnah idul fitri

·         Kelompok 2: salat istisqa’

·         Kelompok 3: salat sunnah rawatib

·         Kelompok 4: salat sunnah hajat

·         Kelompok 5: salat sunnah dhuha

·         Kelompok 6: sulat sunnah tahajud

f)     Peserta didik menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada salat sunnah.

g)   Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

h)   Peserta didik membuat perencanaan pelaksanaan salat sunnah.

i)     Peserta didik menyelesaikan perencanaannya secara detil mulai awal sampai akhir.

 

a.   Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan mengenai hikmah salat sunnah.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu melaksanakan salat sunnah, terutama salat sunnah rawatib dan salat sunnah dhuha.

3)        Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan peserta didik secara mandiri mengerjakannya.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta didik.

5)        Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

2.      Pertemuan Ketiga

                       a.        Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)      Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik mendengarkan dan menyaksikan lagu religi terkait dengan salat sunnah melalui tayangan video.

3)      Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya, yaitu tata cara salat sunnah dan hikmah yang dapat diperoleh dengan cara meminta masing-masing ketua kelompok menyampaikannya secara bergantian.

5)      Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, yaitu praktik salat sunnah, dan penilaiannya adalah penilaian sikap dan praktik.

6)      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda, dan penilaian keterampilan dengan teknik kinerja.

 

                      b.        Kegiatan Inti (80 menit)

1)      Mengomunikasikan:

a)      Peserta didik mempraktikkan salat sunnah yang sudah direncanakan.

b)     Kelompok lain memberikan tanggapan atas pelaksanaan praktik salat sunnah.

 

                       c.     Penutup (25 menit)

1)        Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan beberapa simpulan terkait dengan praktik salat sunnah berjamaah maupun munfarid.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.

3)        Guru memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik mengamalkan ajaran tentang salat sunnah.

4)        Guru melakukan penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan teknik tes tertulis, dan penilaian keterampilan dengan teknik kinerja (praktik pelaksanaan salat sunnah).

5)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas mandiri (PR) kepada peserta didik.

6)        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

7)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

 

I.        PENILAIAN

1.                            Sikap spiritual

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Lembar Observasi

Lampiran 1

 

Saat pembelajaran berlangsung.

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 2

 

 

 

Saat pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 3

 

 

 

Setelah pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

 

 

 

 

 

2.                            Sikap sosial

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Jurnal

Lampiran 4

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 5

 

 

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 6

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.                            Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

Lampiran 7

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

 

Penugasan

Tugas tertulis

Lampiran 8

 

 

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

Tertulis

Soal-soal esay

Lampiran 9

 

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

 

 

 

 

 

 

 

4.                            Keterampilan

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Unjuk kerja

Soal keterampilan unjuk kerja

Lampiran 10

Setelah pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

 

5.                            Pembelajaran Remedial

Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

    pembelajaran ulang

    bimbingan perorangan

    belajar kelompok

    pemanfaatan tutor sebaya

bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11)

 


6.                            Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)

 

 

 

                                                                                                Demak, 13 Juli  2020

Mengetahui                                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP .............................                                            Pendidikan Agama Islam

                                                                                                dan Budi Pekerti,                

 

                                                                                               

....................................................                                            ..............................................

NIP. ...........................................                                            NIP. .....................................


Lampiran 1: Lembar observasi sikap spiritual

 

Petunjuk:

1.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.

2.      Pengisian lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

3.      Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Observasi

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Indikator yang diamati:

1.      Bersyukur kepada Allah Swt. karena mendapat kesempatan melakukan amalan sunnah.

2.      Meningkatkan ibadah dengan memperbanyak salat sunnah.

3.      Senang melaksanakan salat dhuha.

4.      Terbiasa dengan salat sunnah rawatib.

 

 

Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

 

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya bersyukur kepada Allah Swt. Karena diberi kesempatan melaksanakan amalan sunnah.

 

 

2.

Saya rajin melaksanakan salat duha

 

 

3.

Saya rajin melaksanakan salat sunnah rawatib

 

 

4.

Saya berdoa memohon pertolongan agar diberikan hidayah untuk melaksanakan salat sunnah.

 

 

5.

Saya senang melaksanakan salat sunnah baik berjamaah maupun munfarid.

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya bersyukur kepada Allah Swt. Karena diberi kesempatan melaksanakan amalan sunnah.

 

 

2.

Teman saya rajin melaksanakan salat duha

 

 

3.

Teman saya rajin melaksanakan salat sunnah rawatib

 

 

4.

Teman saya berdoa memohon pertolongan agar diberikan hidayah untuk melaksanakan salat sunnah.

 

 

5.

Teman saya senang melaksanakan salat sunnah baik berjamaah maupun munfarid.

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.

 

 

Lampiran 4: Jurnal sikap sosial

Petunjuk:

a.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.

b.      Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

c.       Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5: Lembar penilaian diri sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

 

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya selalu bersikap demokratis terhdap sesama sebagai implementasi pengamalan nilai-nilai dari salat sunnah.

 

 

2.

Saya selalu menghargai pendapat orang lain

 

 

3.

Saya selalu mengajak musyawarah sebelum memutuskan program kelas

 

 

4.

Saya senang jika ada orang lain yang memberi usulan

 

 

5.

Saya senang jika ada kawan yang mengajak melaksanakan salat duha waktu istirahat

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

 

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya selalu bersikap demokratis terhdap sesama sebagai implementasi pengamalan nilai-nilai dari salat sunnah.

 

 

2.

Teman saya selalu menghargai pendapat orang lain

 

 

3.

Teman saya selalu mengajak musyawarah sebelum memutuskan program kelas

 

 

4.

Teman saya senang jika ada orang lain yang memberi usulan

 

 

5.

Teman saya senang jika ada kawan yang mengajak melaksanakan salat duha waktu istirahat

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

Lampiran 7: Soal-soal tes lisan

 

Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

 

No.

Daftar Pertanyaan

Ket.

  1.  

Jelaskan pengertian salat sunnah!

 

  1.  

Sebutkan jenis-jenis salat sunnah!

 

  1.  

Apakah yang dimaksud salat sunnah rawatib?

 

  1.  

Tuliskan dalil naqli salat sunnah!

 

  1.  

Jelaskan arti salat sunnah munfarid!

 

 

 

Lampiran 8: Lembar tugas

 

Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Quran dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang salat sunnah dan menuliskannya di buku tugas!

 

Pedoman penskoran:

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1.

Menuliskan ayat al-Qur’an yang berisi anjuran melaksanakan salat sunnah dalam buku tugas.

0-3

2.

Menuliskan arti ayat al-Qur’an yang berisi hikmah salat sunnah dalam buku tugas.

0-2

3.

Menuliskan hadis yang berisi tentang salat sunnah.

0-3

4.

Menuliskan arti hadis yang berisi hukmah salat sunnah.

0-2

Skor maksimum

10

 

 

 

Lampiran 9: Soal-soal tes tulis

 

Petunjuk:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

  1. Apakah perbedaan śalat sunnah mu’akkad dan gairu mu’akkad?
  2. Sebutkan tga macam śalat sunnah yang dilaksanakan secara berjema’ah!
  3. Tuliskan bacaan niat śalat tahajjud beserta artnya!
  4. Sebutkan hikmah melaksanakan śalat sunnah?
  5. Bagaimana cara melaksanaan śalat sunnah istsqā?

 

 

Kunci Jawaban:

No.

Soal

Kunci Jawaban

Skor

1.

Soal No. 1

Śalat sunnah mu’akad adalah śalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan sedangkan śalat sunnah ghairu mu’akad adalah śalat sunnah yang tidak terlalu dianjurkan untuk dikerjakan.

0-1

2.

Soal No. 2

Śalat sunnah hari raya Idul Fitri, śalat hari raya Idul Adha, śalat gerhana matahari, śalat gerhana bulan (jawaban dikembangkan sendiri oleh guru).

0-1

3.

Soal No. 3

0-2

4.

Soal No. 4

Teratasinya dari segala permasalahan dan persoalannya dan senantiasa akan diberikan rezeki yang cukup oleh Allah Swt., menambah kesempunaan śalat fardu, menghapuskan dosa, meningkatkan derajat keridhoan Allah Swt. serta menumbuhkan kecintaan kepada Allah Swt., sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Swt. atas berbagai karunia besar yang sering kurang kita sadari, mendatangkan keberkahan pada rumah yang sering digunakan untuk śalat sunnah, hidup menjadi serasa nyaman dan tenteram.

0-3

5.

Soal No. 5

Śalat sunnah rawatib ditinjau dari segi pelaksanaannya terbagi menjadi dua yaitu śalat sunnah qabliyah (dikerjakan sebelum śalat fardu) dan śalat sunnah ba’diyah (dikerjakan setelah śalat far«u). Cara melaksanakannya adalah niat menurut waktunya, dikerjakan tidak dengan azan dan iqamah, śalat sunnah rawatib ini dianjurkan untuk melaksanakan śalat secara munfarid, bila lebih dari dua rakaat gunakan satu salam setiap dua rakaat, membaca dengan suara yang tidak dinyaringkan seperti pada saat melaksanakan śalat zuhur dan śalat Asar, śalat dikerjakan dengan posisi berdiri. Jika tidak mampu boleh dengan duduk, atau jika masih tidak mampu boleh berbaring,sebaiknya berpindah sedikit dari tempat śalat fardu tetapi tetap menghadap kiblat.

0-3

 

 

Jumlah skor

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 10: Instrumen Penilaian keterampilan

Petunjuk:

1.        Demonstrasikan salat sunnah secara berkelompok, dengan pembagian sebagai berikut:

·                                             Kelompok 1: salat sunnah idul fitri

·                                             Kelompok 2: salat istisqa’

·                                             Kelompok 3: salat sunnah rawatib

·                                             Kelompok 4: salat sunnah hajat

·                                             Kelompok 5: salat sunnah dhuha

·                                             Kelompok 6: sulat sunnah tahajud

2.        Keompok lain menjadi penilai dan pengamat.

 

Rubrik penilaian unjuk kerja:

No.

Aspek yang Dinilai

Skor

1.

Mendemonstrasikan salat sunnah sesuai dengan ketentuan syariat

4 = Sempurna, tidak ada kesalahan

3 = Kurang dari 4 kesalahan

2 = Antara 5 – 10 kesalahan

1 = Lebih dari 10 kesalahan

Skor Maksimum

4

 

 

Lampiran 11:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

 

Sekolah                                  : SMP ......................................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : VIII/Satu

Materi Remedial                  : 1. …

                                                  2.

Waktu Pemb. Remedial      :

Waktu Ulangan Remedial  :

Ketuntasan Belajar               :

No.

Nama Siswa

Nilai UH

KD yang Tidak Tuntas

Bentuk Pembelajaran Remedial

Nilai Hasil Remedial

Ket.

1

 

 

 

 

 

 

2

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 12:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

 

Sekolah                                  : SMP ......................................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : VIII/Satu

Materi Pengayaan                : 1.

                                                2.                                

Waktu Pengayaan                :

Waktu Ulangan                    :

Ketuntasan Belajar               :

 

No.

Nama Siswa

Nilai UH.

Bentuk Pengayaan

Nilai Tes Pengayaan

1

 

 

 

 

2

dst.