RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VIII SALAT SUNNAH BERJAMAAH dan MUNFARID
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KD. 5 –
(FIQIH-1)
Sekolah : SMP ......................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Salat Sunah Bejamaah dan Munfarid
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KD
|
Indikator
|
1.9. Melaksanakan salat sunah
berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama
|
a.
mematuhi pelaksanaan salat
sunnah
b.
menyenangi salat sunnah sebagai anjuran agama
|
2.9. Menunjukkan perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi pemahaman salat
sunah berjamaah dan munfarid
|
a.
mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi
dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid
b.
menampilkan perilaku demokratis sebagai
implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid
c.
mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis
sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid
|
3.9. Memahami tata cara salat sunah berjemaah
dan munfarid
|
a.
Menjelaskan
pengertian salat sunnah.
b.
Menjelaskan
macam-macam salat sunnah
berjamaah.
c.
Menjelaskan
macam-macam salat sunnah munfarid.
d.
Menjelaskan
macam-macam salat sunnah berjamaah
dan munfarid.
e. Menjelaskan hikmah melaksanakan salat
sunnah.
f.
Menganalisis manfaat salat
sunnah berjamaah dan munfarid kaitannya dengan ketengan jiwa.
|
4.9. Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid
|
a.
Mendemonstrasikan
salat sunnah berjamaah
dan munfarid sesuai dengan ketentuan syara.
b.
Mempraktikkan
salat
sunnah berjamaah
sesuai dengan ketentuan syara.
c.
Mempraktikkan
salat
sunnah munfarid
sesuai dengan ketentuan syara.
d.
Mempraktikkan
salat
sunnah berjamaah dan
munfarid sesuai dengan ketentuan syara.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi pelaksanaan salat sunnah dengan benar.
2.
menyenangi salat sunnah sebagai anjuran agama dengan benar.
3.
mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah
dan munfarid dengan benar.
4.
menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah
dan munfarid dengan benar.
5.
mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi
dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.
6.
menjelaskan pengertian salat sunnah dengan benar.
7.
menjelaskan macam-macam salat sunnah berjamaah dengan benar.
8.
menjelaskan macam-macam salat sunnah
munfarid dengan benar.
9.
menjelaskan macam-macam salat sunnah berjamaah
dan munfarid dengan benar.
10. menjelaskan hikmah melaksanakan salat sunnah dengan benar.
11. menganalisis manfaat salat sunnah berjamaah dan munfarid
kaitannya dengan ketengan jiwa dengan
benar.
Pertemuan kedua dan Ketiga:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi pelaksanaan salat sunnah dengan benar.
2.
menyenangi salat sunnah sebagai anjuran agama dengan benar.
3.
mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah
dan munfarid dengan benar.
4.
menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah
dan munfarid dengan benar.
5.
mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi
dari pelaksanaan salat sunnah berjamaah dan munfarid dengan benar.
6.
mendemonstrasikan salat sunnah berjamaah dan munfarid sesuai dengan ketentuan syara.
7.
mempraktikkan salat sunnah berjamaah sesuai dengan
ketentuan syara.
8.
mempraktikkan salat sunnah munfarid sesuai dengan
ketentuan syara.
9.
mempraktikkan salat sunnah berjamaah dan munfarid sesuai
dengan ketentuan syara.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Materi pembelajaran
reguler:
a.
Pengertian
salat sunnah berjamaah
b.
Macam-macam
salat sunnah berjamaah
c.
Ketentuan dan
dalil naqli salat sunah berjamaah
d.
Pengertian
salat sunnah munfarid
e.
Macam-macam
salat sunnah munfarid
f.
Ketentuan dan
dalil naqli salat sunah munfarid
g.
Pengertian
salat sunnah berjamaah dan munfarid
h.
Macam-macam salat
berjamaah dan munfarid
i.
Ketentuan dan
dalil naqli salat sunnah berjamaah dan munfarid
j.
Hikmah salat
sunnah
2.
Materi
pembelajaran pengayaan:
a.
Salat ditinjau
dari segi medis
3.
Materi pembelajaran
remedial:
a.
Pengertian
salat sunnah berjamaah
b.
Macam-macam
salat sunnah berjamaah
c.
Ketentuan dan
dalil naqli salat sunah berjamaah
d.
Pengertian
salat sunnah munfarid
e.
Macam-macam
salat sunnah munfarid
f.
Ketentuan dan
dalil naqli salat sunah munfarid
g.
Pengertian
salat sunnah berjamaah dan munfarid
h.
Macam-macam
salat berjamaah dan munfarid
i.
Ketentuan dan
dalil naqli salat sunnah berjamaah dan munfarid
j.
Hikmah salat
sunnah
(materi remedial menyesuaikan
materi
reguler yang belum dikuasai siswa setelah dilakukan
penilaian)
E.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan
adalah metode ilmiah (saintifik).
F.
MEDIA DAN BAHAN
1.
Media
a.
Presentasi Power Point
b.
Video
pembelajaran/Film tentang salat sunah
c.
Laptop/Komputer
d.
LCD Projector
e.
White
Board/Black Board
f.
Gunting/ cutter
2.
Bahan
a.
Pensil/ Spidol.
b.
Kertas
c.
CD/Flash Disk
d.
Bahan-bahan
lainnya.
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 55).
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 44).
3.
Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2)
Guru memerhatikan kesiapan peserta
didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
3)
Peserta didik secara bersama-sama
membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi salat
sunnah dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
4)
Guru mengecek penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab
singkat tentang kompetensi tersebut.
5)
Guru menginformasikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu kompetensi tentang salat sunnah dan menunjukkan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar kita semua peserta didik mampu
mendeskripsikan salat sunnah.
6)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang salat sunnah.
7)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang
meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a)
Peserta didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang
salat sunnah di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VIII (Buku Siswa) halaman 56-58 dan buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film
tentang pelaksanaan berbagai salat sunnah baik yang berjamaah atau sendirian.
b)
Peserta didik
menyimak uraian singkat dari guru tentang salat sunnah seperti yang ditayangkan
melalui film/video.
2) Menanya:
a)
Peserta didik
dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan
salat sunnah, menyangkut
pengertian, macam-macam salat sunnah, dalil naqli salat
sunnah. Pertanyaan-pertanyaan
tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.
b)
Peserta didik difasilitasi
oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai
dengan materi pembelajaran.
c)
Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk
didiskusikan.
3) Mengumpulkan informasi:
a)
Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat
oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang
salat sunnah.
b) Peserta
didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
4) Menalar/ mengasosiasi:
a)
Peserta didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
b)
Peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.
5) Mengomunikasikan:
a)
Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut
pada dinding kelas.
b)
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.
c)
Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.
d)
Anggota kelompok yang berkunjung
memberikan apresisasi terhadap hasil kerja
kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.
e)
Setelah usai
berkunjung ke kelompok lain, peserta
didik kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji.
f)
Setiap kelompok
kemudian menyempurnakan jawabannya
sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang
konsep salat sunnah, macam-macam salat sunnah dan dalil naqlinya.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik membiasakan
melaksanakan salat sunnah.
3)
Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan
pemberian penugasan.
4)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada
peserta didik.
5)
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.
6)
Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran
dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena
keislaman.
3)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu konsep salat sunnah dengan cara menunjuk beberapa
peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang konsep salat
sunnah.
4)
Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran
pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
5)
Guru menyampaikan garis-garis
besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a) Peserta
didik bersama-sama mengamati tayangan tentang salat sunnah.
b) Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk salat sunnah.
2) Menanya:
c) Peserta didik mengajukan
pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan
salat
sunnah.
d) Peserta didik juga
diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan
tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.
3) Mengumpulkan informasi:
e) Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok,
dengan tugas membuat demonstrasi
salat sunnah, dengan pembagian sebagai berikut:
·
Kelompok 1: salat sunnah idul fitri
·
Kelompok 2: salat istisqa’
·
Kelompok 3: salat sunnah rawatib
·
Kelompok 4: salat sunnah hajat
·
Kelompok 5: salat
sunnah dhuha
·
Kelompok 6: sulat sunnah tahajud
f) Peserta didik menyelesaikan
tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku
Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan
buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada salat sunnah.
g) Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya.
4) Menalar/ mengasosiasi:
h) Peserta
didik membuat perencanaan
pelaksanaan salat sunnah.
i) Peserta
didik menyelesaikan perencanaannya
secara detil mulai awal sampai akhir.
a.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan
mengenai hikmah salat sunnah.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu melaksanakan
salat sunnah, terutama salat sunnah rawatib dan salat sunnah
dhuha.
3)
Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar
kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan
peserta didik secara mandiri mengerjakannya.
4)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta
didik.
5)
Guru
memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan
berikutnya.
6)
Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran
dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
2. Pertemuan Ketiga
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1) Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat.
2) Guru
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik
mendengarkan dan menyaksikan lagu religi terkait dengan salat sunnah melalui
tayangan video.
3) Peserta didik
secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan
materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
4)
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya, yaitu tata
cara salat sunnah dan hikmah yang dapat diperoleh dengan cara meminta
masing-masing ketua kelompok menyampaikannya secara bergantian.
5) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan, yaitu praktik salat sunnah, dan penilaiannya adalah penilaian sikap
dan praktik.
6) Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam
bentuk jurnal) dan penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan tes
tertulis dalam bentuk pilihan ganda, dan penilaian keterampilan dengan teknik
kinerja.
b.
Kegiatan Inti (80 menit)
1) Mengomunikasikan:
a)
Peserta didik mempraktikkan salat sunnah yang sudah direncanakan.
b)
Kelompok lain memberikan tanggapan atas pelaksanaan praktik salat sunnah.
c. Penutup (25 menit)
1)
Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan beberapa simpulan
terkait dengan praktik salat sunnah berjamaah maupun munfarid.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan dengan menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.
3)
Guru memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik
mengamalkan ajaran tentang salat sunnah.
4)
Guru melakukan penilaian sikap dengan teknik
penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan teknik tes tertulis, dan
penilaian keterampilan dengan teknik kinerja (praktik pelaksanaan salat sunnah).
5)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas mandiri (PR) kepada
peserta didik.
6)
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
7)
Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran
dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
I.
PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Lampiran 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian
antarteman
|
Lampiran 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
2.
Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 4
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 5
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian
antarteman
|
Lampiran 6
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3.
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lampiran 7
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
|
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lampiran 8
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
|
Tertulis
|
Soal-soal esay
|
Lampiran 9
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessment of learning)
|
4.
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Unjuk kerja
|
Soal
keterampilan unjuk kerja
|
Lampiran
10
|
Setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
5.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial antara
lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian
remedial (lampiran 11)
6.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan
dan/atau pendalaman materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih
tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
narasumber.
Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)
Demak, 13 Juli 2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
............................. Pendidikan
Agama Islam
dan
Budi Pekerti,
.................................................... ..............................................
NIP.
........................................... NIP.
.....................................
Lampiran
1: Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk:
1.
Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.
2.
Pengisian lembar
observasi dengan cara menuliskan sikap atau
perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
3.
Berikut format jurnal
sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Observasi
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Indikator
yang diamati:
1.
Bersyukur kepada Allah Swt.
karena mendapat kesempatan melakukan amalan sunnah.
2.
Meningkatkan ibadah dengan
memperbanyak salat sunnah.
3. Senang melaksanakan salat dhuha.
4. Terbiasa dengan salat sunnah rawatib.
Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya”
atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bersyukur kepada Allah Swt. Karena diberi kesempatan melaksanakan amalan
sunnah.
|
|
|
2.
|
Saya rajin melaksanakan salat duha
|
|
|
3.
|
Saya rajin melaksanakan salat sunnah rawatib
|
|
|
4.
|
Saya berdoa memohon pertolongan agar diberikan hidayah untuk melaksanakan salat
sunnah.
|
|
|
5.
|
Saya senang melaksanakan salat sunnah baik berjamaah maupun munfarid.
|
|
|
Keterangan:
a.
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu
semester.
b.
Penilaian diri
dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya
merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya”
atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersyukur
kepada Allah Swt. Karena diberi kesempatan melaksanakan amalan sunnah.
|
|
|
2.
|
Teman saya rajin melaksanakan salat duha
|
|
|
3.
|
Teman saya rajin melaksanakan salat sunnah rawatib
|
|
|
4.
|
Teman saya berdoa memohon
pertolongan agar diberikan hidayah untuk melaksanakan salat sunnah.
|
|
|
5.
|
Teman saya senang melaksanakan
salat sunnah baik berjamaah maupun munfarid.
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian antarteman
dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana
teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka
pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu
data konfirmasi dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.
Lampiran
4: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a.
Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.
b.
Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku
siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
c.
Berikut format jurnal
sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Lampiran
5: Lembar penilaian diri sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya”
atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya selalu bersikap demokratis terhdap sesama sebagai implementasi pengamalan
nilai-nilai dari salat sunnah.
|
|
|
2.
|
Saya selalu menghargai pendapat orang lain
|
|
|
3.
|
Saya selalu mengajak musyawarah sebelum memutuskan program kelas
|
|
|
4.
|
Saya senang jika ada orang lain yang memberi usulan
|
|
|
5.
|
Saya senang jika ada kawan yang mengajak melaksanakan salat duha waktu
istirahat
|
|
|
Keterangan:
a.
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu
semester.
b.
Penilaian diri
dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya
merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya”
atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya selalu
bersikap demokratis terhdap sesama sebagai implementasi pengamalan
nilai-nilai dari salat sunnah.
|
|
|
2.
|
Teman saya selalu menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
3.
|
Teman saya selalu mengajak musyawarah sebelum memutuskan program kelas
|
|
|
4.
|
Teman saya senang jika ada orang lain yang memberi usulan
|
|
|
5.
|
Teman saya senang jika ada kawan yang mengajak melaksanakan salat duha
waktu istirahat
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian antarteman
dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana
teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka
pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu
data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
7: Soal-soal tes lisan
Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
No.
|
Daftar Pertanyaan
|
Ket.
|
-
|
Jelaskan pengertian salat sunnah!
|
|
-
|
Sebutkan jenis-jenis salat
sunnah!
|
|
-
|
Apakah yang dimaksud salat sunnah rawatib?
|
|
-
|
Tuliskan dalil naqli salat sunnah!
|
|
-
|
Jelaskan arti salat sunnah munfarid!
|
|
Lampiran
8: Lembar tugas
Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Qur’an dan hadis
Nabi saw.) dengan artinya tentang salat sunnah dan menuliskannya di buku tugas!
Pedoman penskoran:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Menuliskan ayat al-Qur’an yang berisi
anjuran
melaksanakan salat sunnah dalam
buku tugas.
|
0-3
|
2.
|
Menuliskan arti ayat al-Qur’an yang berisi
hikmah salat
sunnah dalam buku tugas.
|
0-2
|
3.
|
Menuliskan hadis yang berisi tentang salat sunnah.
|
0-3
|
4.
|
Menuliskan arti hadis yang berisi hukmah salat sunnah.
|
0-2
|
Skor maksimum
|
10
|
Lampiran
9: Soal-soal tes tulis
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
jelas!
- Apakah perbedaan śalat sunnah mu’akkad dan gairu
mu’akkad?
- Sebutkan
tga macam śalat sunnah yang dilaksanakan secara berjema’ah!
- Tuliskan
bacaan niat śalat tahajjud
beserta artnya!
- Sebutkan
hikmah melaksanakan śalat
sunnah?
- Bagaimana
cara melaksanaan śalat sunnah
istsqā?
Kunci Jawaban:
No.
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Soal No. 1
|
Śalat sunnah mu’akad
adalah śalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan sedangkan
śalat sunnah ghairu
mu’akad adalah śalat sunnah yang tidak terlalu dianjurkan untuk dikerjakan.
|
0-1
|
2.
|
Soal No. 2
|
Śalat
sunnah hari raya Idul
Fitri, śalat hari
raya Idul Adha, śalat gerhana
matahari, śalat
gerhana bulan (jawaban dikembangkan
sendiri oleh guru).
|
0-1
|
3.
|
Soal No. 3
|
|
0-2
|
4.
|
Soal No. 4
|
Teratasinya
dari segala permasalahan dan persoalannya dan senantiasa
akan
diberikan rezeki yang cukup oleh Allah Swt., menambah kesempunaan
śalat
fardu,
menghapuskan dosa, meningkatkan derajat keridhoan Allah
Swt.
serta menumbuhkan kecintaan kepada Allah Swt., sebagai ungkapan
rasa
syukur kita kepada Allah Swt. atas berbagai karunia besar yang sering
kurang
kita sadari, mendatangkan keberkahan pada rumah yang sering
digunakan
untuk śalat
sunnah,
hidup menjadi serasa nyaman dan tenteram.
|
0-3
|
5.
|
Soal No. 5
|
Śalat
sunnah rawatib ditinjau
dari segi pelaksanaannya terbagi menjadi dua yaitu śalat sunnah
qabliyah (dikerjakan
sebelum śalat
fardu)
dan śalat
sunnah ba’diyah
(dikerjakan setelah śalat
far«u).
Cara melaksanakannya adalah niat menurut waktunya, dikerjakan tidak dengan
azan dan iqamah, śalat
sunnah rawatib ini
dianjurkan untuk melaksanakan śalat secara
munfarid, bila lebih dari dua rakaat
gunakan satu salam setiap dua rakaat, membaca dengan
suara
yang tidak dinyaringkan seperti pada saat melaksanakan śalat zuhur
dan śalat Asar, śalat dikerjakan
dengan posisi berdiri. Jika tidak mampu boleh
dengan
duduk, atau jika masih tidak mampu boleh berbaring,sebaiknya
berpindah
sedikit dari tempat śalat
fardu tetapi
tetap menghadap kiblat.
|
0-3
|
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Lampiran
10: Instrumen Penilaian keterampilan
Petunjuk:
1.
Demonstrasikan
salat sunnah secara berkelompok, dengan
pembagian sebagai berikut:
·
Kelompok 1: salat sunnah idul fitri
·
Kelompok 2: salat istisqa’
·
Kelompok 3: salat sunnah rawatib
·
Kelompok 4: salat sunnah hajat
·
Kelompok 5: salat
sunnah dhuha
·
Kelompok 6: sulat sunnah tahajud
2.
Keompok lain
menjadi penilai dan pengamat.
Rubrik penilaian unjuk kerja:
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Mendemonstrasikan
salat sunnah sesuai dengan ketentuan syariat
|
4 = Sempurna, tidak ada kesalahan
3 = Kurang dari 4 kesalahan
2 = Antara 5 – 10 kesalahan
1 = Lebih dari
10 kesalahan
|
Skor Maksimum
|
4
|
Lampiran 11:
Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
remedial.
Sekolah :
SMP ......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VIII/Satu
Materi Remedial :
1. …
2. …
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
KD yang Tidak Tuntas
|
Bentuk Pembelajaran Remedial
|
Nilai Hasil Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 12:
Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
pengayaan.
Sekolah : SMP
......................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pengayaan : 1. …
2. …
Waktu Pengayaan : …
Waktu Ulangan : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH.
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes Pengayaan
|
1
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|