RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VIII SUJUD
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KD. 10
(FIQIH-2)
Sekolah : SMP ......................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Tata Cara Sujud Syukur, Sujud Sahwi dan Sujud Tilawah
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KD
|
Indikator
|
1.10 Melaksanakan sujud syukur, sujud
tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama
|
a.
mematuhi pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud
sahwi
b.
menyenangi sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama
|
2.10 Menunjukkan perilaku tertib sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud
sahwi
|
a.
mendukung perilaku tertib sebagai
implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
b.
menampilkan perilaku tertib sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud
sahwi
c.
mengajak preserta didik untuk berperilaku tertib sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud
sahwi
|
3.10 Memahami
tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
a.
Menjelaskan pengertian
sujud.
b.
Menunjukkan dalil
tentang sujud.
c.
Menjelaskan
macam-macam sujud.
d.
Menjelaskan
ketentuan sujud syukur.
e.
Menjelaskan
hikmah sujud syukur.
f.
Menjelaskan
ketentuan sujud sahwi.
g.
Menjelaskan
hikmah sujud sahwi.
h.
Menjelaskan
ketentuan sujud tilawah.
i.
Menjelaskan
hikmah sujud tilawah.
|
4.10 Mempraktikkan
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
a.
Mempraktikkan tatacara
sujud syukur.
b.
Mempraktikkan
tatacara sujud sahwi.
c.
Mempraktikkan
tatacara sujud tilawah.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi pelaksanaan salat sujud
syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan
benar.
2.
menyenangi sujud syukur, sujud tilawah,
dan sujud sahwi sebagai perintah agama dengan
benar.
3.
mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud
syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan
benar.
4.
menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud
syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan
benar.
5.
mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi
dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah,
dan sujud sahwi dengan benar.
6.
Menjelaskan
pengertian sujud dengan benar.
7.
Menunjukkan dalil
tentang sujud dengan benar.
8.
Menjelaskan
macam-macam sujud dengan benar.
9.
Menjelaskan
ketentuan sujud syukur dengan benar.
10. Menjelaskan
hikmah sujud syukur dengan benar.
11. Menjelaskan
ketentuan sujud sahwi dengan benar.
12. Menjelaskan
hikmah sujud sahwi dengan benar.
13. Menjelaskan
ketentuan sujud tilawah dengan benar.
14. Menjelaskan
hikmah sujud tilawah dengan benar.
Pertemuan kedua:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi pelaksanaan salat sujud
syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.
2.
menyenangi sujud syukur, sujud tilawah,
dan sujud sahwi sebagai perintah agama dengan
benar.
3.
mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud
syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.
4.
menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud
syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.
5.
mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi
dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah,
dan sujud sahwi dengan benar.
6.
Mempraktikkan
tatacara sujud syukur dengan benar.
7.
Mempraktikkan
tatacara sujud sahwi dengan benar.
8.
Mempraktikkan
tatacara sujud tilawah dengan benar.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Materi pembelajaran
reguler:
a.
Pengertian
sujud dengan benar.
b.
Dalil
tentang sujud dengan benar.
c.
Macam-macam
sujud dengan benar.
d. Ketentuan sujud syukur dengan benar.
e.
Hikmah
sujud syukur dengan benar.
f.
Ketentuan
sujud sahwi dengan benar.
g.
Hikmah
sujud sahwi dengan benar.
h.
Ketentuan
sujud tilawah dengan benar.
i.
Hikmah
sujud tilawah dengan benar.
2.
Materi
pembelajaran pengayaan:
a.
Sujud ditinjau
dari segi medis
3.
Materi pembelajaran
remedial:
a.
Pengertian
sujud dengan benar.
b.
Dalil
tentang sujud dengan benar.
c.
Macam-macam
sujud dengan benar.
d. Ketentuan sujud syukur dengan benar.
e.
Hikmah
sujud syukur dengan benar.
f.
Ketentuan
sujud sahwi dengan benar.
g.
Hikmah
sujud sahwi dengan benar.
h.
Ketentuan
sujud tilawah dengan benar.
i.
Hikmah
sujud tilawah dengan benar.
(Materi remedial menyesuaikan
materi
reguler yang belum dikuasai siswa setelah dilakukan
penilaian)
E.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan
adalah metode ilmiah (saintifik).
F.
MEDIA DAN BAHAN
1.
Media
a.
Presentasi Power Point
b.
Video
pembelajaran/Film tentang salat sunah
c.
Laptop/Komputer
d.
LCD Projector
e.
White
Board/Black Board
f.
Gunting/ cutter
2.
Bahan
a.
Pensil/ Spidol.
b.
Kertas
c.
CD/Flash Disk
d.
Bahan-bahan
lainnya.
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 79).
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 58).
3.
Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2)
Guru memerhatikan kesiapan peserta
didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
3)
Peserta didik secara bersama-sama
membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi sujud dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
4)
Guru mengecek penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab
singkat tentang kompetensi tersebut.
5)
Guru menginformasikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu kompetensi tentang sujud dan menunjukkan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar kita semua peserta didik mampu
mendeskripsikan sujud.
6)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang sujud.
7)
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang
meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a)
Peserta didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang
salat sunnah di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VIII (Buku Siswa) halaman 79 dan buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film
tentang pelaksanaan berbagai salat sunnah baik yang berjamaah atau sendirian.
b)
Peserta didik
menyimak uraian singkat dari guru tentang berbagai fenomena tentang bencana
alam sebagai bagian dari tanda-tanda datangnya kiamat seperti yang ditayangkan
melalui film/video.
2) Menanya:
a)
Peserta didik
dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan
salat sunnah, menyangkut
pengertian, macam-macam salat sunnah, dalil naqli salat
sunnah. Pertanyaan-pertanyaan
tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.
b)
Peserta didik difasilitasi
oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai
dengan materi pembelajaran.
c)
Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk
didiskusikan.
3) Mengumpulkan informasi:
a)
Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat
oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang
sujud.
b) Peserta
didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
4) Menalar/ mengasosiasi:
a)
Peserta didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
b)
Peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.
5) Mengomunikasikan:
a)
Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut
pada dinding kelas.
b)
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.
c)
Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.
d)
Anggota kelompok yang berkunjung
memberikan apresisasi terhadap hasil kerja
kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.
e)
Setelah usai
berkunjung ke kelompok lain, peserta
didik kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji.
f)
Setiap kelompok
kemudian menyempurnakan jawabannya
sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang
konsep salat sunnah, macam-macam salat sunnah dan dalil naqlinya.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik membiasakan
melaksanakan salat sunnah.
3)
Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan
pemberian penugasan.
4)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada
peserta didik.
5)
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.
6)
Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran
dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena
keislaman.
3)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu konsep salat sunnah dengan cara menunjuk beberapa
peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang konsep sujud.
4)
Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran
pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
5)
Guru menyampaikan garis-garis
besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
b. Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a) Peserta
didik bersama-sama mengamati tayangan tentang macam-macam sujud di luar salat.
b) Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk sujud di luar salat.
2) Menanya:
c) Peserta didik mengajukan
pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan
sujud.
d) Peserta didik juga
diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan
tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.
3) Mengumpulkan informasi:
e) Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok,
dengan tugas membuat demonstrasi
sujud di luar salat, dengan pembagian sebagai berikut:
·
Kelompok 1: sujud syukur
·
Kelompok 2: sujud sahwi
·
Kelompok 3: sujud tilawah
·
Kelompok 4: sujud syukur
·
Kelompok 5: sujud
sahwi
·
Kelompok 6: sujud tilawah
f) Peserta didik menyelesaikan
tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku
Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan
buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah sujud.
g) Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya.
4) Menalar/ mengasosiasi:
h) Peserta
didik membuat perencanaan
pelaksanaan sujud.
i) Peserta
didik menyelesaikan perencanaannya
secara detil mulai awal sampai akhir.
5) Mengomunikasikan:
j) Peserta didik mempraktikkan
salat sunnah yang sudah direncanakan.
k) Kelompok lain memberikan tanggapan atas pelaksanaan praktik salat sunnah.
a.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan
mengenai hikmah sujud.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu melaksanakan
sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah.
3)
Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar
kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan
peserta didik secara mandiri mengerjakannya.
4)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta
didik.
5)
Guru
memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan
berikutnya.
6)
Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran
dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
I.
PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Lampiran 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian
antarteman
|
Lampiran 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
2.
Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 4
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 5
|
Saat pembelajaran
usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian
antarteman
|
Lampiran 6
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3.
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lampiran 7
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
|
2
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lampiran 8
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Tertulis
|
Soal-soal esei
|
Lampiran 9
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessment of learning)
|
4.
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Unjuk kerja
|
Soal
keterampilan unjuk kerja
|
Lampiran
10
|
Setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
5.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial antara
lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian
remedial (lampiran 11)
6.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan
dan/atau pendalaman materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih
tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
narasumber.
Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)
Demak, 13 Juli 2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
............................. Pendidikan
Agama Islam
dan
Budi Pekerti,
.................................................... ..............................................
NIP.
........................................... NIP.
.....................................
Lampiran
1: Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk:
1.
Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.
2.
Pengisian lembar
observasi dengan cara menuliskan sikap atau
perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
3.
Berikut format jurnal
sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Observasi
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Indikator
yang diamati:
1.
Bersyukur kepada Allah Swt.
karena mendapat telah diberikan nikmat dengan melaksakan sujud syukur;
2. Melaksanakan sujud sahwi ketika lupa di dalam salat;
3. Melaksanakan sujud tilawah ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah
di dalam al-Quran;
Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya”
atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya
bersyukur terhadap nikmat yang telah diberi-kan Allah dengan melaksanakan
sujud syukur
|
|
|
2.
|
Saya
selalu menyadari bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa
|
|
|
3.
|
Saya
menyadari kekhilafan gerakan atau bacaan dalam salat dengan melaksanakan
sujud sahwi pada akhir salat
|
|
|
4.
|
Saya
menyadari bacaan ayat-ayat sajadah dalam Al-Qur’an yang dibaca dengan
melaksanakan sujud tilawah
|
|
|
5.
|
Saya
menghayati bacaan dan makna Al Qur’an yang sedang dibaca
|
|
|
Keterangan:
a.
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu
semester.
b.
Penilaian diri
dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya
merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya”
atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersyukur
terhadap nikmat yang telah diberi-kan Allah dengan melaksanakan sujud syukur
|
|
|
2.
|
Teman saya selalu
menyadari bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa
|
|
|
3.
|
Teman saya menyadari
kekhilafan gerakan atau bacaan dalam salat dengan melaksanakan sujud sahwi
pada akhir salat
|
|
|
4.
|
Teman saya menyadari
bacaan ayat-ayat sajadah dalam Al-Qur’an yang dibaca dengan melaksanakan
sujud tilawah
|
|
|
5.
|
Teman saya menghayati
bacaan dan makna Al Qur’an yang sedang dibaca
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian antarteman
dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana
teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka
pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu
data konfirmasi dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.
Lampiran
4: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a.
Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.
b.
Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku
siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
c.
Berikut format jurnal
sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Lampiran
5: Lembar penilaian diri sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom
“Setuju”, “Biasa Saja” atau “Tidak Setuju” sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Setuju
|
Biasa Saja
|
Tidak Setuju
|
1.
|
Orang
yang bekerja keras pasti
hidupnya akan sukses. Jika dia sudah sukses, maka sangat wajar kalau dia kemudian
merayakan kesuksesannya dengan cara sesuka hatnya.
|
|
|
|
2.
|
Pada
saat kegiatan kemah bakt, saya lupa membawa peralatan masak yang ditugaskan
oleh ketua regu. Saya merasa malu. Untuk menutupi rasa malu itu saya bilang
kepada ketua regu mengapa tdak mengingatkan saya semalam. Seharusnya sebagai
ketua regu dia berhak mengingatkan saya sebelumya, sehingga saya tdak lupa.
|
|
|
|
3.
|
Manusia
adalah tempat lupa. Pada saat kita lupa akan bilangan śalat yang kita
lakukan, kita melaksanakan sujud sahwi tanpa mengulang śalat dari
awal lagi
|
|
|
|
4.
|
Musibah
datang silih bergant. Saya percaya bahwa Allah tdak akan menguji umat-Nya
dengan berbagai macam cobaan. Sebagai orang yang beriman kita tdak boleh putus
asa menerima cobaan tersebut.
|
|
|
|
5.
|
Begitu mendengar ayat-ayat sajdah, kita langsung sujud.
Kebiasaan melakukan sujud akan membuat kita menjadi orang yang rendah hat.
|
|
|
|
Keterangan:
a.
Penilaian sikap
dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu
semester.
b.
Penilaian diri
dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya
merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
8: Lembar tugas
Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Qur’an dan hadis
Nabi saw.) dengan artinya tentang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dan menuliskannya di
buku tugas!
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
1.
|
Ditulis lengkap
semua dalil tentang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dari al-Quran
maupun hadis
|
100
|
2.
|
Ditulis lengkap
semua dalil tentang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dari salah
satu sumber; al-Quran saja atau hadis saja
|
90
|
3.
|
Hanya menuliskan
dalil dari 2 sujud saja
|
80
|
4.
|
Hanya menuliskan
dalil dari salah satu sujud saja
|
70
|
Lampiran
9: Soal-soal tes tulis
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
jelas!
1.
Jelaskan
perbedaan sujud syukur, sujud tlawah, dan sujud sahwi!
2.
Mengapa
kita harus melakukan sujud syukur?
3.
Sebutkan
tata cara melaksanakan sujud tlawah!
4.
Jelaskan
hikmah sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari?
5.
Sebutkan
15 ayat sajdah!
Kunci Jawaban:
No.
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Soal No. 1
|
Sujud
syukur ialah sujud yang dilakukan ketika seseorang memperoleh kenikmatan dari
Allah Swt. atau telah terhindar dari bahaya. Sujud sahwi adalah sujud
yang dilakukan karena ada perkara yang kita lupakan atau terlewatkan dalam
melaksanakan śalat. Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan
karena membaca ayat-ayat sajdah dalam al-Qurān ketika śalat maupun
di luar śalat, baik pada saat membaca/menghafal sendiri atau pada saat
mendengarkannya.
|
0-1
|
2.
|
Soal No. 2
|
Sebab-sebab melaksanakan
sujud syukur adalah mendapatkan nikmat dari Allah Swt. apabila kita
mendapatkan nikmat, atau baru saja kita mendapatkan kabar yang
menggembirakan, dan terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar), maka
seketika itu juga kita melakukan sujud syukur tanpa menunda-nundanya lagi.
|
0-1
|
3.
|
Soal No. 3
|
Tata cara melaksanakan
sujud tilawah ada dua cara yaitu:
1)
Sujud tilawah yang dilakukan di luar śalat.
Adapun cara yang melakukan sujud tilawah di luar ¡alat adalah sebagai
berikut:
a)
Berdiri menghadap kiblat
b)
Berniat melakukan sujud tilawah
c)
Takbiratul ihram
d)
Sujud satu kali
e)
Pada saat sujud membaca do’a sujud tilawah
f)
Duduk sejenak Salam
2)
Sujud tilawah yang dilakukan di dalam śalat.
Adapun cara melakukan sujud tilawah di dalam śalat sebagai
berikut: Pada saat kita sedang berdiri dalam śalat membaca ayat sajdah
atau imam membaca ayat sajdah di dalam śalat kita langsung melakukan
sujud satu kali dengan membaca do’a sujud tilawah. Setelah selesai
melakukan sujud tilawah tersebut kita langsung berdiri lagi dan
melanjutkan śalat kembali.
|
0-2
|
4.
|
Soal No. 4
|
Hikmah sujud sahwi Manusia
tidak boleh berperilaku sombong dan angkuh, karena manusia adalah tempatnya
salah dan lupa. Yang tidak pernah lupa hanyalah Allah Swt. Orang yang berbuat
salah, khilaf dan lupa harus segera memohon ampun kepada Allah Swt. dengan
membaca istighfar. Demikian halnya ketika kita bersalah dengan orang
tua, guru maupun teman harus segera meminta maaf kepada mereka.
|
0-3
|
5.
|
Soal No. 5
|
Adapun
ayat-ayat sajdah yang ada di dalam al-Qurān berjumlah 15 yaitu:
1) Q.S. al-A’raf/7:206
2)
Q.S. ar-Ra’du/13:15
3)
Q.S. an-Nahl/16:49
4)
Q.S. al-Isra’/17:109
5)
Q.S. al-hajj/22:18
6)
Q.S. Maryam/19:58
7)
Q.S. al-hajj/22:77
8)
Q.S. al-Furqan/25:60
9)
Q.S. an-Naml/ 27:25
10) Q.S. al-Sajdah/32:15
11) Q.S. Sad/38:24
12) Q.S. Fuśśilat/4:38
13) Q.S. an-Najm/53:62
14) Q.S. al-Insyiqaq/84:21
15) Q.S. al-Alaq/96:19
|
0-3
|
|
|
Jumlah skor
|
10
|
Lampiran
10: Instrumen Penilaian keterampilan
Petunjuk:
1.
Demonstrasikan
salat sunnah secara berkelompok, dengan
pembagian sebagai berikut:
·
Kelompok 1: salat sunnah idul fitri
·
Kelompok 2: salat istisqa’
·
Kelompok 3: salat sunnah rawatib
·
Kelompok 4: salat sunnah hajat
·
Kelompok 5: salat
sunnah dhuha
·
Kelompok 6: sulat sunnah tahajud
2.
Keompok lain
menjadi penilai dan pengamat.
Rubrik penilaian unjuk kerja:
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Mendemonstrasikan
salat sunnah sesuai dengan ketentuan syariat
|
4 = Sempurna, tidak ada kesalahan
3 = Kurang dari 4 kesalahan
2 = Antara 5 – 10 kesalahan
1 = Lebih dari
10 kesalahan
|
Skor Maksimum
|
4
|
Lampiran 11:
Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
remedial.
Sekolah :
SMP ......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VIII/Satu
Materi Remedial :
1. …
2. …
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
KD yang Tidak Tuntas
|
Bentuk Pembelajaran Remedial
|
Nilai Hasil Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 12:
Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
pengayaan.
Sekolah : SMP
......................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/Satu
Materi Pengayaan : 1. …
2. …
Waktu Pengayaan : …
Waktu Ulangan : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH.
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes Pengayaan
|
1
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|