RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VIII SUJUD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KD. 10 (FIQIH-2)

Sekolah                      : SMP ......................................
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester          : VIII/Satu
Materi Pokok            : Tata Cara Sujud Syukur, Sujud Sahwi dan Sujud Tilawah
Alokasi Waktu          : 3 Pertemuan (9 JP)

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong   royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

KD

Indikator

1.10  Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama

a.     mematuhi pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi

b.    menyenangi sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama

2.10  Menunjukkan perilaku tertib sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi

a.     mendukung perilaku tertib sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi

b.    menampilkan perilaku tertib sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi

c.     mengajak preserta didik untuk berperilaku tertib sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi

3.10  Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

a.     Menjelaskan pengertian sujud.

b.    Menunjukkan dalil tentang sujud.

c.     Menjelaskan macam-macam sujud.

d.    Menjelaskan ketentuan sujud syukur.

e.     Menjelaskan hikmah sujud syukur.

f.      Menjelaskan ketentuan sujud sahwi.

g.    Menjelaskan hikmah sujud sahwi.

h.    Menjelaskan ketentuan sujud tilawah.

i.      Menjelaskan hikmah sujud tilawah.

4.10  Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

a.     Mempraktikkan tatacara sujud syukur.

b.    Mempraktikkan tatacara sujud sahwi.

c.     Mempraktikkan tatacara sujud tilawah.

 

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan pertama:

Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan salat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

2.        menyenangi sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama dengan benar.

3.        mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

4.        menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

5.        mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

6.        Menjelaskan pengertian sujud dengan benar.

7.        Menunjukkan dalil tentang sujud dengan benar.

8.        Menjelaskan macam-macam sujud dengan benar.

9.        Menjelaskan ketentuan sujud syukur dengan benar.

10.    Menjelaskan hikmah sujud syukur dengan benar.

11.    Menjelaskan ketentuan sujud sahwi dengan benar.

12.    Menjelaskan hikmah sujud sahwi dengan benar.

13.    Menjelaskan ketentuan sujud tilawah dengan benar.

14.    Menjelaskan hikmah sujud tilawah dengan benar.

 

 

Pertemuan kedua:

Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan salat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

2.        menyenangi sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama dengan benar.

3.        mendukung perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

4.        menampilkan perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

5.        mengajak preserta didik untuk berperilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi dengan benar.

6.        Mempraktikkan tatacara sujud syukur dengan benar.

7.        Mempraktikkan tatacara sujud sahwi dengan benar.

8.        Mempraktikkan tatacara sujud tilawah dengan benar.

 

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1.      Materi pembelajaran reguler:

a.   Pengertian sujud dengan benar.

b.   Dalil tentang sujud dengan benar.

c.    Macam-macam sujud dengan benar.

d.  Ketentuan sujud syukur dengan benar.

e.   Hikmah sujud syukur dengan benar.

f.     Ketentuan sujud sahwi dengan benar.

g.   Hikmah sujud sahwi dengan benar.

h.   Ketentuan sujud tilawah dengan benar.

i.     Hikmah sujud tilawah dengan benar.

 

2.      Materi pembelajaran pengayaan:

a.    Sujud ditinjau dari segi medis

 

3.      Materi pembelajaran remedial:

a.   Pengertian sujud dengan benar.

b.   Dalil tentang sujud dengan benar.

c.    Macam-macam sujud dengan benar.

d.  Ketentuan sujud syukur dengan benar.

e.   Hikmah sujud syukur dengan benar.

f.     Ketentuan sujud sahwi dengan benar.

g.   Hikmah sujud sahwi dengan benar.

h.   Ketentuan sujud tilawah dengan benar.

i.     Hikmah sujud tilawah dengan benar.

(Materi remedial menyesuaikan materi reguler yang belum dikuasai siswa setelah dilakukan penilaian)

 

 

E.     METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ilmiah (saintifik).

 

F.      MEDIA DAN BAHAN

             1.       Media

a.      Presentasi Power Point

b.        Video pembelajaran/Film tentang salat sunah

c.         Laptop/Komputer

d.       LCD Projector

e.        White Board/Black Board

f.          Gunting/ cutter

 

             2.       Bahan

                           a.          Pensil/ Spidol.

                           b.          Kertas

                            c.          CD/Flash Disk

                          d.          Bahan-bahan lainnya.

 

G.    SUMBER BELAJAR

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 79).

2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 58).

3.      Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

 

 

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.          Pertemuan Pertama: 3 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1)         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)         Guru memerhatikan kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

3)         Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi sujud dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut.

5)         Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu kompetensi tentang sujud dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar kita semua peserta didik mampu mendeskripsikan sujud.

6)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang sujud.

7)         Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

 

b.   Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)        Peserta didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang salat sunnah di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII (Buku Siswa) halaman 79 dan buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film tentang pelaksanaan berbagai salat sunnah baik yang berjamaah atau sendirian.

b)       Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang berbagai fenomena tentang bencana alam sebagai bagian dari tanda-tanda datangnya kiamat seperti yang ditayangkan melalui film/video.

 

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan salat sunnah, menyangkut pengertian, macam-macam salat sunnah, dalil naqli salat sunnah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.

b)      Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi pembelajaran.

c)      Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

a)      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang sujud.

b)     Peserta didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

a)      Peserta didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

b)     Peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.

 

5)      Mengomunikasikan:

a)      Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.

b)     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.

c)      Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.

d)     Anggota kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.

e)      Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, peserta didik kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji.

f)       Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.

 

 

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang konsep salat sunnah, macam-macam salat sunnah dan dalil naqlinya.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik membiasakan melaksanakan salat sunnah.

3)        Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik.

5)        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

2.          Pertemuan Kedua

a.        Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)        Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena keislaman.

3)        Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu konsep salat sunnah dengan cara menunjuk beberapa peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang konsep sujud.

4)        Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

5)        Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

6)        Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.

 

b.       Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)   Peserta didik bersama-sama mengamati tayangan tentang macam-macam sujud di luar salat.

b)   Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk sujud di luar salat.

 

2)      Menanya:

c)    Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan sujud.

d)  Peserta didik juga diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

e)   Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, dengan tugas membuat demonstrasi sujud di luar salat, dengan pembagian sebagai berikut:

·         Kelompok 1: sujud syukur

·         Kelompok 2: sujud sahwi

·         Kelompok 3: sujud tilawah

·         Kelompok 4: sujud syukur

·         Kelompok 5: sujud sahwi

·         Kelompok 6: sujud tilawah

f)     Peserta didik menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah sujud.

g)   Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

h)   Peserta didik membuat perencanaan pelaksanaan sujud.

i)     Peserta didik menyelesaikan perencanaannya secara detil mulai awal sampai akhir.

5)      Mengomunikasikan:

j)     Peserta didik mempraktikkan salat sunnah yang sudah direncanakan.

k)   Kelompok lain memberikan tanggapan atas pelaksanaan praktik salat sunnah.

 

a.   Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan mengenai hikmah sujud.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu melaksanakan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah.

3)        Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan peserta didik secara mandiri mengerjakannya.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta didik.

5)        Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

 

I.        PENILAIAN

1.                            Sikap spiritual

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Lembar Observasi

Lampiran 1

 

Saat pembelajaran berlangsung.

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 2

 

 

 

Saat pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 3

 

 

 

Setelah pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.                            Sikap sosial

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Jurnal

Lampiran 4

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 5

 

 

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 6

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.                            Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

Lampiran 7

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

2

Penugasan

Tugas tertulis

Lampiran 8

 

 

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Tertulis

Soal-soal esei

Lampiran 9

 

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

 

 

 

 

 

 

 

4.                            Keterampilan

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Unjuk kerja

Soal keterampilan unjuk kerja

Lampiran 10

Setelah pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

 

5.                            Pembelajaran Remedial

Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

    pembelajaran ulang

    bimbingan perorangan

    belajar kelompok

    pemanfaatan tutor sebaya

bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11)

 


6.                            Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)

 

 

 

                                                                                                Demak, 13 Juli  2020

Mengetahui                                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP .............................                                            Pendidikan Agama Islam

                                                                                                dan Budi Pekerti,                

 

                                                                                               

....................................................                                            ..............................................

NIP. ...........................................                                            NIP. .....................................


Lampiran 1: Lembar observasi sikap spiritual

 

Petunjuk:

1.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.

2.      Pengisian lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

3.      Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Observasi

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Indikator yang diamati:

1.      Bersyukur kepada Allah Swt. karena mendapat telah diberikan nikmat dengan melaksakan sujud syukur;

2.      Melaksanakan sujud sahwi ketika lupa di dalam salat;

3.      Melaksanakan sujud tilawah ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah di dalam al-Quran;

 

 

Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

 

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya bersyukur terhadap nikmat yang telah diberi-kan Allah dengan melaksanakan sujud syukur

 

 

2.

Saya selalu menyadari bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa

 

 

3.

Saya menyadari kekhilafan gerakan atau bacaan dalam salat dengan melaksanakan sujud sahwi pada akhir salat

 

 

4.

Saya menyadari bacaan ayat-ayat sajadah dalam Al-Qur’an yang dibaca dengan melaksanakan sujud tilawah

 

 

5.

Saya menghayati bacaan dan makna Al Qur’an yang sedang dibaca

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya bersyukur terhadap nikmat yang telah diberi-kan Allah dengan melaksanakan sujud syukur

 

 

2.

Teman saya selalu menyadari bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa

 

 

3.

Teman saya menyadari kekhilafan gerakan atau bacaan dalam salat dengan melaksanakan sujud sahwi pada akhir salat

 

 

4.

Teman saya menyadari bacaan ayat-ayat sajadah dalam Al-Qur’an yang dibaca dengan melaksanakan sujud tilawah

 

 

5.

Teman saya menghayati bacaan dan makna Al Qur’an yang sedang dibaca

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.

 

 

Lampiran 4: Jurnal sikap sosial

Petunjuk:

a.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.

b.      Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

c.       Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5: Lembar penilaian diri sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang () pada  kolom “Setuju”, “Biasa Saja” atau “Tidak Setuju” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

 

No.

Pernyataan

Setuju

Biasa Saja

Tidak Setuju

1.

Orang yang bekerja keras pasti hidupnya akan sukses. Jika dia sudah sukses, maka sangat wajar kalau dia kemudian merayakan kesuksesannya dengan cara sesuka hatnya.

 

 

 

2.

Pada saat kegiatan kemah bakt, saya lupa membawa peralatan masak yang ditugaskan oleh ketua regu. Saya merasa malu. Untuk menutupi rasa malu itu saya bilang kepada ketua regu mengapa tdak mengingatkan saya semalam. Seharusnya sebagai ketua regu dia berhak mengingatkan saya sebelumya, sehingga saya tdak lupa.

 

 

 

3.

Manusia adalah tempat lupa. Pada saat kita lupa akan bilangan śalat yang kita lakukan, kita melaksanakan sujud sahwi tanpa mengulang śalat dari awal lagi

 

 

 

4.

Musibah datang silih bergant. Saya percaya bahwa Allah tdak akan menguji umat-Nya dengan berbagai macam cobaan. Sebagai orang yang beriman kita tdak boleh putus asa menerima cobaan tersebut.

 

 

 

5.

Begitu mendengar ayat-ayat sajdah, kita langsung sujud. Kebiasaan melakukan sujud akan membuat kita menjadi orang yang rendah hat.

 

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 8: Lembar tugas

 

Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Quran dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dan menuliskannya di buku tugas!

 

Rubrik Penilaian:

 

No.

Aspek yang dinilai

Nilai

1.

Ditulis lengkap semua dalil tentang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dari al-Quran maupun hadis

100

2.

Ditulis lengkap semua dalil tentang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dari salah satu sumber; al-Quran saja atau hadis saja

90

3.

Hanya menuliskan dalil dari 2 sujud saja

80

4.

Hanya menuliskan dalil dari salah satu sujud saja

70

 

 

Lampiran 9: Soal-soal tes tulis

 

Petunjuk:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

1.      Jelaskan perbedaan sujud syukur, sujud tlawah, dan sujud sahwi!

2.      Mengapa kita harus melakukan sujud syukur?

3.      Sebutkan tata cara melaksanakan sujud tlawah!

4.      Jelaskan hikmah sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari?

5.      Sebutkan 15 ayat sajdah!

 

Kunci Jawaban:

No.

Soal

Kunci Jawaban

Skor

1.

Soal No. 1

Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan ketika seseorang memperoleh kenikmatan dari Allah Swt. atau telah terhindar dari bahaya. Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena ada perkara yang kita lupakan atau terlewatkan dalam melaksanakan śalat. Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca ayat-ayat sajdah dalam al-Qurān ketika śalat maupun di luar śalat, baik pada saat membaca/menghafal sendiri atau pada saat mendengarkannya.

0-1

2.

Soal No. 2

Sebab-sebab melaksanakan sujud syukur adalah mendapatkan nikmat dari Allah Swt. apabila kita mendapatkan nikmat, atau baru saja kita mendapatkan kabar yang menggembirakan, dan terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar), maka seketika itu juga kita melakukan sujud syukur tanpa menunda-nundanya lagi.

0-1

3.

Soal No. 3

Tata cara melaksanakan sujud tilawah ada dua cara yaitu:

1)      Sujud tilawah yang dilakukan di luar śalat. Adapun cara yang melakukan sujud tilawah di luar ¡alat adalah sebagai berikut:

a)      Berdiri menghadap kiblat

b)     Berniat melakukan sujud tilawah

c)      Takbiratul ihram

d)     Sujud satu kali

e)      Pada saat sujud membaca do’a sujud tilawah

f)       Duduk sejenak Salam

2)      Sujud tilawah yang dilakukan di dalam śalat. Adapun cara melakukan sujud tilawah di dalam śalat sebagai berikut: Pada saat kita sedang berdiri dalam śalat membaca ayat sajdah atau imam membaca ayat sajdah di dalam śalat kita langsung melakukan sujud satu kali dengan membaca do’a sujud tilawah. Setelah selesai melakukan sujud tilawah tersebut kita langsung berdiri lagi dan melanjutkan śalat kembali.

 

0-2

4.

Soal No. 4

Hikmah sujud sahwi Manusia tidak boleh berperilaku sombong dan angkuh, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Yang tidak pernah lupa hanyalah Allah Swt. Orang yang berbuat salah, khilaf dan lupa harus segera memohon ampun kepada Allah Swt. dengan membaca istighfar. Demikian halnya ketika kita bersalah dengan orang tua, guru maupun teman harus segera meminta maaf kepada mereka.

0-3

5.

Soal No. 5

Adapun ayat-ayat sajdah yang ada di dalam al-Qurān berjumlah 15 yaitu:

1)      Q.S. al-A’raf/7:206

2)      Q.S. ar-Ra’du/13:15

3)      Q.S. an-Nahl/16:49

4)      Q.S. al-Isra’/17:109

5)      Q.S. al-hajj/22:18

6)      Q.S. Maryam/19:58

7)      Q.S. al-hajj/22:77

8)      Q.S. al-Furqan/25:60

9)      Q.S. an-Naml/ 27:25

10)  Q.S. al-Sajdah/32:15

11)  Q.S. Sad/38:24

12)  Q.S. Fuśśilat/4:38

13)  Q.S. an-Najm/53:62

14)  Q.S. al-Insyiqaq/84:21

15)  Q.S. al-Alaq/96:19

 

0-3

 

 

Jumlah skor

10

 

 

 

 

Lampiran 10: Instrumen Penilaian keterampilan

Petunjuk:

1.        Demonstrasikan salat sunnah secara berkelompok, dengan pembagian sebagai berikut:

·                                             Kelompok 1: salat sunnah idul fitri

·                                             Kelompok 2: salat istisqa’

·                                             Kelompok 3: salat sunnah rawatib

·                                             Kelompok 4: salat sunnah hajat

·                                             Kelompok 5: salat sunnah dhuha

·                                             Kelompok 6: sulat sunnah tahajud

2.        Keompok lain menjadi penilai dan pengamat.

 

Rubrik penilaian unjuk kerja:

No.

Aspek yang Dinilai

Skor

1.

Mendemonstrasikan salat sunnah sesuai dengan ketentuan syariat

4 = Sempurna, tidak ada kesalahan

3 = Kurang dari 4 kesalahan

2 = Antara 5 – 10 kesalahan

1 = Lebih dari 10 kesalahan

Skor Maksimum

4

 

 

Lampiran 11:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

 

Sekolah                                  : SMP ......................................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : VIII/Satu

Materi Remedial                  : 1. …

                                                  2.

Waktu Pemb. Remedial      :

Waktu Ulangan Remedial  :

Ketuntasan Belajar               :

No.

Nama Siswa

Nilai UH

KD yang Tidak Tuntas

Bentuk Pembelajaran Remedial

Nilai Hasil Remedial

Ket.

1

 

 

 

 

 

 

2

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 12:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

 

Sekolah                                  : SMP ......................................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : VIII/Satu

Materi Pengayaan                : 1.

                                                2.                                

Waktu Pengayaan                :

Waktu Ulangan                    :

Ketuntasan Belajar               :

 

No.

Nama Siswa

Nilai UH.

Bentuk Pengayaan

Nilai Tes Pengayaan

1

 

 

 

 

2

dst.